Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Diterima Google AdSense untuk Motivasi dan Menginspirasi

Pengalaman Diterima Google AdSense untuk Motivasi dan Menginspirasi
Alhamdulillah, kali ini saya masih berkesempatan untuk menulis artikel yang berkaitan dengan Google AdSense. Akan saya tuliskan pengalaman saya saat pertama kali diterima oleh Google AdSense.

Sebagai pengguna baru Google AdSense, tentu hal ini sangat membanggakan, apalagi jika mengetahui bahwa banyak sekali di luar sana para blogger yang tidak mendapatkan izin untuk menjadi publisher Google AdSense.

Seperti yang saya baca dari pengalaman-pengalaman orang lain yang juga mendaftarkan Google AdSense, banyak blogger yang sudah bertahun-tahun menuliskan artikel, pengunjung sudah banyak namun tetap saja belum diterima oleh Google AdSense untuk menjadi publisher.

Setelah itu saya sangat percaya bahwa untuk mendaftarkan blog ke Google AdSense, itu sangatlah susah, apalagi saat itu saya baru pertama kalinya mengenal akun AdSense.

Banyak sekali artikel-artikel yang ditulis blogger lain tentang tata cara yang baik untuk mendaftarkan Google AdSense, dulu karena saya tidak suka membaca kebijakan AdSense melalui situs resminya (lebih suka baca artikel orang lain, karena terkadang lebih mudah dipahami hehe), akhirnya saya percaya dan terpengaruh oleh apa yang mereka katakan dalam artikelnya. Ada yang bilang bahwa untuk mendaftarkan Google AdSense maka harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

1. Blog harus memiliki banyak pengunjung, minimal 1k perhari
2. Artikel harus minimal 100 artikel
3. Umur blog harus minimal 6 bulan
4. Dan persyaratan-persyaratan berat lainnya

Setelah setahun mengenal Google AdSense, saya baru menyadari bahwasannya semua yang disebutkan di atas adalah salah. Dengan mempecayai artikel yang ditulis orang lain dan menyepeleken panduan dari Google AdSense sendiri, itu adalah hal yang salah, dan jangan sampai terjadi jika kita mau bisa diterima oleh Google AdSense. Alangkah baiknya kita mengikuti panduan langsung yang ditulis oleh Google AdSense. Karena tentu informasi yang didapat akan lebih akurat dan lebih update, daripada kita membaca artikel versi blogger lain.

Pengalaman Pertama Mendaftar Google AdSense (GA)

Saat itu saya memang masih percaya dengan syarat-syarat daftar Google AdSense versi blogger lain, akan tetapi walau kondisi blog saya masih 19 artikel yang katanya harus 100 artikel, pengunjung masih dibawah 100 perhari walau katanya minimal 1k perhari, saya nekat untuk mencoba mendaftarkan blog saya ke Google AdSense.

Karena merasa sudah tidak sabar lagi, akhirnya walau kepercayaan bakal diterima AdSense masih belum 100% karena ada keraguan, alhasil pada pendaftaran pertama blog saya belum diterima Google AdSense. Saya sempet lupa apa penyebabnya, mengingat email dari Google AdSense saya cari-cari di kotak masuk G-Mail gaada, entah kemana, mungkin saja dulu pernah saya hapus tanpa sengaja. Tapi seingat saya, dulu penyebab blog saya tidak diterima di Google AdSense adalah menu blog yang masih kosongan, berisi link #, seperti contohnya https://idekevin.com/#. Hal ini dianggap Google sebagai halaman yang belum jadi atau dalam proses pembuatan. Dan biasanya link seperti ini akan ada pada menu template gratis hasil download.

Tentu Google AdSense menginginkan para publishernya memiliki blog yang benar-benar terawat, jika menu blog saja belum ada, pengunjung mau ngapain di blog kita? Hanya membaca saja? Tentu hal ini juga berdampak pada Google AdSense, karena jika pengunjung hanya membaca saja di blog kita, artinya iklan yang mereka lihat hanya sekali tayang saja, sedangkan jika di blog kita ada menu Sitemap misalnya, lalu pengunjung membuka dan menemukan artikel kita yang lain, dan akhirnya mereka membaca artikel kita yang lain, hal ini berarti pengunjung betah membaca artikel di blog kita, sehingga akan berdampak baik dari jumlah tayangan iklan dari Google AdSense. Dengan seperti ini tentu tidak merugikan Google AdSense. Ibaratnya Google AdSense tidak memberikan gaji kepada karyawan yang tidak mempunyai JobDesk yang jelas.

Seperti inilah pendapat saya mengenai alasan kenapa Google tidak menerima blog yang memiliki link halaman rusak/error/setengah jadi atau proses pembuatan.

Ngomong-ngomong, saya ingat betul, hal tersebut saya lakukan ketika bulan suci Ramadhan, setelah Terawih saya mencoba mendaftarkan blog ke Google AdSense untuk yang pertama kalinya. Walaupun ditolak, saya tidak menyerah, dan tetep mencoba untuk berusaha dan berdoa tentunya, apalagi saat itu bulan Ramadhan, di mana doa-doa kita akan diijabah oleh Allah SWT, makannya kita pasti pernah denger, ada ulama yang bilang jika manusia mengetahui betapa Dahsyatnya nikmat pada bulan suci Ramadhan, pasti mereka semua ingin bulan suci Ramadhan terlaksana setahun penuh. Oke dikit aja ceramahnya, saya belum ahli daripada malah nanti menyesatkan hehe..

