Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapkan Hal Ini untuk Ganti Kartu Telkomsel dari 3G ke 4G

Thumbnail artikel
Telkomsel adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia, yang saat ini memiliki ratusan juta pelanggan. Produk dari Telkomsel sendiri juga sangat banyak, seperti kartu Halo, simPATI, Kartu AS, Kartu AS Flexi (Kartu AS Flexi merupakan gabungan dari operator prabayar Flexi yang akan ditutup dan semua pelanggan prabayar Flexi dipindahkan ke kartu ini), KartuHalo Flexi (kartuHalo Flexi merupakan gabungan dari operator pascabayar Flexi yang akan ditutup dan semua pelanggan pascabayar Flexi dipindahkan ke kartu ini), Telkomsel Flash, Kartu Facebook (mungkin kamu pernah menggunakan kartu ini di saat lagi ngehitsnya Facebook), simPATI LOOP, dan juga kartu LOOP.

Dalam memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan, Telkomsel memutuskan untuk mengajak semua pelanggan setianya agar bermigrasi dari 3G ke 4G, agar mereka semua dapat menikmati layanan yang terbaik dari Telkomsel.

Memang hal ini merupakan cara Telkomsel untuk mengikuti perkembangan teknologi telepon seluler, yang dulu mungkin kita mengidolakan 3G, namun apa daya setelah ada 4G tentu jaringan 3G akan tergesar dan tergantikan. Dengan adanya jaringan 4G, kecepatan akses internet lebih cepat dibandingkan dengan jaringan di bawahnya.

Namun sekarang kita sendiri juga sudah mendengar bahwa sebentar lagi akan ada teknologi seluler terbaru, yakni jaringan 5G. Entah apa yang akan dilakukan Telkomsel nanti ketika jaringan 5G sudah benar-benar diterapkan di Indonesia. Apakah nanti pelanggan akan diajak untuk bermigrasi ke jaringan 5G atau bagaiman kita lihat saja nanti.

Proses migrasi yang dilakukan oleh telkomsel terhadap pelanggannya sudah sejak lama diumumkan, kurang lebih dari awal tahun 2019. Akan tetapi, proses migrasi jaringan 3G ke 4G diberikan batasan waktu, yakni sampai bulan September 2019.

Dengan adanya proses migrasi ini, menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel di Indonesia sangatlah banyak, mulai dari masanya 3G hingga 4G bahkan mau ada 5G, mereka tetap setia menggunakan layanan Telkomsel. Memang tidak bisa dipungkiri, layanan Telkomsel memberikan jaringan yang kuat di negara Indonesia. Hal ini sudah menjadi rahasia umum, jika dibandingkan dengan operator lain, tentu Telkomsel yang akan menang dalam kekuatan jaringan.

Agar dapat menikmati jaringan Telkomsel yang lebih kuat, sudah saatnya kita bermigrasi dari jaringan 3G ke 4G.

Akan saya bagikan bagaimana prosedur bermigrasi kartu Telkomsel dari 3G ke 4G.

Untuk bermigrasi dari 3G ke 4G memang ada banyak cara, mulai secara online ataupun offline dengan berkunjung langsung ke GraPari terdekat. Lebih lengkapnya kalian bisa melihat langusng di situs resmi Telkomsel (www.telkomsel.com/4G).

Dalam artikel ini, yang saya akan kupas adalah prosedur bermigrasi 3G ke 4G dengan cara Offline, berkungjung langsung ke GraPari terdekat. Mungkin sudah tidak perlu panjang lebar lagi, mari kita bahas prosedur bermigrasi jaringan Telkomsel 3G ke 4G melalui GraPari terdekat.

Siapkan Hal Ini untuk Ganti Kartu Telkomsel dari 3G ke 4G

1. Smartphone yang sudah terpasang kartu Telkomsel 3G yang mau di-upgrade
Sudah sangat jelas, hal pertama yang wajib kamu bawa saat dateng ke GraPari adalah membawa smartphone-mu yang sudah terpasang kartu yang mau di-upgrade. Gunanya membawa Smartphone adalah, ketika kamu sudah bertemu dengan pegawai GraPari yang akan melayanimu nanti, kamu akan diminta untuk memberikan smartphone-mu guna proses upgrade kartu. Jadi, pastikan smartphone-mu dalam mondisi menyala ya!

2. KTP dan No. KK
Yang perlu kamu persiapkan di nomor dua ini adalah KTP Asli dan juga Nomor KK. Saat proses nanti, kamu akan dimintai untuk menunjukkan KTP Asli yang sepertinya ketika saya lihat, akan mereka foto untuk prosesnya. Selain itu, ada juga No. KK, ingat hanya No. KK bukan KK Asli, sebab nanti di akhir proses nanti, kamu akan dimintai untuk mengisi formulir yang meminta kamu mengisi nomor KTP dan juga nomor KK.

3. Tiga nomor yang sering dihubungi dalam tiga bulan terakhir
Saat mengisikan formulir, kamu disuruh untuk menuliskan tiga nomor yang sering kamu hubungi dalam tiga bulan terakhir, pastikan kamu benar-benar mengetahui dan menentukan tiga nomor tersebut. Saya sendiri menuliskan nomor kedua orang tua dan satu teman karena memang ketiga orang itu lah yang sering saya hubungi melalui telepon atau sms.

