Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Bahasa Pemrograman CSharp

Pengenalan Bahasa Pemrograman C#

Belajar bahasa Pemrograman tidak sesulit yang dibayangkan, jika kita melihat suatu kode pemrograman yang sudah dibuat oleh para master koding, tentunya benak kita langsung terfikirkan betapa susahnya menulis kode yang begitu rumit dalam jumlah yang banyak. Namun, seorang programmer profesional pun tentunya mengawali itu semua dengan mempelajari Pemrograman Dasar. Semua berawal dari nol, tidak ada seseorang yang mau sukses namun hanya bersantai-santai saja.


Jenis-jenis Bahasa Pemrograman sangat begitu bervariatif, ada bahasa pemrograman C, C++ (C plus-plus), C# (C Sharp), Java, HTML, CSS, Java Script, dan masih banyak lagi. Sebagai pemula, alangkah baiknya jika kita memahami satu bahasa terlebih dahulu, ketika kita sudah memahami bagaimana dasar-dasar dari satu bahasa pemrograman, maka hal itu akan memudahkan kita untuk lanjut mempelajari bahasa-bahasa pemrograman lain dengan fungsi yang akan berbeda pula, karena setiap bahasa pemrograman memiliki fungsi masing-masing.

Bahasa C# merupakan bahasa yang halus, dan sangat cocok untuk dipelajari oleh seorang yang baru mengenal dunia pemrograman. Dengan C#, programmer dapat membuat aplikasi dalam bentuk console (CMD), game, dan lain sebagainya.

Sebelum memulai membuat bahasa Pemrograman, yang kita butuhkan adalah IDE, IDE sendiri adalah software yang menyatukan text editor dan juga compiler, sehingga dengannya kita bisa membuat kode dan langsung mengcompilenya hanya dalam satu aplikasi saja. Saya sarankan menggunaan Visual Studio, ada banyak jenis Visual Studi, semakin terbaru versinya maka akan semakin lebih banyak pula fitur-fitur yang ada di dalamnya, yang tentunya sangat berguna untuk membantumu dalam menulis kodinganmu.

Jika laptop yang kamu miliki agak lelet, saya sarankan menggunakan Visual Studio tahun 2012, bisa kalian download di Google sangat banyak, untuk kode license nya bisa kamu lihat di link ini.

Sampai sini pembahasan mengenai C#, silahkan lihat artikel berikutnya untuk mencoba membuat kode pertamamu dengan bahasa pemrograman C#.


Selamat belajar, semoga berhasil!