Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fitur Windows 10 yang Wajib Kamu Ketahui

Tools di Windows 10 yang Wajib Kamu Tau
Gambar diunduh dari pixabay.com
Komputer sudah menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan dan juga pekerjaan. Baik pelajar ataupun pegawai kantoran tentu membutuhkan komputer untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Sistem operasi yang oada umumnya digunakan adalah sistem operasi Windows. Di dalam sistem operasi ini banyak sekali fitur-fitur yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas mereka. Mulai dari yang sering digunakan hingga yang tidak pernah digunakan sekalipun.

Tahukah kamu bahwasannya dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Windows, memungkinkan kamu untuk mempersingkat waktu dalam pengerjaan tugas. Secara sederhana seperti ketika kamu ingin mengkopi semua tulisan dalam satu file

1. Address Toolbar

Sudah pernah mendengar tool ini? Mungkin kamu pernah mendengarnya namun belum pernah menggunakannya bukan?

Tool ini bisa kamu manfaatkan untuk berselancar didunia maya. Layaknya Address bar di sebuah broswer, kamu bisa mengetikkan url ataupun kata kunci untuk memulai berselancar.

Tapi tahukah kamu bahwa selain untuk searching, tool Address Toolbar juga bisa digunakan untuk mencari sebuah folder di dalam File Manager, keren bukan? Caranya pun sangat mudah, tinggal kamu ketikkan alamat foldermu, lalu akan muncul nama file atau folder yang ingin kamu buka. Berikut screenshotnya :
Penampakan Address Toolbar
Address Toolbar
Tip : Setelah menemukan file atau folder yang dicari, tekan enter untuk membuka.

Untuk mengaktifkannya, silahkan lihat gambar berikut :
Mengaktifkan Address Toolbar
Mengaktifkan Address Toolbar

2. Desktop Toolbar

Ternyata, file manager tidak hanya dapat diakses melalui Address Toolbar. Dengan fitur desktop Toolbar kamu juga bisa menjelajah file manager. Berikut screenshotnya :
Desktop Toolbar
Desktop Toolbar
Untuk menggunakan fitur ini, kamu tinggal tekan klik kanan pada tollbar, lalu pilih toolbar dan pilih desktop. Seperti berikut :
Mengaktifkan Desktop Toolbar
Mengaktifkan Desktop Toolbar

3. Short Key untuk Screenshoot

Pada umumnya, pengguna Windows memanfaatkan tombol PrintScreen untuk mengambil tangkapan layar, atau mungkin menggunakan aplikasi bawaan yakni Snipping Tools.

Selain dua cara tersebut, ada juga cara terbaru yang bisa digunakan pengguna Windows untuk mengambil tangkapan layar, yakni dengan cara menekan tombol Windows + Shift + S. Mudah sekali bukan?

Akan tetapi, perlu kamu ketahui juga, bahwa dengan menggunakan kombinasi tombol ini, tangkapan layar yang diambil tidak langsung menjadi file image, melainkan akan disimpan di dalam clipboard.

Jadi untuk mendapatkan file gambarnya, kamu bisa menggunakan editing tool seperti Paint salah satunya.

Namun jika kamu hanya memerlukan tangkapan layar hanya untuk keperluan dipasang di file Mc. Word, maka kamu bisa langsung mem-paste-kannya ke dalam Mc. Word.

Memang sekilas terlihat seperti kegunaan tombol PrintScreen, namun yang membedakan adalah ukuran gambar yang diambil.

Jika kamu menggunakan tombol PrintScreen untuk menangkap layar, maka tangkapan layar yang diambil akan berukuran seukuran layar komputermu, sedangkan jika menggunakan ShortKey Windows+Shift+S, maka kamu bisa bebas menentukan ukuran tangkapan layar yang akan disimpan di clipboard.

4. Short Key pembuat Folder

Kebanyakan orang ketika ingin menyimpan file di dalam sebuah folder, yang mereka lakukan adalah membuat folder baru melalui menu new pada klik kanan.

Sebenarnya ada cara yang lebih simple yang bisa dilakukan, yakni dengan menggunakan short key. Dengan menekan Ctrl + Shift + N, maka pengguna windows dapat membuat folder baru dengan cepat. Coba deh bikin folder baru dengan cara ini!

5. Tekan F2 untuk me-rename

Saat membuat file, mengubah file ataupun mendownload sebuah lagu, biasanya kita perlu untuk mengubah nama file tersebut.

Cara yang sering dilakukan adalah dengan klik kanan pada file yang akan di-rename, lalu akan muncul pilihan untuk me-rename.

Akan tetapi, ada cara yang lebih cepat untuk melakukan rename, yakni dengan cara klik file yang akan di-rename, lalu tekan tombol F2, secara otomatis kamu bisa langsung mengganti nama file atau folder tersebut. Lihat animasi berikut :
F2 for Rename
F2 for Rename

6. Ganti Tab tekan Alt+Tab aja!

Saat kamu sedang membuka banyak tugas di komputermu dan posisimu sedang mengetik, kamu tidak perlu repot-repot mengambil mouse untuk beralih ke tugas yang lain.

Tinggal tekan Alt+Tab untuk beralih ke aplikasi lain dalam satu Window. Lihat gambar ini :
Beralih tugas dengan mudah menggunakan Alt + Tab
Beralih tugas dengan mudah menggunakan Alt + Tab
Tip : Tekan tab untuk next dan Alt+Tab untuk previous.

7. Sembunyikan Tugasmu dengan Cepat

Saat kita mengedit sesuatu atau melakukan hal tertentu yang bersifat rahasia, tentu kita tidak ingin orang lain mengetahui apa yang sedang kita kerjakan saat itu.

Untuk menyembunyikan hal itu dari orang lain, kita bisa menggunakan fitur preview desktop.

Sebenarnya fitur ini digunakan sebagai jalan alternatif menuju desktop, namun windows juga memberikan opsi tambahan berupa menampilkan desktop hanya dengan mengarahkan kursor ke bagian preview desktop. Lebih jelasnya lihat gambar berikut :

Cara cepat menampilkan desktop
Cara cepat menampilkan desktop

Secara default, fitur ini dinonaktifkan. Untuk mengaktifkannya, silahkan menuju ke Taskbar Setting lalu pilih On pada “Use Peek to preview the desktop when you mobe your mouse to the Show desktop button at the end of the taskbar”
Lihat hasilnya!

Itulah 7 tools di Windows 10 yang perlu kamu ketahui untuk mempermudah menyelesaikan tugas-tugasmu. Semoga bermanfaat..