Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti URL Artikel (Permalink) yang sudah dipublikasi

Permalink
Cara Mengganti URL Artikel (Permalink) yang sudah dipublikasi - Saat sobat hendak menulis artikel di blog, banyak beberapa hal yang perlu sobat perhatikan selain judul dan isi artikel, yakni permalink artikel. Apakah sobat sudah tau apa itu permalink? Permalink merupakan singkatan dari Permanent Link atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah Tautan Permanen. Permalink adalah URL dari halaman blog atau website, entah untuk halaman posting maupun halaman statis, contoh dari halaman statis adalah halaman Contact Us, About Us, Privacy Police, dan sejenisnya.

Sesuai dengan namanya, yaitu permanen link. Hal ini berarti link halaman posting atau halaman statis akan bersifat permanen di mata mesin pencari. Sehingga ketika kita menghapus halaman tersebut, maka akan menyebabkan error berupa Page Not Found atau 404 Halaman Tidak Ditemukan. Setau saya, hal ini tentu akan mempengaruhi nilai dari blog sobat di mata mesin pencari, mungkin bisa dibilang akan mengurangi nilai SEO pada blog sobat. Tentu saja, jika nilai SEO dari suatu blog menurun, maka trafik akan ikut menurun, terutama trafik dari pengunjung organik. Akan berbeda lagi jika target sobat bukanlah pengunjung organik, namun pengunjung dari media sosial atau redirect misalnya.

Oleh karena itu, selain memperhatikan permalink dari suatu artikel yang sobat publish, tentunya perlu diperhatikan juga link halaman blog yang error atau lebih dikenal dengan nama broken link, agar tidak mengurangi nilai SEO dari blog sobat.

Untuk mengetahui apakah di blog sobat ada broken link atau tidak, di artikel Cara Mengatahui Broken Link untuk Blogger Pemula sudah saya jelaskan langkah-langkahnya, silahkan sobat baca jika sobat sama sekali belum mengetahui bagaimana cara menemukan broken link di blog sobat.

Kita kembali lagi ke poin utama, yaitu cara mengganti permalink di artikel yang sudah di publish.

Saat kita membuat artikel, blogspot akan secara otomatis men-generate permalink berdasarkan judul, jika lupa menuliskan judul (biasanya dialami oleh pemula) maka sistem akan men-generate berdasarkan kalimat di awal artikel. Ini merupakan kesalahan sepele yang sangat sering dialami oleh blogger pemula, memang sangat sepele namun akibatnya akan berdampak pada nilai blog di mata mesin pencari.

Biasanya, permalink yang bagus adalah permalink yang dapat menggambarkan isi dari konten atau dengan kata lain permalink yang tidak jauh berbeda dengan judul artikelnya. Sebagai contoh jika sobat membuat artikel dengan judul Cara Mengganti Permalink di Blog Tanpa Ribet, maka permalink yang bagus adalah :
urlblogsobat.com/cara-mengganti-permalink-di-blog-tanpa-ribet
atau
urlblogsobat.com/cara-mengganti-permalink-di-blog

Jangan gunakan permalink yang tidak mengidentifikasi judul artikel, seperti ini misalnya :
urlblogsobat.com/di-artikel-ini-akan-saya-jelaskan-mengenai
atau
urlblogsobat.com/normal-0-false-false-false

Setelah membaca sampai sini, pastikan ketika sobat akan memposting artikel, permalink sudah diatur sebelum artikel dipublish.

Bagaimana cara mengatur permalink sebelum kita mempublish artikel yang sudah kita tulis? Jawaban untuk pertanyaan ini sudah saya rangkum pada artikel Cara Mengganti URL Artikel pada Blogspot, silahkan sobat baca artikel tersebut agar penulisan permalink artikel sobat sesuai dengan saran penulisan permalink.

Jika blog sobat terdapat permalink yang salah seperti yang telah saya contohkan di atas, maka sobat tidak perlu khawatir, walaupun artikel sudah dipublish, masih ada kesempatan untuk mengganti permalink di artikel tersebut.

Ngga kerasa kita sekarang sudah sampai pada inti artikel, di bawah ini sudah saya rangkum langkah-langkah untuk mengganti permalink di artikel yang sudah dipublikasi, silahkan simak baik-baik..

Langkah-langkah Mengganti Permalink di Artikel yang Sudah Dipublish

Sebelum memulai untuk mengganti permalink di artikel yang sudah dipublish, silahkan sobat buka dua tab di browser sobat, lalu login ke Blogger dan Google Search Console. Jika sobat belum memiliki, silahkan daftarkan blog sobat ke Google Search Console terlebih dahulu, berikut artikel Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console sebagai bahan referensi sobat.

