Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Kuota Ruang Guru 30 GB menjadi Kuota Utama Telkomsel

Cara Mengubah Kuota Ruang Guru 30 GB menjadi Kuota Utama Telkomsel
Cara Merubah Kuota Ruang Guru 30 GB Telkomsel menjadi Kuota Utama - Epidemi Corona memberikan dampak buruk yang cukup besar bagi lingkup pendidikan, baik tingkat sekolah maupun perguruan tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan sementara aktivitas akademik selama beberapa waktu kedepan, dengan tujuan agar dapat memutus rantai penyebaran Corona Virus.

Sudah sebaiknya kita untuk mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, dengan demikian tidak menutup kemungkinan akan segera membuat keadaan ini menjadi pulih kembali.

Oleh karena itu, untuk sementara waktu ini, kegiatan belajar mengajar tidak dilaksanakan di dalam kelas, melainkan dilakukan dengan jarak jauh atau e-learning.

Untuk membantu para pelajar Indonesia agar tetap dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran, Ruangguru bekerja sama dengan Telkomsel, dengan membagikan kuota 30 GB dengan biaya sebesar Rp. 0 kepada seluruh pengguna kartu perdana tersebut. Tentu hal ini akan memudahkan para siswa yang ingin mengakses ruangguru, mengingat kuota 30 GB bukanlah nilai yang kecil.

Sayangnya, tidak semua pengguna Telkomsel membutuhkan akses ke Ruangguru, sehingga kuota 30 GB yang diberikan tidak akan terpakai. Seperti halnya seorang mahasiswa, tentu mereka akan melakukan e-learning melalui Sistem Informasi Akademik kampus mereka masing-masing.

Nah, agar kuota 30 GB ini tidak terbuang sia-sia dan bermanfaat untuk temen-temen yang bener-bener membutuhkan, pas banget nih sudah mampir di tulisan ini.

Di dalam tulisan ini, akan saya bahas mengenai cara ngubah 30 GB ruangguru jadi kuota utama, mantap bukan? Ga kebayang loh, kalau kita beli kuota utama 30 GB Telkomsel, udah berapa harganya?

Tapi perlu temen-temen ketahui bahwa tutorial ini saya buat dengan tujuan untuk membantu temen-temen yang bener-bener lagi butuh kuota buat hal-hal yang bermanfaat.
Jadi nanti kalau caranya sudah berhasil jangan dipakai buat yang ngga-ngga yaa!

Akan saya jelaskan dengan 4 cara, sehingga jika cara pertama tidak bekerja, kamu bisa menggunakan cara yang lain. Biar ga semakin penasaran, yuk simak cara-cara berikut untuk memulai!

Cara #1: Tanpa Setting APN (Paling Gampang)

Langkah 1 : Klaim kuota Ruangguru 30 GB Rp. 0 melalui aplikasi My Telkomsel

Untuk dapat mengklaim kuota Ruangguru 30 GB sebsar 0 rupiah, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi MyTelkomsel yang bisa diunduh melalui PlayStore.

Jika sudah terdownload, login ke My Telkomsel dengan nomor ponsel kamu, nanti Telkomsel akan memberikan link verifikasi melalui SMS.

Setelah itu pergi ke Belanja > Internet > Paling Bawah ada kategori Pendidikan > Pilih Bebas Akses Ruangguru 30 GB dengan harga Rp. 0

Langkah 2 : Install aplikasi Psipon Pro

Dalam hal ini, aplikasi Psipon Pro memiliki peranan penting dalam proses mengubah kuota 30 GB Ruangguru menjadi kuota utama. Silahkan kamu unduh aplikasi Psipon melalui PlayStore.

Langkah 3 : Buka aplikasi Psipon Pro

Setelah kamu unduh, silahkan buka aplikasi Psipon Pro, biasanya saat pertama kali membuka aplikasi Psipon Pro, akan ada pertanyaan untuk pengalihan sambungan seluruh perangkat, agar pembahasan ini berhasil silahkan pilih Alihkan Sambungan Seluruh Perangkat. Selain itu setujui jika ada permintaan akses lokasi.
Cara #1: Langkah 3

Langkah 4 : Pilih menu Opsi pada Psipon Pro

Ketika sudah masuk, biasanya Psipon Pro akan langsung berjalan, tapi sebenernya ia berjalan masih belum sesuai keinginan kita. Oleh karena itu, kita perlu masuk ke menu Opsi, lalu centang 2 pilihan yang ada seperti gambar berikut :
Cara #1: Langkah 4

Langkah 5 : Klik tombol Mulai

Setelah selesai sampai langkah ke empat, silahkan klik tombol mulai di bagian bawah. Setelah kamu mengklik tombol mulai, proses akan berjalan, silahkan beralih ke menu Catatan, jika berhasil biasanya terdapat tulisan Terowongan Tersambung, atau buka menu Beranda, jika berhasil maka simbol p yang berwarna merah akan berubah menjadi p yang berwarna biru.

Nah, cukup mudah kan menggunakan Cara #1? Jika berhasil, kamu bisa mengakses Google Classroom, atau Sistem Informasi Akademik kampusmu dengan kuota 30 GB tadi. Tapi pesen saya jangan gunakan untuk hal-hal yang negatif yaa!

