Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Dampak Positif dan Negatif IPTEK bagi Kehidupan

dampak positif dan negatif iptek

Pada zaman generasi Milenial ini, teknologi sudah tidak lagi menjadi suatu hal yang asing di mata kita.

Sudah bisa dikatakan bahwa Teknologi sudah menjadi kebutuhan pokok umat manusia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Semua orang kini sudah memanfaatkan teknologi dalam kehidupannya sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui bahwasannya perlembangan teknologi sangatlah cepat, mulai dari alat komunikasi, transportasi, pengobatan, hiburan dan masih banyak lagi tentunya.

Salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat adalah teknologi informasi dan komunikasi, dengan layanan andalannya yaitu Intenet.

Internet menjadikan teknologi informasi dan komunikasi menduduki peringkat teratas baik dalam sisi positif maupun sisi negatif.

Memang secara tersurat kita dapat melihat bahwa teknologi memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan umat manusia

Namun apakah kalian menyadari bahwasannya di samping manfaat tersebut tersimpan beberapa dampak negatif bagi penggunanya?

Yuk simak penjelasannya di bawah ini..

Dampak Positif

1. Sumber Informasi

Teknologi yang paling populer adalah dalam bidang informasi dan komunikasi, di sana kita mengenal yang namanya Internet.

Dengan Internet, kita dapat memperoleh berbagai informasi yang ingin kita dapatkan.

Namun tentu tetap memiliki batasan, seperti informasi pribadi orang lain tentu tidak bisa kita dapatkan secara mudah melalui internet.

Dibalik mudahnya seseorang untuk mendapatkan berbagai informasi di internet.

Perlu kita sadari juga bahwa di sisi lain banyak juga orang yang dengan mudah dapat mengupload atau menyebarkan informasi-informasi baru.

Tidak semua orang menyebarkan informasi yang benar, ada juga orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan informasi hoax.

Oleh karena itu, kita harus berhati-hati saat mendapatkan informasi baru dari internet.

Kecerdasan dalam memfilter berita baru dapat menjadi benteng bagi diri kita agar terhindar dari berita-berita hoax.

2. Sarana Berkomunikasi

Siapa sih yang ga punya Media Sosial? Tentu semua orang memilikinya bukan..

Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua semuanya sudah mempunyai akun media sosial masing-masing, yaa minimal mereka memiliki aplikasi chatting.

Chatting merupakan salah satu cara masyarakat untuk berkomunikasi.

Aplikasi chatting yang sering digunakan oleh masyarakat seperti WhatsApp dan Telegram.

3. Mempercepat Arus Informasi

Saat ini, arus informasi yang tersebar semakin cepat. Sedikit ada informasi baru, akan dengan mudah dan cepat tersebar ke segala penjuru dunia.

Apalagi jika informasi tersebut merupakan informasi unik dan berpotensi terjadinya viral.

Tentu kita tahu sendiri bahwa penyebaran informasi seperti itu kini semakin mudah dan cepat.

Mungkin pada zaman dulu informasi sederhana hanya tersebar melalui mulut ke mulut.

Namun pada zaman seperti sekarang ini, informasi sesederhana apapun dapat dengan mudah tersebar ke segala arah.

Apalagi informasi yang penting dan membuat semua orang penasaran, tentu akan semakin cepat laju penyebarannya.

4. Berbagi File

Selain untuk berbagi informasi, internet juga bisa kita manfaatkan untuk berbagi file.

Biasanya warganet menggunakan penyimpanan online untuk berbagi file kepada calon pengunduhnya.

Penyimpanan online yang populer di kalangan masyarakat antara lain Google Drive, Dropbox, dan MediaFire.

5. Tempat Berbisnis

Tanpa kita sadari, bisnis ikut serta dalam memaksimalkan penggunaan teknologi, salah satunya adalah teknologi informasi.

Banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan internet untuk memulai mempromosikan bisnis mereka serta berani untuk menjual produk atau jasa mereka melalui dunia maya.

Tanpa kita sadari, banyak sekali startup yang muncul untuk memecahkan permasalahan yang ada di kehidupan manusia.

Hal ini merupakan suatu bisnis yang sangat besar yang tentunya memanfaatkan banyak sekali teknologi termasuk teknologi informasi dan komunikasi.

6. Membantu Pelayanan dalam Suatu Perhotelan

Setelah membahas beberapa mengenai teknologi informasi, kini kita beralih ke teknologi robotik.

Mungkin kalian sudah pernah mendengar Relay Robot

Robot ini biasanya digunakan di perhotelan untuk mengantarkan makanan atau barang apapun yang bisa dibawa oleh Robot Relay, untuk diantarkan kepada penghuni kamar-kamar di sebuah hotel.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut :

7. Membantu Proses Bisnis

Seperti yang kita ketahui, di zaman sekarang ini kebanyakan bisnis-bisnis yang baru bermunculan terutama bisnis dari perusahaan besar dan menengah akan benar-benar memanfaatkan peranan SI/TI dalam proses bisnis mereka.

