Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tulisan Seperti Diketik Di Artikel Blog

Ada banyak sekali unsur-unsur yang menyusun dalam pembentukan sebuah blog, entah itu widget, menu, artikel atau segala macam yang semuanya dibentuk dari kode HTML yang kemudian diterjemahkan oleh perangkat lunak browser yang akhirnya menjadi tampilan dari suatu blog. Oleh karena itu, dari blog yang satu dengan blog yang lainnya, tentulah memiliki perbedaan walaupun mempunyai template blog yang sama, baik itu perbedaan dari konten blog maupun widget blognya.


Cara Membuat Tulisan Seperti Diketik Di Artikel Blog

Salah satu unsur yang paling penting dari suatu blog adalah artikel. Mengapa artikel menjadi unsur yang paling penting? Seperti yang kita ketahui, sebuah blog yang dihias sedemikian rupa, akan tetapi tidak memiliki isi/artikel/konten, maka blog tersebut tidak ada gunanya. Buat apa membuat blog namun tidak menulis konten, benar bukan? Oleh karena itu, sudah wajib hukumnya bagi seorang blogger untuk menulis artikel di dalam blognya dan syukur-syukur bisa update setiap hari dengan kualitas yang semakin baik. Karena jika suatu blog mampu mempunyai konten yang cukup dan berkualitas tinggi, maka blog tersebut sangat disukai oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, maupun Bing.

Ketika hendak menulis artikel, ada baiknya jika sobat mendahulukan pemilihan judul yang tepat, yang sekiranya nanti mampu untuk bersaing meraih urutan tiga besar di halaman pertama mesin telusur, meskipun sepele, judul harus difikirkan baik-baik, agar artikel yang kita publikasikan bisa memiliki kualitas yang tinggi. Setelah itu, sobat bisa menentukan struktur dari isi konten yang akan sobat buat. Misal, paragraf pertama berisi latar belakang yang membahas judul, kemudian paragraf kedua bisa diisi dengan basa-basi sobat sebelum masuk ke inti artikel, misal sobat jelaskan pengertian Internet, jika sobat hendak menulis artikel seputar internet.

Dalam menulis artikel, banyak gaya yang bisa sobat pakai agar tampilan artikel yang dibuat bisa lebih menarik. Beberapa di antaranya yaitu mengganti font tulisan, mewarnai tulisan, atau merubah ukuran tulisan. Selain cara yang sudah saya sebutkan, ada beberapa cara unik untuk menghiasi artikel blog sobat. Salah satunya adalah  Membuat Tulisan Seperti Diketik Di Artikel Blog. Cara ini bagus digunakan di awal atau akhir artikel, tepat digunakan pada kalimat salam, selamat membaca, terima kasih sudah membaca, dan lain-lain.
Contoh




Tulisan di atas telah diberikan efek seperti diketik, sehingga tampilannya akan lebih menarik. Namun, hanya pantas digunakan untuk pembuka dan penutup artikel saja seperti salam, selamat membaca, silahkan berkomentar, dll. Tidak baik jika seluruh artikel sobat diberikan efek seperti mengetik, pasti nantinya akan membuat pengunjung bosan untuk membaca artikel yang sobat tulis.

Untuk memberikan efek tulisan seperti ini, caranya cukup mudah. Sobat hanya perlu menyisipkan script ke dalam HTML postingan sobat. Untuk memulai menerapkannya, silahkan sobat ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Pertama, silahkan sobat login ke blog sobat di www.blogger.com
  2. Kemudian, silahkan sobat membuat artikel
  3. Setelah selesai membuat artikel, sobat bisa menyisipkan kode berikut di awal atau akhir postingan, seperti untuk kalimat selamat mebaca, jangan lupa berkomentar, dan lain-lain.
    Source Code
    <script language="JavaScript">
    var text="Terima Kasih Sudah Membaca!";
    var delay=20;
    var currentChar=1;
    var destination="[none]";
    function type()
    {
    //if (document.all)
    {
    var dest=document.getElementById(destination);
    if (dest)// && dest.innerHTML)
    {
    dest.innerHTML=text.substr(0, currentChar)+"<blink>_</blink>";
    currentChar++;
    if (currentChar>text.length)
    {
    currentChar=1;
    setTimeout("type()", 5000);
    }
    else
    {
    setTimeout("type()", delay);
    }
    }
    }
    }
    function startTyping(textParam, delayParam, destinationParam)
    {
    text=textParam;
    delay=delayParam;
    currentChar=1;
    destination=destinationParam;
    type();
    }
    </script> <b></b>
    <div 0px="" 12px="" arial="" color:="" ff0000="" font:="" id="textDestination" margin:="" style="background-color: none;">
    </div>
    <script language="JavaScript">
    javascript:startTyping(text, 50, "textDestination");
    </script> 
  4. Copy scrip di atas, lalu sisipkan di kode HTML pada saat menulis artikel. Ingat! Pada HTML bukan Compose.
  5. Silahkan sobat ganti tulisan berwarnah kuning background merah di atas dengan kalimat yang sobat inginkan.
  6. Selesai dan lihat hasilnya.
Jika sobat masih belum paham, silahkan sobat lihat rangkumannya dalam gambar berikut :
Rangkuman Step - Cara Membuat Tulisan Seperti Diketik Di Artikel Blog

Gimana sobat? Mudah bukan? Setelah sobat masukkan scriptnya dalam bagian kode HTML artikel, silahkan sobat klik tombol Simpan di pojok kanan atas, lalu silahkan sobat klik Pratinjau. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah ada kesalahan atau tidak dari pemasangan script tadi. Jika hasilnya bisa, maka sobat sudah benar dalam menyisipkan kode scriptnya.

Terima kasih sudah membaca, silahkan sobat bertanya dikomentar jika masih ada yang belum dipahami.

Happy blogging🙏