Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google atau Belum

Dengan memiliki sebuah blog, tentunya blogger mempunyai kewajiban dalam pengelolaan blog yang dimilikinya, salah satunya adalah menulis artikel. Menulis artikel tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi jika menulisnya untuk blog niche yang hanya fokus pada satu topik saja, berbeda dengan halnya blog gado-gado yang berisi banyak topik, sehingga penulis akan lebih mudah untuk mencari tema yang akan dituangkan dalam artikelnya. Memang tidak semua blogger dapat membagi waktunya untuk menulis blog, karena dalam pengelolaan blog yang sungguh sungguh, memang benar jika dikatakan membutuhkan waktu yang cukup. Kebanyakan blogger sukses, pasti memberikan waktu khusus untuk fokus mengelola blognya.


Gambar Thumbnail Artikel

Seusai menulis artikel blog, perlu kita upayakan semaksimal mungkin agar tulisan kita benar-benar bisa terindeks oleh mesin pencari, dlaam hal ini mesin pencari yang saya maksudkan adalah Google. Memang masih banyak mesin pencari selain Google, tapi seperti yang kita ketahui bahwa tentu pengguna Google yang lebih banyak dibanding mesin pencai lainnya. Sedikit informasi buat sobat, cara agar artikel sobat bisa lebih cepat diindeks oleh mesin Google, alangkah baiknya untuk sobat mendaftarkan blog sobat ke Google Webmaster Tools, di sana sobat dapat mensubmit url blog maupun artikel sobat, agar nantinya bisa lebih cepat terindex oleh Google.

Setelah sobat mensubmit url artikel ke dalam G-Webmaster, sobat dapat mengecek apakah artikel yang disubmit sudah terindex atau belum. Bagimana caranya? Cukup mudah, kalian hanya perlu masuk ke halaman pencarian Google di www.google.com, lalu kalian masukkan kata kunci berikut :

site:https://url.blog.sobat

Sebagai contoh misal saya menulis kata kunci :
site:https://idekevin.blogspot.com/2019/01/komputer-menyapa-saat-dinyalakan.html

maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :

Gambar di Hasil Penelusuran Mesin Pencari

Artinya, artikel yang telah ditulis, sudah terindex oleh mesin pencari Google.
Jika belum terindex oleh Google, sabar.. tunggu saja, Google tentu tidak hanya merayapi blog sobat saja, tapi jutaan blog lainnya juga sama-sama membutuhkan perayapan Google.

Selamat mencoba semoga bermanfaat!