Tentu SI/TI yang diterapkan haruslah sejalan dan sebanding dengan proses bisnis yang mereka lakukan, agar SI/TI yang ada benar-benar bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Salah satu peran teknologi dalam sebuah bisnis adalah sebagai perantara informasi antara pebisnis atau perusahaan dengan calaon konsumen.

Perusahaan tentu tidak akan mendapatkan konsumen jika produk atau jasa mereka tidak diketahui oleh para calon konsumen.

Oleh karena itu proses pemasaran di perlukan, salah satu teknologi yang mendukung proses pemasaran ini adalah website atau aplikasi mobile.

Mungkin dulu perusahaan menggunakan website untuk mempromosikan dan mengenalkan produk atau jasa mereka menggunakan sebuah website.

Namun, akhir-akhir ini perusahaan tidak cukup menggunakan website saja.

Namun mereka juga menggunakan aplikasi mobile untuk menyebarkan informasi serta memberikan pelayanan kepada para konsumennya.

8. Sebagai Sarana Hiburan

Tentu dengan begitu canggihnya berbagai macam teknologi, kita bisa menggunakan mereka sebagai sarana hiburan seperti Televisi yang menayangkan berbagai acara yang menyengkan.

Kemudian di internet terdapat YouTube yang menyediakan berbagai konten yang siap menghibur para penonton.

Dan selain itu semua, ketika kita pergi ke tempat wisata dan kita menaiki wahana-wahana yang lagi ngetrend dan seru untuk dinaiki.

Ini merupakan suatu teknologi yang dapat digunakan sebagai sarana hiburan bagi para penggunanya.

Tentu masih banyak lagi teknologi-teknologi yang bisa dumanfaatkan untuk sebagai sarana hiburan.

Dampak Negatif

Setelah kita membahas beberapa dampak positif yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, tentu itu semua tidak lepas dari dampak negatif yang diberikan.

Berikut 7 dampak negatif dari adanya teknologi saat ini:

1. Hilangnya Sikap Sosialis

Zaman dulu mungkin ketika sedang berkumpul bersama teman ataupun keluarga.

Mereka akan saling berkomunikasi bertukar cerita dan pikiran serta menikmati waktu bersama-sama yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan zaman sekarang ini.

Zaman sekarang, mungkin sudah sangat biasa ketika kita sedang berkumpul dengan teman-teman, sahabat dan keluarga.

Hal yang lebih dominan kita lakukan hanyalah membuka gadget dan terkadang parahnya malah berkomunikasi dengan orang lain melalui aplikasi chatting.

Padahal sudah jelas-jelas di depan kita banyak individu yang bisa kita ajak untuk berbicara dan saling bertukar cerita dan pikiran.

Tentu hal ini perlu kita hindari karena akan beresiko untuk menciptakan sifat individualis dan tidak mengenal orang lain.

Negara yang baik tentu harus diisi dengan warga negara yang perduli, baik peduli terhadap sesama terhadap lingkungan dan terhadap apapun di sekitarnya..

2. Memungkinakan Terjadinya Penipuan dan Kejahatan Cyber

Penipuan yang dari zaman dulu hingga kini yang masih sering dilakukan adalah melalui SMS, seperti bujukan untuk memberikan nomor rekening, mengirimkan pulsa, mentransfer sejumlah uang, dan sebagainya.

Namun, di zaman yang sudah serba internet ini, penipuan tidak hanya dilakukan melalui SMS akan tetapi juga melalui internet.

Seperti menggunakan phising dan lain sebagainya.

Kita harus benar-benar berhati-hati dengan yang namanya phising.

Karena phising biasanya dilakukan dengan memancing korban untuk mengunjungi sebyah website palsu yang tampilan interfacenya seperti tampilan pada website yang asli.

Atau ada juga yang seolah-oleh membuat website yang bekerjasama dengan situs besar lain.

Sebagai contoh, kalian diiming-imingi situs auto like Instagram, dan kalian disuruh untuk login melalui situs selain instagram untuk mendapatkan like tersebut.

Ketika kalian sudah berhasil login kemudian muncul bahwa like berhasil dikirim.

Akan tetapi like yang kalian pesan tidak juga segera dikirim.

Besar kemungkinan hal ini menunjukkan bahwa kalian telah masuk di situs pishing di mana username dan password yang kalian gunakan untuk login.

Masuk ke dalam database pembuat pishing tersebut, sehingga akun Instagram kalian diambil alih oleh orang yang membuat pishing.

3. Konflik

Dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, terkadang masih banyak pengguna yang belum bijak dalam menggunakannya.

Sehingga tidak sedikit terjadi konflik akibat cara berkomunikasi yang salah melalui media sosial.

Media sosial di ciptakan sebenarnya untuk memperluas kesempatan seseorang untuk berkenalan dan berteman dengan orang-orang baru yang belum mereka kenal sebelumnya.

Selain itu, dengan bermedia sosial juga memungkinkan seseorang yang memiliki jam super sibuk, bisa merasakan bersosial dengan kawan-kawan dan keluarganya melalui media sosial tersebut.

Oleh kartena itu, pergunakanlah media sosial sebaik mungkin agar kita bisa merasakan manfaatnya serta terhindar dari bahaya akibat penyalahgunaan media sosial.