Setelah membuka tab Blogger dan Google Search Console, akan saya bagi menjadi beberapa prosedur secara berurutan di bawah ini, agar memudahkan sobat untuk memulai penggantian URL artikel.

Bukan maksud saya untuk mempersulit sobat, akan tetapi di artikel ini akan saya jelaskan secara detail agar saat proses penggantian permalink tidak berdampak buruk terhadap kesehatan blog sobat.

#Prosedur ke 1 -> Menghapus Permalink Lama

Pada prosedur pertama, fungsinya adalah untuk menghapuskan permalink artikel sobat dari mesin pencari, mengapa demikian? Tentu jika sobat ingin memperbarui permalink artikel, maka permalink yang lama harus dihapus dari hasil pencarian mesin pencari atau bahasa kerennya adalah SERP (Search Engine Reesult Page), hal ini WAJIB dilakukan karena jika tidak maka akan mengganggu kesehatan blog sobat dimana permalink lama akan dianggap sebagai broken link oleh mesin pencari, hal ini akan mengancam nilai blog sobat di mata mesin pencari terutama Google.

Jadi, sebelum menganti permalink artikel, yang harus dilakukan pertama kali adalah menghapus permalink lama dari mesin pencari (Google), prosedurnya cukup sederhana, silahkan sobat ikuti langkah-langkah di bawah ini :
1. Buka Google Search Console
2. Pilih Laporan dan fitur lama -> Penghapusan
Penghapusan permalink lama
Klik untuk memperbesar
Sobat akan diarahkan ke tampilan Google Search Concole versi lama
3. Selanjutnya, klik tombol Sembunyikan sementara -> Paste-kan permalink lama -> Klik Terus
Menghapus permalink lama
4. Terakhir, tunggu hingga status penghapusan berubah menjadi Dihapus, hal ini menandakan bahwa permalink lama sudah benar-benar dihapuskan dari SERP Google

Setelah melakukan prosedur pertama, maka tidak masalah lagi jika permalink lama pada artikel diganti dengan permalink yang baru, silahkan ikuti prosedurnya di bawah ini..

#Prosedur ke 2 -> Membuat Permalink Baru

Pada prosedur kedua, sobat akan mengganti permalink lama menjadi permalink baru yang lebih bagus. Saya asumsikan sobat sudah login ke akun blogger seperti yang sudah saya arahkan sebelumnya.
1. Pertama yang harus sobat lakukan adalah masuk ke menu postingan, lalu pilih postingan dan klik edit
2. Selanjutnya, sobat klik tombol Kembali ke draf untuk mengaktifkan fitur edit Tautan permanen
3. Klik edit pada artikel
Edit permalink
4. Setelah halaman editor artikel terbuka, silahkan sobat klik Tautan Permanen Khusus -> Ganti Permalink -> klik Selesai

Sampai di sini, berarti sobat sudah berhasil mengganti permalink pada artikel yang sobat buat. Namun, perlu sobat ketahui bahwasannya dalam penulisan permalink, ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan.

Berdasarkan pengalaman saya, berikut syarat menulis permalink artikel dengan baik dan benar :
-Tidak menggunakan spasi
Jika sobat menggunakan spasi saat menulis permalink artikel, sistem blogspot secara otomatis akan memberikan peringatan bahwa karakter yang sobat masukkan tidak valid. Oleh karena itu, hindari menggunakan spasi saat mencustom permalink, ingat bahwa penulisan permalink berbeda dengan penulisan judul artikel
-Tidak menggunakan huruf besar
Pada umumnya, permalink tersusun dari huruf kecil tanpa tambahan huruf kapital. Memang pada kenyataanya, kita bisa saja menggunakan huruf kapital pada sebuah url, sebagai contoh : urlblogsobat.com/CARA-bikin-BLOG. Akan tetapi, penulisan seperti ini akan menimbulkan masalah terutama pada server berbasis Linux/Unix yang akan melihat huruf besar dan kecil sebagai dua hal yang tidak sama.
Sebagai gambaran, jika sobat membuat halaman dengan permalink urlblogsobat.com/CARA-bikin-BLOG, tetapi user mengakses halaman tersebut dengan alamat urlblogsobat.com/cara-bikin-blog, maka user akan diarahkan ke halaman Error 404 Not Found meskipun sebenarnya kedua link tersebut memiliki nama yang sama.
Server response from Unix
-Tidak menggunakan karakter titik
Berdasarkan pengalaman saya ketika mengaudit atau melihat kesehatan blog dengan tool yang disediakan oleh UberSuggest, terdapat notifikasi bahwa di dalam blog saya terdapat URL artikel yang bermasalah, kurang lebih seperti berikut urlnya : urlblog.com/l.bangun-datar... Sebenarnya maksud saya adalah urlblog.com/luas-bangun-datar..., tapi karena terlalu panjang maka /luas-bangun saya ganti menjadi /l.bangun... Ternyata, url yang saya gunakan dinilai kurang baik, oleh karena itu saya mengubahnya seperti semula menjadi /luas-bangun-datar...
-Sesuai dengan judul artikel
Seperti yang sudah saya bilang di awal, bahwa penulisan permalink yang baik adalah permalink yang dapat mengidentifikasi judul artikel. Sehingga permalink tidak jauh berbeda dengan judul. Untuk contohnya sudah saya tulis di pembahasan di awal artikel ini.

