Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Judul Blog Bergerak Seperti Diketik

Dalam sebuah blog, tentunya yang namanya judul, jelas wajib untuk dicantumkan. Terutama judul blog itu sendiri, apalagi artikel yang tentunya sangat diwajibkan untuk diberikan judul agar dapat terindex dengan baik oleh mesin pencari seperti Google, Bing, mapun Yahoo. Namun, agar sebuah blog dapat terindex oleh mesin pencari dengan baik, maka sebagai seorang blogger kita harus mengerti bagaimana cara memilih judul yang tepat, baik itu keywordnya (Short tail keyword, Long tail keyword, Keyword abadi, dan Keyword musiman) ataupun tampilannya (jenis font, font size, judul yang bergerak, maupun judul yang berjalan seperti diketik).

Gambar Thumbnail Artikel

Pada artikel yang saya tulis ini, tidak membahas detail tentang pemilihan keyword judul artikel, melainkan akan saya usahakan untuk membahas sedetail mungkin khususnya mengenai tampilan pada judul blog. Untuk memperindah penampilan blog, banyak sekali caranya yang mungkin tidak bisa saya sebutkan satu-persatu karena banyaknya cara tersebut, namun salah satunya yaitu membuat judul blog bergerak seperti diketik pada tab browser yang digunakan pada PC atau Laptop. Jadi, sebuah blog akan terlihat tampil beda jika menggunakan judul yang bergerak. Namun, yang namanya mendesai blog, tentu akan memiliki kelebihan maupun kekurangan. Sebelum melanjutkan ke Cara Membuat Judul Blog Bergerak Seperti Diketik, mari kita simak kelebihan dan kekurangannya jika kita aplikasikan pada blog sobat.


Kelebihan membuat judul blog bergerak :
  • Ketika blog dibuka, maka akan terihat berbeda dan lebih keren dari blog-blog pada umumnya.
  • Pengunjung akan lebih sedikit lama untuk stay di blog sobat, mungkin bisa saja pengunjung blog sobat membaca terlebih dahulu judul blog sobat yang berjalan itu, karena jarang sekali blog yang menerapkan judul seperti ini.
  • Sangat cocok untuk blog pribadi. Jika blog sobat adalah blog pribadi, maka penambahan widget ini sangat saya rekomendasikan.
  • Akan terlihat lebih professional jika dterapkan di blog pribadi.
  • Dan pengunjung akan lebih nyaman ketika mengunjungi blog pribadi sobat, jika sobat mau memperindah penampilan blog sobat, salah satunya dengan cara ini.
  • Sangat mudah penerapannya, sebab hanya menggunakan cara penambahan java script di menu tata letak. Jadi sobat tida perlu ribet-ribet melalui edit HTML di template blog sobat.
  • Catatan :
    • Blog Pribadi bukan untuk ditampilkan di mesin pencari, namun biasanya blog pribadi hanya diisi oleh konten yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dari si penulisnya, baik itu pengalaman pribadi ataupun konten-konten lain yang bersifat publik. Sehingga, blog pribadi tidak perlu SEO Friendly, dan tidak memikirkan terindex atau tidaknya oleh mesin pencari. Bahkan blog pribadi saya sendiri, telah saya setting agar tidak dirayapi oleh mesin telusur salah satunya Google Search. Namun, meskipun tidak mementingkan SEO, ada baiknya jika sobat tetap menjadikan blog pribadi sobat agar menjadi blog yang Mobile Frindly, seperti yang kita ketahui bahwasannya kita sudah hidup di zaman milenium di mana semua informasi sudah bisa didapat melalui perangkat Mobile, tanpa perlu repot membuka PC. Jadi, bisa saja lebih banyak pengunjung blog pribadi melalui perangkat mobile ketimbang melalui PC. Karena apa? Karena blog pribadi biasanya url-nya ditaruh di profil akun media sosial, yang namanya media sosial tentunya orang-orang memilih menggunakan melalui perangkat mobile, iya memang ada yang memakai medsos dari perangkat desktop (Laptop) tetapi jarang sekali. Sehingga, blog pribadi sudah jelas pengunjungnya mengkakses menggunakan perangkat mobile dengan memperoleh url dari media sosial yang kita pasangi url blog pribadi kita.
    Contohnya :

    Nah, bisa saja kan ketika Googlebot merayapi artikel kita, tetapi animasi judul masih Cara Membuat Bl. Jadi nanti akan terindex di mesin pencari dengan judul artikel yang tidak utuh, namun hanya Cara Membuat Bl saja. Buruk bukan?
  • Tidak cocok untuk blog selain blog pribadi. Sebab hal ini akan berpengaruh di mesin pencarian.

Kekurangan :
  • Artikel yang kita buat, akan tidak terindex dengan baik oleh mesin pencari. Mengapa demikian? Menurut analisa saya, mungkin dikarenakan ketika laba-laba mesin pencari seperti salah satunya Googlebot, tidak dapat merayapi judul artikel secara utuh. Sebab, ketika laba-laba tersebut merayapi blog sobat, judul blog sobat masih belum selesai animasinya, sehingga saat dirayapi oleh laba-laba judul blog atau judul artikel masih belum lengkap.

Oke temen-temen, mungkin hanya itu saja kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan widget judul blog bergerak seperti diketik. Jika blog sobat adalah blog pribadi, maka saya sangat merekomendasikan untuk menambahkan widget ini. Namun, apabila blog sobat adalah blog yang digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari AdSense dan tentunya sangat memperhatikan perayapan mesin telusur, maka saya sarankan jangan menggunakan widget ini, seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Baiklah, seperti yang saya katakan tadi, untuk pemasangannya sangat mudah, silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :
  1. Pertama, silahkan sobat login ke blog sobat di www.blogger.com
  2. Lalu pilih blog sobat yang akan dipasangi widget ini
  3. Setelah itu, pilih menu tata letak
  4. Kemudian klik tambahkan widget. Terserah, sobat bisa taruh di bagian mana.
  5. Lalu, pilih HTML/Java Script
  6. Kemudian pastekan kode berikut ke HTML/Java Script tadi :
    Source code :
    <script>
    var tit = document.title;
    var c = 0;
    function writetitle()
    {
    document.title = tit.substring(0,c);
    if(c==tit.length)
    {
    c = 0;
    setTimeout("writetitle()", 2000)
    }
    else
    {
    c++;
    setTimeout("writetitle()", 300)
    }
    }
    writetitle()
    </script>
  7. Setelah itu klik simpan, dan klik lagi simpan setelan
  8. Selesai


Gambar Kesimpulan Langkah-langkah
Klik untuk memperbesar

Catatan :
  • Untuk kode yang berwarna biru, bisa sobat sesuaikan dengan kebutuhan sobat. Itu merupakan kode perintah untuk kecepatan pengetikan judul blog sobat nanti.

Sampai sini artikel yang saya tulis, semoga bermanfaat bagi sobat, dan apabila ada saran, masukan, maupun pertanyaan. Silahkan sobat tulis di kolom komentar.

Happy blogging.🙏