4. Lupa Waktu

Saat sedang asik memainkan suatu teknologi, terkadang kita tidak merasakan sudah berapa lama waktu yang kita gunakan untuk bersenang-senang.

Sehingga seringkali kita melupakan dan menyia-nyiakan waktu yang begitu berharga karena larut dalam kesenangan itu.

Entah teknologi game, internet dan teknologi hiburan lainnya biasanya menjadi faktor utama generasi milenial menghabiskan waktu mereka.

Memang game bisa membuat otak kita menjadi fresh begitu juga internet bisa membawa kita berkeliling dunia untuk mencari informasi.

Akan tetapi segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk dilakukan.

Alangkah baiknya jika kita membuat schedule yang dapat membagi waktu antara bersenang-senang dan menyusun masa depan yang lebih baik.

Apakah kamu termasuk orang yang sudah membagi waktumu dengan baik?

5. Teknologi Dapat Menggantikan Peran Manusia

Hal ini merupakan salah satu dampak yang menyeramkan bagi semua manusia.

Tentu selama ini manusia sudah sama-sama bersaing untuk memperoleh suatu pekerjaan yang mereka inginkan.

Namun sekarang, mereka tidak hanya bersaing dengan manusia, namun juga dengan robot.

Bahkan, tanpa bersaingpun robot bisa mengalahkan dan mengambil kedudukan manusia dalam suatu pekerjaan jika perusahaan yang menginginkan.

Oleh karena itu, di zaman seperti ini mungkin solusi yang dapat menjawab adalah dengan membuka bisnis sendiri.

Karena dengan demikian tentu akan membuka lapangan pekerjaan baru serta berpotensi mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia.

6. Kebanyakan Teknologi tidak Bekerja Jika Tidak Ada Listrik

Apakah kita sudah menyadari bahwasannya semua teknologi di lingkungan kita rata-rata tidak akan bisa berfungsi jika tidak ada aliran listrik?

Mungkin kita belum pernah berfikir sampai situ, namun mulai sekarang perlu kita sadari bahwasannya selain air, listrik juga berperan penting dalam kehidupan serta kemajuan di bidang teknologi.

Hampir semua teknologi yang ada di sekitar kita hampir semuanya menggunakan listrik.

Mulai dari handphone, laptop, wifi, drone, dan masih banyak lagi tentunya.

Karena pentingnya energi listrik di kehidupan kita, serta listrik merupakan energi yang dapat habis, maka kita sebagai manusia yang baik tentu harus bisa menggunakan listrik sebijak mungkin.

Seperti mematikan lampu di siang hari, mematikan televisi saat tidak digunakan, dan masih banyak lagi cara kita untuk menghemat energi di muka bumi ini.

Nah kira-kira apakah kamu sudah bisa menghemat energi?

7. Teknologi Dapat Mencemarkan Nama Baik

Dalam dunia telekomunikasi, tentu tidak lepas yang namanya bersosial dan bertemu dengan orang-orang baru.

Namun terkadang ada juga warganet yang tidak sengaja ataupun sengaja mencemarkan nama baik entah teman sendiri, pejabat, atau siapapun itu.

Tentu hal ini merupakan sesuatu yang dilarang dan sudah di atur di UU ITE.

Di dalam UU ITE mengatur segala aktivitas yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi, agar dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang baik dan benar.

8. Banyak Orang Tidak Bertanggung Jawab Memanfaat Teknolgi untuk Menyebarkan Hoax

Tidak semua informasi yang kita peroleh dari internet dapat kita percaya begitu saja.

Dengan adanya internet semua umat manusia sangat mudah untuk mempublikasikan opini serta gagasan mereka ke dalam dunia maya yang belum tentu benar jika dibuktikan secara ilmiah.

Namun, ada juga orang yang dengan sengaja menyebarluaskan informasi-informasi hoax yang tidak jelas untuk apa sebenarnya tujuan mereka tersebut.

Tentu sebagai warganet yang baik, kita harus bisa membentengi diri kita dari berbagi informasi hoax dengan mencari informasi lain untuk mengkonfirmasi apakah informasi yang kita dapat sebelumnya adalah berita hoax atau bukan.

Yuk, kita berinternet secara bijak dengan memfilter segala informasi yang didapat!

Kesimpulan

Teknologi memang dapat memberikan umat manusia kemudahan dalam menjalankan kegiatan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi di samping manfaat teknologi yang begitu banyak di berbagai bidang, tentu di sisi lain terdapat dampak negatif yang perlu kita ketahui dan kita hindari.

Dengan mengerti mana dampak positif dan mana dampak negatif dari penggunaan teknologi, tentu kita bisa menjadi seseorang yang mampu untuk memanfaatkan teknologi dengan bijak.

Dengan demmikian, hidup kita akan benar-benar bisa memanfaatkan teknologi, bukan malah sebaliknya, teknologi yang benar-benar memanfaatkan hidup kita.

Sampai sini penjelasan mengenai dampak positif dan negatif iptek bagi kehidupan umat manusia.

Artikel ini diperbarui pada 21 Mei 2022.