Baik, sekarang kita hampir sampai ke tahap terakhir. Mari kita lanjutkan untuk prosedur yang ketiga, di bawah ini..

#Prosedur ke 3 -> Mensubmit Permalink Baru ke Google Search Console

Setelah melakukan prosedur ke-1 hingga ke-2, artinya sobat sudah berhasil mengganti permalink artikel. Akan tetapi tidak cukup sampai situ saja, dengan adanya permalink yang baru, tentu sobat perlu untuk mensubmit permalink baru tersebut ke dalam mesin pencari, dalam tutorial ini saya gunakan mesin pencari Google.

Mengapa kita perlu melakukan hal ini? Tentu saja hal ini dilakukan guna mempercepat proses pengindexan artikel yang sudah kita tulis, agar artikel yang kita tulis dapat segera diindex oleh mesin pencari Google.
Kamu tau?
"Google akan mengindex blog kita dengan mesin perayap yang disebut Googlebot"
Agar artikel kita cepat diindex oleh Googlebot, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :
1. Pertama, kamu salin permalink baru dari artikel yang tadi sobat buat
2. Selanjutnya, masuk ke Google Search Console -> pilih Inspeksi URL
3. Pastekan di kolom Inspeksi Url -> tekan Enter
4. Tunggu prosesnya, lalu klik Minta pengindeksan
Inspeksi url -> minta pengindeksan
Inspeksi url -> minta pengindeksan
Catatan
Halaman Minta Pengindeksan akan muncul setelah kamu melakukan langkah ketiga di prosedur ini.
5. Setelah klik Minta Pengindeksan, maka tunggu beberapa saat dan sistem akan memberikan notifikasi bahwa pengindeksan artikel melalui permalink yang kamu kirim berhasil untuk dilakukan.

Baiklah, setelah sobat menyelesaikan prosedur ketiga, artinya sobat sudah selesai melakukan penggantian permalink dengan baik dan benar.

Setelah selesai melakukan submit di mesin pencari berupa Google, kalian perlu mengecek apakah post yang kalian update sudah terindeks Google atau belum, biasanya jika menggunakan prosedure ketiga, maka hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk Google mengindeks artikel yang dipublish, akan tetapi jika tidak melakukan prosedur ketiga, maka akan membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk Google mengindeks artikel yang sobat publish.

Untuk mengetahui apakah Google sudah atau belum mengindeks artikel yang sobat publish, silahkan baca tips di bawah ini :
Kamu tau?
"Masukkan keyword 'site:permalinkartikelmu' ke kotak penelusuran Google untuk mengetahui apakah artikelmu sudah diindec Google atau belum".
Contoh dari tips di atas adalah : site:https://urlblogsobat.com/ini-adalah-link-artikel-mu

Kesimpulan

Untuk mengganti permalink artikel yang sudah dipublish dengan baik dan benar, kamu bisa melakukannya dengan beberapa tahap sebagai berikut :
1. Menghapus permalink lama dari Chace Google agar tidak menciptakan halaman error 404 tidak tidak ditemukan
2. Membuat permalink baru yang lebih mudah untuk dipahami dengan kata lain dapat mengidentifikasi apa yang diulas di dalam artikel
3. Mensubmit permalink ke Google melalui Google Search Console agar artikel yang diupdate bisa cepat di indeks oleh mesin pencari Google.
Kamu tau?
Tidak hanya Google, tapi sobat juga bisa mensubmit artikel ke mesin pencari selain Google. Contohnya adalah mesin pencari Bing, sobat bisa mensubmit artikel di mesin pencari Bing melalui Bing Webmaster Tools. Begitu juga mesin pencari lainnya, mereka memiliki webmaster tools sendiri-sendiri.

Demikian artikel yang saya tulis mengenai cara mengganti permalink di artikel yang sudah di publish.
Semoga bermanfaat, share ilmu ini ke teman-temanmu!