Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP dan Laptop 100% Gampang Poll

cara menggunakan zoom meeting

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP dan Laptop - Seperti yang kita rasakan saat ini bahwa pandemi corona masih belum juga terselesaikan. Untuk menghadapi pandemi ini, pemerintah menyelenggarakan berbagai upaya agar dapat mempercepat pemulihan keadaan.

Salah satu langkah yang diterapkan oleh pemerintah adalah WFH atau Work From Home, selain itu para pelajar Indonesia juga wajib belajar di rumah. Dengan demikian, tidak akan ada aktivitas tatap muka secara langsung.

Beruntungnya, banyak sekali start up yang diciptakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di negara ini. Salah satunya adalah Zoom yang dapat membantu pelajar dan karyawan untuk WFH.

Saat ini aplikasi Zoom menjadi penolong karyawan suatu perusahaan dan para pelajar untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Dikutip dari kumparan.com, hal ini dikarenakan Zoom membutuhkan bandwidth yang ringan dan tidak memakan kapasitas memori yang terlalu banyak, baik ketika digunakan di PC atau laptop maupun di smartphone Android atau iPhone.

Yang mengesankan lagi, Zoom dibekali fitur untuk membagi layar yang memuat seluruh peserta hingga 100 orang.

Tidak hanya itu, Zoom juga didukung oleh Google Drive dan DropBox untuk berbagi dokumen.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan presentasi seperti biasanya, hanya saja presentasi dilakukan secara on-line.

Saat presentasi, pengguna dapat membuka power point serta membagikan layar laptop agar dapat dilihat oleh peserta lain.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa pengguna juga dapat mengundang peserta lain menggunakan nomor telepon serta alamat email.

Untuk bisa menggunakan aplikasi Zoom, kamu tidak harus memiliki akun, yang perlu kamu miliki hanyalah tautan undangan atau ID Meeting yang diberikan oleh dosen atau atasanmu.

Biar ngga semakin penasaran, berikut langkah-langkah bagaimana menggunakan aplikasi zoom meeting online baik di laptop ataupun di smartphone yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Laptop

Berikut cara menggunakan aplikasi zoom di laptop yang bisa Anda ikuti:

  1. Kunjungi situs https://zoom.us/join melalui browser seperti Google Chrome
  2. Masukkan ID Meeting yang sudah kalian dapatkan.
  3. Info: Jika yang kamu dapatkan adalah berupa link dan bukan ID Meeting, kamu bisa langsung mengakses link tersebut melalui browser tanpa perlu mengikuti langkah 1 dan 2 ini.
  4. Klik Join Meeting, dan sekarang kamu sudah bisa bergabung dengan teman-temanmu untuk melakukan video conference
  5. Kamu tidak perlu memiliki akun untuk bisa bergabung dalam obrolan video conference. Jika ingin memiliki akun, kamu bisa membuat melalui halaman Register

Berikut tampilan halaman Join Meeting di Zoom:

cara menggunakan zoom meeting

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP Android

Berikut cara menggunakan aplikasi zoom di hp yang bisa Anda ikuti:

  1. Silahkan kamu download aplikasi Zoom di PlayStore
  2. Buka aplikasi Zoom dan klik Join a Meeting
  3. Masukkan ID Meeting yang sudah kamu dapatkan
  4. Penting!
    Matikan Don't Connect To Audio dan Turn Off My Video agar saat Meeting berlangsung kamu bisa menggunakan microphone untuk berbicara dan menggunakan kamera untuk menunjukkan wajahmu.
  5. Sekarang kamu sudah bergabung di dalam obrolan video

Demikian artikel tentang Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Online, semoga cara di atas dapat membantumu untuk tetap produktif saat #dirumahaja.

Mari kita bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap stay di rumah dan produktif sesuai dengan tugas dan kewajiban masing-masing.