Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan di Balik Errornya Facebook, Instagram dan WhatsApp

Alasan di Balik Errornya Facebook, Instagram dan WhatsApp
Alasan di Balik Errornya Facebook, Instagram dan WhatsApp - WhatsApp atau yang sering kita sebut WA sudah menjadi aplikasi andalan untuk bertukar pesan. Selain itu bisa digunakan untuk berdiskusi grup, berbagi foto, video, dokumen, maupun lokasi. Tidak hanya WhatsApp, tetapi Instagram dan Facebook juga menjadi salah satu sosial media andalan di berbagai kalangan, namun tetap WhatsApp yang mendominasi, karena selain khusus untuk chatting, WhatsApp juga tidak membutuhkan banyak kuota untuk mengaksesnya, didukung juga dengan adanya paket khusus chat dengan harga terjangkau. Hal lain yang membuktikan bahwa WhatsApp yang mendominasi penggunaannya adalah hasil survey yang telah rekan kami lakukan, hampir 5-6 jam perhari para pengisi survey menggunakan WhatsApp.

Gambar Data Survey
Klik gambar untuk memperbesar

WhatsApp biasanya berjalan dengan lancar, namun pada hari ini, Kamis (14/03/19) sedang terjadi hal yang tak biasa pada aplikasi tersebut. Pengguna masih dapat mengirimkan pesan teks, namun tidak untuk pesan berupa foto ataupun video. Tidak hanya di WhatsApp, hal yang serupa juga terjadi pada Facebook dan Instagram. Hal ini sudah dikeluhkan oleh banyak netizen, sehingga hastag instagramdown, FacebookDown dan WhatsAppDown bermunculan di Twitter.

Trends di Twitter

Belum ada informasi mengenai penyebab terjadinya masalah ini, namun Facebook berupaya untuk segera menyelesaikan masalah ini. "Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengakses kumpulan aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin.", kicau Facebook dalam akun Twitternya.

Seperti yang dilansir detikinet, ada netizen yang beranggapan bahwa masalah itu terjadi akibat serangan DDoS dari hacker, namun mereka membantahnya. "Saya bisa mengkonfirmasi bahwa ini tidak ada hubungannya dengan usaha hack dari luar," kata juru bicara Facebook, Tom Parnell, kepada Wired.

Dilansir dari fimela.com, error pada Facebook dan aplikasi keluarganya terjadi tidak hanya di negara Indonesia, namun juga di beberapa negara seperti Paraguay, India, Bangladesh, Argentina, dan Brazil.

Memang beberapa jam di hari ini, aplikasi keluarga Facebook mengalami down, namun di siang hari sekitar pukul 12.00 WIB, permasalahan tersebut sudah berangsur kembali normal. Kita tidak tau apakah setelah ini akan mengalami gangguan lagi atau tidak.

Bagaimana menurutmu? Apakah mereka akan down lagi? Tulis komentarmu!