Kita kembali lagi ke pembahasan..

Kedua kalinya Mendaftar GA

Menjelang 3 hari setelah memperbaiki blog, saya mencoba mendaftarkan lagi ke Google AdSense. Kondisi blog sudah lumayan, sudah ada menu Sitemap, About Us, Contact, dan kawan-kawannya. Setelah saya daftarkan lagi, tenyata hasil juga tidak sesuai harapan, saya masih belum lolos. Entah apa penyeabnya saya lupa dan gaada bukti karena email dari AdSense sudah kehapus, seperti yang saya bilang di awal tadi hehe. Intinya, yang saya ingat, setelah saya mengetahui bahwa belum diterima AdSense, saya mencoba berusaha lagi agar diterima, dengan menambah jumlah artikel yang saya buat. Jadi, pada saat proses review, saya memposting artikel minimal 1 hari satu artikel. Saat pendaftaran kedua ini, kalau tidak salah artikel yang saya posting sudah ada 19 artikel.

Pendaftaran yang Ketiga Kalinya Tidak Di sangka-sangka, ternyata..

Karena di pendaftaran kedua saya masih gagal, sayapun mencoba menulis satu artikel perhari, dan akhirnya sampailah 23 artikel yang tadinya hanya 19 artikel, berarti nambah 4 artikel, kira-kira sekitar 4 hari lah ya setelah kegagalan yang kedua baru saya mendaftar lagi untuk yang ketiga kalinya..

Saya mendaftar pada waktu yang sama seperti sebelumnya, yaitu setelah sholat terawih. Kemudian setelah daftar yang ketiga ini, saya tinggal tidur, bangun-bangun sahur kan, terus abis sahur buka HP, coba ngecek Blog dan ternyata.. sudah ada Iklan AdSense nyaa.

Sumpah kalo baru pertama kali dapet apa yang kita inginkan, pasti lah ya ada kebanggaan tersendiri, saya merasa blog saya sudah kayak blognya para blogger yang sudah profesional pas lihat ada iklan adsensenya gitu wkwkwk padalah mah saya juga masih blogger pemula wkwk

Kesimpulannya

Saat mendaftarkan blog saya ini, Alhamdulillah saya diterima dalam kondisi blog yang tidak memiliki banyak pengunjung (belum ada 100 pengunjung dalam satu hari), artikel ga sampai 50 artikel, bahkan saya ingat betul jika saat itu hanya ada sekitar 23 artikel yang telah saya posting. Dan usia blog sudah lebih dari 6 bulan.

Saya berusaha 1-2 kali mendaftar namun hasilnya adalah ditolak Google AdSense, dan yang ketiga kalinya barulah blog saya diterima oleh Google AdSense.

Untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, diterima GA misalnya, tentu perlu dilakukan usaha-usaha agar keinginan kita bisa tercapai. Namun, kita tidak boleh juga jika hanya mengandalkan usaha, dan melupakan doa. Ya walaupun ada yang bilang kalau Hasil tidak akan pernah menghianati usaha. Akan tetapi, tetap harus kita percayai bahwasannya sebesar apapun usaha yang telah kita lakukan, jika Tuhan tidak meridhoi maka hasil yang kita dapatkan tidak akan maksimal atau bahkan kita tidak mendapatkan hasil.

Oleh karena itu, gunakan setiap waktu-waktu mustajabah untuk berdoa, agar doa yang kita panjatkan bisa lebih mudha untuk diijabah oleh Allah SWT. Ya sama seperti cerita pengalaman saya ini, disamping berusaha saya selalu berdoa dan kebetulan saat itu tepat berada di bulan suci Ramadhan, sehingga lebih mantep doanya, dan lebih mantull hasilnya.

Sekali lagi, perlu juga kita ketahui bahwasannya jangan terlalu berpacu pada artikel orang mengenai tata cara pendaftaran Google AdSense, sebaiknya baca langsung dari panduan Google AdSense atau di Kebijakan Program Google AdSense. Karena di sana akan lebih update dan lebih valid informasi yang kita dapatkan dari sana.

Buat temen-temen yang belum diterima Google AdSense, tetep semangat untuk ngeblog, walaupun sudah semangat ngeblog dari pagi sampe malem, tetp jaga kesehatan, karena percuma saja kalau nanti sudah berpenghasilan tapi uangnya hanya untuk berobat karena sakit-sakitan hehe.. naudzbillah ya.

Jangan lupa juga selalu berdoa dan mintalah kepada Allah, mungkin saja Allah sengaja membuat blogmu selalu ditolak oleh GA, agar kamu mau kembali ingat, bersujud dan berdoa meminta pertolongan kepada-Nya.

Sampai sini cerita mengenai pengalaman pertama saya saat diterima oleh Google AdSense. Semoga bisa memberikan kalian motivasi agar kembali semangat untuk mendaftar ke Google AdSense. Semoga kali ini blogmu bisa mudah diterima oleh GA, aamiin..

Mohon maaf jika ada salah kata, terima kasih...