Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Shortcut Recycle Bin pada Windows 10

Cara Menghilangkan Shortcut Recycle Bin pada Windows 10
Saat kita menyalakan komputer atau laptop, tentu yang kita lihat sebelum melakukan aktivitas di komputer adalah tampilan Desktop. Apa itu Desktop? Menurut saya pribadi, secara sederhana Desktop merupakan tampilan awal atau beranda dari sebuah Sistem Operasi, dalam artikel ini Sistem Operasi yang saya maksud adalah Windows.

Di tampilan Desktop, kita bisa melakukan banyak hal seperti mengganti wallpaper, meletakkan file, memberi Widged (Jam, Pendeteksi Suhu, Kalender, support di Windows 7), dan sebagainya.

Selain yang disebutkan di atas, melalui Desktop kita juga dapat mengakses langsung File Explorer dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+E. Berbicara mengenai File Explorer, ketika kita membukanya, apa yang kira-kira bisa dilakukan? Biasanya yang kita lakukan adalah mengelola file seperti menyalin, memindah, dan menghapus ataupun mengedit dan membuka file. Akan tetapi perlu kita sadari, di dalam File Manager ini kita tidak bisa meletakkan file di bagian This PC, sehingga kita harus meletakkan file di dalam Disk atau sebuah folder default seperti Documents, Downloads, Music, Pictures, dan Videos.

Berbeda dengan File Manager, di tampilan Desktop kita bisa meletakkan File di sana. Akan tetapi kita menyadari bahwa Desktop bagaikan Beranda dari sebuah Sistem Operasi, dan kurang cocok dijadikan tempat singgahnya file.

Desktop memang Beranda nya Sistem Operasi, tetapi dia berbeda dengan Beranda nya Sosial Media. Desktop tidak boleh serame Beranda Facebook, karena hal ini akan membuat tampilan Desktop menjadi amburadul, dan saya pribadi lebih suka mengosongkan tampilan Desktop karena saya rasa dapat menambah nilai estetika, mungkin kamu juga merasa seperti itu?

Tapi dalam kenyataannya, banyak juga orang-orang yang suka menaruh file ke dalam Desktop, padahal secara wajar Desktop digunakan untuk meletakkan sortcut-sortcut aplikasi yang telah terinstall di Laptop/Komputer.

Dengan adanya file-file yang diletakkan di Desktop, ini merupakan cerminan dari cara mengelola file yang kurang baik. Jika file tersebut adalah file penting, tentu sebaiknya diletakkan ke dalam Folder dengan nama yang jelas. Sehingga ketika suatu saat dibutuhkan, pemilik bisa dengan mudah untuk mencarinya. Bayangkan jika di dalam Desktop ditemukan file-file penting, ditambah juga adanya sortcut-sortcut aplikasi, tetntu akan membuat bingung pemilik dalam mencarinya. Selain itu, meletakan file ke dalam Desktop juga dapat membuka privasi, sebagai contoh ketika kita meletakkan file "Kumpulan Nilai Ujian Akhir Semester", kemudian laptop kita dipinjam teman, otomatis mereka akan melihat file tersebut, karena penasaran dibukalah file tersebut, dan hal ini tentu dapat membuka privasi.

Sebenarnya itu semua kembali ke diri kita masing-masing, menyesuaikan bagaimana selera kita terhadap tampilan Desktop, apakah kita lebih suka menaruh file penting di Desktop dengan alasan agar mudah diakses, lebih menyukai tampilan Desktop yang tersusun rapi, ataupun lebih menyukai tampilan Desktop yang kosongan.

Jika kamu adalah tipe orang yang lebih suka meletakkan file penting di halaman Desktop, saya sarankan untuk mengganti file tersebut dengan file sortcut saja, caranya juga cukup mudah. Hal ini dilakukan agar menghindari hilangnya file. Jadi semisal file sortcut yang di Desktop terhapus, masih ada file asli di dalam folder tempat kamu menyimpannya.

Namun jika kamu adalah orang yang lebih berselera dengan tampilan Desktop yang kosongan, tentu kamu hanya bisa menghapus sortcut-sortcut dan file-file di sana, tentu kamu tidak bisa menghilangkan Recycle Bin begitu saja. Sedangkan yang paling afdol jika kamu ingin memiliki tampilan Desktop yang sepi adalah dengan menghilangkan juga tampilan Recycle Bin, This PC, dan kawan-kawannya.

Cara Menghilangkan Shortcut Recycle Bin pada Windows 10
Tampilan Desktop dengan adanya icon Recycle Bin

Loh mas, kalau Recycle bin sama This PC dihilangkan, terus gimana ngaksesnya mas?..
-Gausah khawatir, itu semua masih bisa kamu akses melalui fitur Search pada Windows, atau untuk masuk ke This PC, kamu bisa menekan kombinasi keyboard Ctrl+E.

Saat kamu menghapus file dan sortcut di Desktop, hal ini bisa dilakukan dengan klik lalu tekan Delete dan selesai. Namun untuk Recycle Bin, This PC, dan kawan-kawannya, tidak bisa dihapus dari tampilan Desktop dengan cara seperti itu. Karena itu semua merupakan fitur-fitur Windows yang selalu kita gunakan.

Lalu bagaimana kita menghapus Recycle CS dari tampilan Desktop mas? Caranya ga bakal bikin kamu puyeng, simple banget, silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Pertama kamu klik kanan pada tampilan Desktop, akan muncul menu seperti berikut lalu pilih Personalize. Bisa juga klik kanan > R
Cara Menghilangkan Recycle Bin di Desktop

2. Pilih Themes lalu pilih Desktop icon settings
Cara Menghilangkan Recycle Bin di Desktop

3. Akan muncul Window baru, silahkan kamu hilangkan centang pada Recycle Bin untuk menghilangkan Recycle Bin, dan hilangkan semua centang untuk menghilangkan Recycle Bin beserta kawan-kawannya.
Cara Menghilangkan Recycle Bin di Desktop

4. Klik tombol Apply lalu OK
5. Lihat, yang awalnya tadi ada sekarang sudah bersih.
Cara Menghilangkan Recycle Bin di Desktop

Begitulah cara untuk menghilangkan Recycle Bin dari tampilan Desktop. Walaupun Recycle Bin tidak ada di tampilan Desktop, kamu tetap bisa mengaksesnya melalui fitur Search, untuk This PC kamu bisa mengaksesnya dengan menekan icon File Explorer di Taskbar, atau menekan Ctrl+E.

Dengan menghilangkan Recycle Bin CS di tampilan Desktop, maka tampilan Desktopmu akan terlihat ga berantakan.

Demikian artikel mengenai Cara Menghilangkan Recycle Bin di Desktop, semoga bisa membantu kalian. Silahkan di share jika dirasa bermanfaat..