Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Iklan di Tengah Artikel Blog

Dalam dunia blogging, tentunya para Blogger berlomba-lomba untuk mendaftarkan blognya di Google AdSense. Hal ini bertujuan agar mereka dapat memasang iklan di masing-masing blognya yang tentunya agar bisa memperoleh imbal balik berupa dollar dari Google AdSense. Namun perlu diketahui bahwasanya situs yang menyediakan iklan untuk ditampilkan di website, tentunya bukan hanya Google AdSense, namun masih banyak situs yang cara kerjanya seperti Google AdSense. Situs-situs terpercaya dan sebagai alternatif sebelum kamu di terima oleh Google AdSense yaitu :
Cara Memasang Iklan di Tengah Artikel Blog

  1. AdNow
    Situs alternatif yang pertama yakni, Adnow. Sebelum saya diterima AdSense, saya mencari alternatif AdSense dalam mencari penghasilan dari blog saya. Alhasil, setelah mencari kesana-kemari di perpustakaan mbak Google, akhirnya saya menemukan AdNow. Di situs AdNow kamu akan lebih mudah mendapatkan akun aktif untuk menempatkan ikan di blog kamu. Inilah alasan saya mengapa dulu saya memilih AdNow. Di samping kemudahan untuk kamu mendapatkan akun aktif, kamu juga diberikan desain yang elegan di situs tersebut. Kamu juga bisa mencari penghasilan dengan menunggu hasil keputusan dari Google AdSense untuk menerima blog kamu atau tidak. Gimana, mau mencoba AdNow? Kunjungi https://adnow.com
  2. PayClick
    Wow, di samping ada AdNow, ternyata ada PayClik. Di mana situs ini juga menjadi salah satu alternatif AdSense. Jika dilihat dari tampilan iklannya. PayClik memiliki tampilan iklan yang tidak jauh dari AdNow. Begitupun dengan cara penggunaan situnya, cukup mudah bagi pemula, seperti halnya situs AdNow. Di situs PayClick kamu akan diberikan kemudahan untuk membuat akun aktif, agar kamu bisa memasang iklan dan mendapat penghasilan dari situs ini.Iklan yang nantinya kamu tampilkan akan bersifat responsif, sehingga bisa menyesuaikan tempat yang akan kamu letakkan, namun tentunya kamu juga masih bisa mengganti ukuran atau posisi iklan sesuai dengan yang kamu inginkan. Iklan dari PayClik nanti akan mudah menyatu dengan artikel yang ada di postingan blog kalian, sehingga pengunjung lebih nyaman dan betah ketika membaca artikel-artikel pada postingan blogmu. Jika tertarik, kamu bisa membuat akun aktif di https://payclick.com

Saya sebutkan 2 saja situs yang dapat menggantikan AdSense sementara ketika blog kalian masih didalam kondisi tidak mendapat persetujuan dari Google AdSense. Mengingat pokok dari bahasan yang ada dalam artikel ini yaitu tata cara pemasangan iklan di dalam postingan kamu.

Setelah kamu bersusah payah mempersiapkan blogmu agar bisa diterima oleh Google AdSense, tentunya kamu sangat senang ketika mendapatkan notifikasi bahwa blogmu telah disetujui oleh Google AdSense. Namun, yang namanya pemula dalam bidang AdSense (maaf saya juga pemula kok, hehe), tentunya masih belum tau pasti bagaimana cara meletakkan iklan pada blog kamu. Setelah kamu mencari-cari caranya dan alhasil ketemu, namun ada yang menjanggal, yakni iklan kamu tidak berada di dalam artikel, melainkan terdapat di bilah widget atau di atas postingan. Nah, jika kamu adalah salah satunya, maka tepat sekali kamu mengunjungi artikel ini.

Dalam pemilihan letak atau posisi iklan, memang harus kita fikirkan dan sikapi dengan cermat. Sebab dengan penempatan iklan yang strategis untuk dilihat pengunjung apalagi mereka sampai mengklik iklan yang kita tayangkan, ini merupakan tujuan kita dari awal ketika hendak memasang iklan AdSense guna mendapatkan penghasilan dari Google AdSense.

Sebenarnya caranya susah susah gampang, apalagi bagi pemula Blogger yang diterima AdSense, sebab nanti langkah-langkahnya akan berhubungan dengan kode HTML yang mungkin akan membuat kamu bingung atau takut mengotak-atik kode HTML dengan tujuan agar template blog tidak rusak, apalagi blog kesayangan kamu. Namun tenang saja, di sini akan saya jelaskan dan saya usahakan kamu bisa memahami dengan baik bagaimana langkah-langkahnya mulai awal hingga akhir.