4. Uang
Waduh, buat apa nih bawa uang? Bukannya gratis ya? Nah, untuk informasi yang saya dapat sebelum berangkat ke GraPari memang proses migrasi itu gratis tidak dipungut biaya apapun. Akan tetapi, ketika saya sampai di GraPari, di akhir proses migrasi saya ditanya mau ngisi pulsa berapa, dan ketika saya tanya nominal minimal pengisian, ternyata minimalnya adalah 5 ribu rupiah. Saya juga menyayangkan, kenapa saat itu saya tidak bertanya apakah wajib mengisi pulsa atau tidak, tapi untuk jaga-jaga saja, silahkan kamu membawa uang saat berangkat ke GraPari. Jika memang nanti diwajibkan untuk melakukan pengisian pulsa, saran saya silahkan kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Karena saya awalnya disuruh melakukan pengisian ulang sebesar 10 ribu, tapi saya sendiri juga tidak memerlukan pulsa karena memang tidak sedang membutuhkan pulsa. Saya sendiri daripada membeli pulsa mending langsung membeli kuota internet, sekali lagi kembalikan saja pada kebutuhanmu.


Jadi, ada empat hal yang perlu kamu siapkan sebelum berngkat ke GraPari untuk menukarkan kartu 3G mu ke kartu 4G, yaitu Smartphone + kartu 3G, KTP + no. KK, tiga nomor yang sering dihubungi dalam tiga bulan terakhir, dan yang terakhir adalah uang.

Setelah menyiapkan semua kebutuhan, berarti kamu sudah siap untuk datang ke GraPari menukarkan kartu 3G ke 4G. Untuk prsedurnya, akan saya bahas di bawah ini, mari simak sampai habis..

Prosedur untuk Ganti Kartu Telkomsel dari 3G ke 4G melalui GraPari

1. Temui Resepsionis atau Kasir
Saat masuk ke GraPari, silahkan kamu menemui resepsionis atau kasir, hal ini perlu kamu lakukan jika pelayan tidak ada di tempatnya. Biasany adi GraPari ada meja konsultasi bagi konsumen yang memerlukan bantuan, nah di sanalah tempatnya pegawai yang akan melayanimu, jika tidak ada mereka silahkan kamu bertanya ke resepsionis atau kasir. Namun, jika keberadaan mereka sudah ada, yasudah kamu langsung aja ke mereka tanpa perlu ke resepsionis atau kasir.

2. Jelaskan tujuanmu datang ke GraPari
Saat sudah berjumpa dengan pegawai, kamu akan dipersilahkan duduk, nah saat itulah kamu jelaskan bahwa tujuanmu adalah untuk menukar kartu 3G mu dengan kartu 4G yang baru.

3. Ikuti Alur Proses Penukaran Kartu
Setelah menjelaskan semuanya, kamu akan diarahkan untuk mengikuti proses penukaran kartumu, dimulai dari dipinjamnya HP mu untuk awal proses penukaran, menunjukkan KTP Asli, mengisi formulir, hingga pengisian pulsa pada nomor barumu.
Catatan :
Nomor yang akan kamu tukarkan dari 3G ke 4G tidak akan berubah. Kamu akan diberikan kartu perdana baru dengan nomor yang sama.

Sedikit notifikasi buat temen-temen, jadikan artikel ini sebagai penambah informasi bukan sebagai patokan. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa
mengunjungi web resminya di www.telkomsel.com/4G

Selain itu, sebelum temen-temen menukarkan kartu 3G dengan kartu 4G, silahkan temen-temen baca syarat dan ketentuan yang ada di halaman resmi yang saya sebutkan di atas, lalu pilih menu Upgrade. Saya screenshot-kan Syarat dan Ketentuannya, silahkan lihat berikut ini :
Syarat dan Ketentuan
Klik untuk memperbesar


Apa yang didapat setelah menukarkan kartu?

Nah, tentu ini yang bener-bener kalian ingin ketahui, kira-kira apa sih yang bakal kita dapatkan setelah menukarkan kartu dari 3G ke 4G?
Dari info resmi yang tersebar, memang dituliskan bahwasannya penukar akan mendapatkan kuota hingga 30 GB, sedankan pada Syarat dan Ketentuan yang sudah saya SS kan di atas, tertulis bahwa penukar akan mendapatkan kuota mulai dari 5 Gb hingga 2,5 GB berlaku selama 6 bulan, dengan beberapa ketentuan.

Saya sendiri, menggunakan Telkomsel sejak tahun 2014 hingga sekarang, akan tetapi saya hanya mendapat kuota sebesar 2,5 GB berlaku hanya 1 bulan, saya sendiri juga heran, padahal syarat dan ketentuan juga sudah saya penuhi, namun entah kenapa yang saya dapatkan tidak sesuai. Tapi sebenarnya tidak masalah, karena yang saya inginkan hanyalah kartu saya yang baru dan sudah bisa digunakan di jaringan 4G.

Nah, mungkin buat temen-temen nanti yang bakal nukarin kartunya ke GraPari, silahkan tanya-tanya mengenai kuota yang akan di dapatkan..


Mungkin sudah sampai sini saja apa yang perlu saya tulis mengenai hal-hal yang perlu disiapkan saat menukarkan kartu telkomsel dari 3G ke 4G. Semoga bisa bermanfaat, dan silahkan share artikel ini jika di rasa bermanfaat!