Nah jika Cara #1 tidak berhasil, ada Cara #2 yang mungkin bisa menjadi alternatifnya, berikut pembahasan untuk cara #2 :

Cara #2: Dengan Setting APN

Seperti yang saya katakan sebelumnya, cara ini menjadi cara alternatif jika Cara #1 tidak berhasil. Sebenarnya langkah-langkahnya pun hampir sama, hanya saja sebelum kamu menjalankan aplikasi Psipon Pro, kamu perlu membuat APN baru pada settingan kartu Telkomsel mu.
Untuk membuatnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut :
Langkah 1 : Pergi ke Pengaturan
Langkah 2 : Pilih Kartu Dual SIM atau Sejenisnya
Hal ini tergantung dari masing-masing ponsel, dalam kasus ini saya menggunakan ponsel OPPO A5 2020
Langkah 3 : Pilih Info & Pengaturan SIM T-Sel
Langkah 4 : Pilih Nama jalur Akses (APN)
Langkah 5 : Buat APN baru
Saat membuat APN baru, yang perlu di isi adalah hal-hal berikut : Nama : Bebas APN : ruangguru.co.id Nama Pengguna / Username : ruangguru Password : ruangguru
Cara #2
Setelah melakukan langkah di atas, saya harap kamu sudah berhasil mengubah kuota 30 GB akses Ruangguru menjadi kuota reguler. Jika masih tidak bisa, saya tuliskan cara #3 untuk membantumu. Simak cara #3 berikut ini :

Cara #3: Mengubah Sedikit Settingan Psipon + Cara #1

Pada cara ketiga ini, kita akan menggunakan cara #1 dengan menambahkan sedikit langkah. Pada cara pertama kita bisa langsung mengaktifkan Psipon setelah mengklaim kuota 30 GB. Akan tetapi pada cara #3 ini, kita akan sedikit mengubah settingan Psipon Pro sebelum mengaktifkannya. Jadi, sebelum melakukan cara ini, lakukanlah Cara #1, lalu lanjutkan dengan langkah-langkah di bawah sebelum menekan tombol Mulai pada Psipon Pro :
Langkah 1 : Pilih menu Opsi
Langkah 2 : Pada Setelan Proksi, silahkan centang tulisan Sambungkan lewat Proksi HTTP
Langkah 3 : Klik pilihan Header HTTP kustom
Langkah 4 : Centang tulisan Tambahkan header HTTP kustom
Langkah 5 : Isikan Header 1 & Header 2, berikut cara mengisinya :
  1. Header 1
  2. Nama Header : X-online-host | Nilai Header : cdn.ruangguru.com
    Nilai Header 1 yang lainnya :
    1. cdn.ruangguru.com
    2. cdn2.ruangguru.com
    3. belajaronline.ruangguru.com
    4. ruangguru.com
    5. ruangguru.imgix.net
    Nilai ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif jika terjadi kegagalan.
  3. Header 2
  4. Nama Header : x-online-host | Nilai Header : telkomsel.com
    Cara #3: Langkah 5
Langkah 6 : Aktifkan Psipon dengan menekan tombol mulai

Seperti itulah langkah-langkah pada cara ketiga, saya harap sampai sini bisa berhasil.

Namun bagaimana jika belum berhasil?

Tenang, saya juga sudah menyiapkan cara keempat, dalam cara keempat saya juga mencoba dengan memanfaatkan cara kedua dengan menambahkan sedikit langkah. Silahkan baca penjelasannya berikut ini :

Cara #4: Mengubah Sedikit Settingan Psipon + Cara #2

Di cara keempat ini, kita akan mencoba untuk menggunakan cara #2, ditambah dengan mengubah settingan psipon seperti pada cara #3.

Nah itulah 4 cara merubah kuota ruang guru 30 GB menjadi kuota utama, ya jika sudah dibaca memang terlihat seperti hanya ada satu cara, hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada langkah-langkahnya.

Sekali lagi pesan saya, jangan gunakan kuota yang kamu dapat untuk hal-hal yang kurang baik!

Perlu temen-temen ketahui juga, saat sudah berhasil tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan kecepatan akses internet yang kurang cepat, hal ini mungkin dipengaruhi oleh virtual private network atau VPN yang diaktifkan oleh Psipon Pro.

Silahkan lihat bagian update dibawah ini.
Sebelumnya mohon maaf temen-temen, belum bisa bales komentar satu-satu, karena rata-rata pertanyaannya sama. Oleh karena itu artikel ini saya update untuk menjawab pertanyaan dari teman-teman.

Dari beberapa komentar yang masuk, di beberapa wilayah ada yang bisa dan di sebagian wilayah tidak bisa. Memang demikian, setelah saya cek ternyata wilayah saya juga tidak sudah bisa menggunakan cara-cara di atas.

Buat temen-temen yang belum mencoba cara-cara di atas, silahkan dicoba terlebih dahulu barangkali bisa berjalan di wilayah kalian.

Perlu temen-temen ketahui juga, bahwasannya untuk bisa mengaktifkan cara ini, pastikan pulsa yang dimiliki adalah Rp. 0 atau setidaknya tidak lebih dari 5000 rupiah lah, karena sayang jika nanti caranya tidak berhasil malah pulsa temen-temen yang kesedot. Selain pulsa di bawah Rp. 5000, pastikan temen-temen sudah mendapatkan kuota ruang guru 30 GB nya.

Saya sendiri ketika mencoba langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, kondisi pulsa saya juga berada di bawah 5000 rupiah, diatas nol rupiah.

Temen-temen coba saja, barangkali di wilayah temen-temen bisa digunakan.

Sejauh ini belum saya temukan cara terbarunya, silahkan jika temen-temen menemukan cara yang bisa digunakan selain cara-cara di atas, silahkan hubungi saya melalui Telegram di sini.

Semoga bermanfaat, dan terima kasih banyak sudah mampir!
Artikel yang Anda baca diperbarui pada 27 April 2020