CARA MEMASANG IKLAN DI TENGAH ARTIKEL BLOG


Seperti yang saya bilang tadi bahwa agak susah gampang, karena menggunakan kode HTML. Jadi, tutorial di sini nanti tidak hanya copy paste kode javascript lalu di tempel di widget. Namun kita akan mencoba menghapus, mengedit dan menambahkan kode HTML di Template Blog. Mengapa di template blog dan tidak melalui widget saja? Ya seperti yang kita ketahui bahwasannya hingga saat ini tidak ada widget yang bisa terpasang di tengah-tengah artikel kecuali Edit Entri Post. Oleh karena itu, kita akan menggunakan Edit HTML sebagai jalan keluarnya.

Tidak ada cara lan selain menggunakan fitur Edit Template, jadi usahakan kamu menyimak dan mengikuti langkah-langkah yang akan saya tuntun melalui artikel ini. Mari kita mulai ...

  1. Pertama, silahkan login ke akun AdSense yang kamu punya di https://adsense.google.com/
  2. Setelah itu pilih kode Unit Iklan, pilih terserah sesuaikan dengan keinginanmu. Nanti ada keterangan ukuran berapa, responsif tidak iklannya. Nanti bisa disesuaikan.
  3. Kemudian kamu copy kode unit iklan yang kamu pilih.
  4. Masuk ke situs HTML Escape untuk men-generate kode HTML dari kode Unit Iklan. Silahkan kunjungi https://www.freeformatter.com/html-escape.html (Saya rasa kamu bisa menggunakan situs ini, karena sangat mudah digunakan oleh pemula)
  5. Sekarang kamu login ke blogspot kamu. Lalu kamu pilih blog yang akan dipasang iklan. (Jika blogmu lebih dari satu).
  6. Setelah masuk, kamu lihat bilah menu sisi kiri. Pilih Template -> Edit Template untuk memasukkan kode yang sudah di-generate oleh HTML Escape.
  7. Pada tampilan kotak edit template, kamu klik lalu kamu tekan CTRL + F untuk mengaktifkan fitur Search. Kemudian cari kode <data:post.body/>.  (Kamu akan menemukan banyak kode <data:post.body/> di sana. Coba kamu cek kodenya yang sekiranya itu nanti mengarah ke "post" / artikel blog).
  8. Ganti kode
    <data:post.body/>
    dengan kode berikut
    <div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/><div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
    <center>
    --Letakan kode unit adsense hasil parse disini--
    </center>
    </div>
    <div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
    <script type='text/javascript'>
    var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
    var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
    var s=obj1.innerHTML;
    var t=s.substr(0,s.length/3);
    var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
    if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
    </script
    >
  9. Kembali ke situs HTML Escape, kamu copy kode Unit yang sudah digenerate menjadi HTML. Lalu kamu ganti kode yang  diblock toska dengan kode Unit Iklan yang HTML tadi.
  10. Jika sudah selesai, klik simpan template.Jangan terburu-buru berpindah ke menu lain. Tetaplah stay di menu Template. 
Hati-hati :
Coba kamu klik Lihat Blog, jika berhasil maka kamu boleh leave page, namun jika tidak terpasang iklannya. Silahkan kamu CEK KEMBALI, apakah script yang kamu tidak susai dengan script di atas.
Jika sudah kamu ikuti dengan baik seluruh langkah tersebut, kemungkinan besar iklan dari Google AdSense sudah ada di dalam postingan kamu. Setelah ini ada sedikit langkah yang bisa kamu laukan, namun tidak wajib hukumnya, yaknik memodifikasi atau mendesain tata letak iklan AdSense di dalam postingan kamu. Jadi, jika kamu tidak tertarik juga tidak apa-apa, tapi jika kamu tertatik, coba deh kamu ikuti langkah-langkah berikut ini :

CARA MERUBAH POSISI IKLAN ADSENSE DI DALAM POSTINGAN

Kode yang tertera di atas akan secara otomatis memerintah iklan AdSense agar terlihat rapi dan responsif sehingga bisa menyesuaikan posisinya di dalam postingan. Namun jangan khawatir, karena kalian masih punya kesempatan untuk mengatur letak iklan, akan ditaruh di bagian awal, tengah atau akhir letak iklan itu nanti.

Di dalam kode di atas, ada angka yang saya tandai dengan warna merah. Tertulis angka 3, artinya iklan akan diletakkan di bagian sepertiga postingan. Jika kamu ingin merubah posisi biar agak ke atas, maka kamu bisa ganti angka 3 menjadi angka 2, atau mungkin sesuai dengan kebutuhanmu. Gimana? Mudah bukan?

Mungkin sampai sini saja untuk artikel yang membahas posisi iklan AdSense. Semoga kamu bisa memahami dengan jelas apa maksud dari tulisan yang saya buat. Jika ada pertanyaan maupun masukkan, silahkan kamu cantumkan di komentar atau menu Contact Us.

Terima kasih.

Happy Blogging