Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis Program Pertama dengan Bahasa C#


Setelah kalian menginstal Visual Studio, sekarang kalian bisa memulai menulis kode pertama kalian dalam bahasa pemrograman C#. Biasanya Visual Studio akan menuliskan otomatis sintak-sintak seperti Library, namespace, class. Sehingga kita tinggal menulis kode program intinya saja. Tenang saja, jangan bingung, perlahan kita akan mengenali apa itu sintak dan apa saja sintak-sintak yang ada dan biasanya di dalam C#.

Saat pertama kalian memilih untuk menulis kode C# pada Visual Studio, maka akan yang tampil pertama kali adalah sebagai berikut :

  using System;
  using System.Collections.Generic;
  using System.Linq;
  using System.Text;
  using System.Threading.Tasks;
  namespace ConsoleApplication16
  {
  	class Program
	{
    	static void Main(string[] args)
        {
        }
    }
  }

Keterangan kode :
using System; ....- suatu library yang berisi fungsi-fungsi di dalam C# yang akan kita gunakan saat menulis kode, berisi sekumpulan fungsi, method, class, objek, konstanta, dan variabel yang bisa kita gunakan di dalam program, namun untuk saat ini kita biarkan saja sintak ini.

Sintak Library tertulis using System; hingga using System.Threading.Tasks;. Tidak perlu menulis semuanya, jika kalian hanya menulis using System saja juga tidak masalah.

namespace (nama) - berfungsi untuk memberikan nama pada program

class (kelas) - berfungsi sebagai kelas untuk program yang ditulis

static void Main(string[] args) - di dalam kode blok ini lah kita akan menuliskan program pertama kita.

  static void Main(string[] args)
  {
  	Console.WriteLine("Hello World");
	Console.ReadLine();
  }

Nah, sekarang kita sudah berhasil membuat program pertama kita dengan bahasa C#, mari kita ulas kode yang telah kita tulis.

Console.WriteLine- untuk menulis apa yang akan kita tampilkan saat program dijalankan. Kita bisa memilih antara Console.WriteLine atau Console.Write. Bedanya, WriteLine akan memakan satu blok baris, sedangkan Write tidak. Sehingga Console.Write sangat cocok kita gunakan di saat membutuhkan inputan user.
Contoh :

  static void Main(string[] args)
  {
  	Console.Write("Masukkan namamu : ");
    Console.ReadLine();
  }

Nah, coba kamu jalankan program yang meminta menginput namamu itu, dan coba ganti Console.Write menjadi Console.WriteLine, jalankan dan kamu akan tau apa bedanya!

Console.ReadLine(); - sintak ini untuk membaca program yang telah kamu buat di atasnya. Jadi untuk program yang sederhana biasanya sintak ini berada di bagian paling akhir, namun tidak menutup kemungkinan jika programmer ingin menuliskannya ditengah-tengah kodenya. Jika sintak ini tidak kamu tulis, maka saat program dijalankan, ia akan menutup secara otomatis, sehingga dengan adanya sintak ReadLine ini, akan membuat program tetap terbuka sebelum ditutup oleh user.

Sampai sini dulu, jika ada yang belum jelas silahkan ditanyakan..
Selamat belajar, jangan mudah menyerah!