Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gampang Banget! Ini Rahasia Optimasi SEO Website

Dalam menekuni dunia blogging, tentu blogger mempunyai saingan yang ketat agar blognya bisa tampil di halaman pertama Google. Sebab dengan berhasilnya blog yang bisa muncul di halaman  pertama, maka akan besar peluangnya untuk mendapatkan pengunjung organik dari Google.

Sebelumnya apa itu pengunjung organik? Pengunjung organik merupakan pengunjung yang mengakses website ataupun blog melalui mesin pencari baik itu Google, Yahoo, maupun Bing.

Jika website atau blog bisa mempunyai banyak pengunjung, terutama pengunjung organik, maka hal tersebut akan memudahkan untuk diterima oleh Google AdSense, dengan demikian pemilik web atau blog akan memiliki penghasilan melalui iklan dari G-AdSense yang dipasang di web mereka.

Gampang Banget! Ini Rahasia Optimasi SEO Website

Ada banyak teknologi website yang mampu membantu agar web muncul di halaman pertama mesin pencari, namun di sini saya tidak akan menjelaskan satu persatu, akan saya jelaskan tiga saja yang mungkin mudah untuk di terapkan pada web atau blog dan tentunya memiliki pengaruh terhadap peringkat web di mata mesin pencari.

Sejak terciptanya SmartPhone, hampir semua orang menggunakan SmartPhone untuk menyelesakan semua pekerjaan mereka, dimisalkan mahasiswa yang menyelesakan tugasnya dengan mencari referensi di internet, hanya dengan menggunaan smartphone, tugas mereka bisa diselesaikan, Tukang ojek on-line yang mencari pelanggan hanya dengan menggunakan smartphone dan koneksi internet, mereka sudah bisa menyelesaikan pekerjaannya.

Dengan kenyataan ini, tentunya akan memaksa para pemilik website agar web yang mereka miliki bisa tampil yang maksimal saat di akses melalui seluler.

Sebab sebelum itu, banyak website yang bagus tampilannya saat diakses melalui desktop, namun berat dan tidak beraturan tampilannya saat diakses melalui saluler.

Hal ini tentunya harus diatasi, mengingat sudah banyak pengguna smartphone di dunia ini, mereka pasti lebih sering mencari informasi dari internet melalui smartphone mereka.

Jadi, apa saja tiga teknologi yang mengubah website yang menunjang SEO? Mari kita simak penjelasan di bawah ini :

Google AMP

Apa itu Google AMP? Google AMP merupakan salah satu fitur milik Google yang jika diterapkan pada sebuah web, maka dapat mempersingkat waktu untuk memuat halaman web tersebut saat diakses melalui perangkat mobile atau seluler.

Dengan demikian, akan ada sedikit perubahan pada tampilannya. Misal, saat diakses di desktop, web akan menampilkan recent post yang menggunakan java script, namun saat diakses dari seluler, maka tidak akan menampilkan recent post dari java script yang memberatkan.

Biasanya, web yang menggunakan fitur amp, akan terdapat icon petir saat muncul di hasil pencarian pada mesin pencari Google.

Situs yang menggunakan AMP, akan secara otomatis meredirect url nya ketika diakses melalui seluler.

Contohnya jika url awalnya adalah idekevin.com/artikel-seo/, maka akan terubah menjadi idekevin.com/artikel-seo/amp/.

Hal ini akan berpengaruh pada kecepatan saat memuat halaman web dalam versi mobile.

Mobile Friendly

Mobile Friendly juga berhubungan dengan situs yang diakses melalui perangkat mobile.

Bedanya, Google AMP akan meminimalisir tampilan situs agar mempercepat proses memuat halaman, sedangkan mobile friendly akan membuat situs bisa menyesuikan tampilannya saat diakses melalui seluler tanpa mengurangi atau menghilangkan tampilan situs.

Contohnya ya recent post tadi, jika di AMP tidak ditampilkan karena mengandung java script (js) yang memberatkan, sedangkan di mobile friendly akan tetap menampilkan recent post dengan tampilan yang sesuai di smartphone.

Jika dilihat dari segi penampilan, jelas lebih bagus tampilan dari situs mobile friendly daripada situs AMP.

Namun, jika dari segi kecepatan, maka lebih cepat proses memuat halaman dengan fitur AMP daripada halaman mobile friendly.

Template Responsive

Template Responsive merupakan istilah yang digunakan pada design atau tema pada situs, dimana tema tersebut dapat menyesuaikan ukuran layar yang akan menapilkan situs dengan menggunakan template responsive.

Misalnya, pada layar dengan resolusi 1024 pixel akan menampilkan layout dua kolom, sedangkan untuk layar yang lebih kecil misalnya 767 pixel hanya akan terlihat satu kolom.

Nah, dengan fungsi seperti ini, situs yang menggunakan template responsive, akan mudah menyesuaikan tampilannya, meskipun diakses melalui seluler, tampilan tidak akan kacau karena template bisa menyesuaikan ukuran layar.

Hal ini dapat membuat pengunjung situs nyaman, dengan demikian jika ditambahkan dengan penulisan artikel yang baik dan benar, mungkin pengunjung akan memilih situs Anda sebagai favorit.

Jika setiap pengunjung melakukan hal yang sama, maka akan menambah pengunjung situs Anda.

Jika ketiga teknologi dalam bidang website ini digunakan dengan benar pada situs Anda, akan memungkinkan jika Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung dari kondisi sebelumnya.

Silahkan mencari referensi tambahan di internet, saya yakin pasti akan lebih banyak informasi di sana yang akan menyempurnakan ilmu yang Anda dapat setelah membaca artikel yang telah saya buat.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat!