Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UPDATE 2020 Cara Terbaru Membuat Blog Gratis dari Blogger

UPDATE 2020 Cara Terbaru Membuat Blog Gratis dari Blogger
UPDATE 2020 Cara Terbaru Membuat Blog Gratis dari Blogger - Secara sederhana, Blog atau Web log merupakan sejenis website yang berguna untuk berbagi sesuatu dalam bentuk tulisan, entah itu catatan harian, tutorial, berita, info menarik, tips dan trik, atau yang lain-lain. Itu semua tergantung pada masing-masing jenis blog.

Dari sumber lain, ada yang mengatakan bahwa Blog adalah website yang berisi konten personal dalam bentuk artikel, atau media lain seperti foto, video, dan link yang mengarah ke website lain yang disediakan oleh pemiliknya. (Sumber : Merriam Webster)

Tidak harus mengeluarkan uang untuk memiliki sebuah Blog, karena ada beberapa layanan yang memungkinkan untuk kita membuat blog secara gratis, seperti Blogger dan juga WordPress
Cara Membuat Blog Gratis dari Blogger

Apa Fungsi dari Blog?

Karena topik dari konten blog sangatlah fleksibel, sehingga tiap blog yang dibuat memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung niche / pembahasannya. Namun, secara umum blog juga berisi artikel seputar informasi-informasi tertentu.
Bisa disebutkan beberapa fungsi dari blog antara lain :
  • Menulis catatan pribadi

  • Ada juga blog yang bersifat personal, yang isinya hanya seputar tulisan-tulisan yang menceritakan keseharian pemilik blog, keluh kesah, curhatan, catatan khusus, dan lain-lain. Core
  • Berbagi tutorial

  • Banyak sekali blog yang dibuat untuk berbagi tutorial, entah itu tutorial seputar Komputer, Android, Gitar, Game, Editing Video, Editing Foto, dan lain-lannya. Biasanya judul konten dari blog tutorial diawali dengan kata "Cara", seperti contoh : "Cara Membuat Akun Google Lengkap Beserta Gambar"
  • Download Aplikasi

  • Ada juga blog yang dikhususkan untuk tempat mendownload aplikasi, entah aplikasi PC atau Mobile, namun yang sering kita jumpai adalah Bagas31, GigaPurbalingga, Kuyhaa, Ipeenk, GetIntoPc, dan masih banyak lagi tentunya.
  • Download Lagu

  • Selain untuk download aplikasi, ada juga yang dikhususkan untuk download lagu, seperti yang sering kita temui adalah UyeShare, StafaBand, dsb.
  • Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi yang lain

  • Karena sifat konten blog yang begitu fleksibel, memungkinkan akan banyak sekali fungsi dari suatu blog, dan sepertinya empat fungsi yang saya sebutkan di atas sudah memberikan gambaran buat temen-temen agar lebih memahami apa itu Blog.

Apa Saja Jenis-jenis Blog?

Sekali lagi, isi konten dari sebuah blog sangat bersifat fleksibel, sehingga tidak ada batasan untuk menulis konten, hal ini yang melatarbelakangi adanya berbagai jenis blog. Ada banyak sekali jenis blog yang sudah dibuat oleh para blogger pemula hingga yang sudah mastah.
Berikut jenis-jenis blog yang perlu kalian ketahui sebelum memulai membuat blog :
  1. Blog Pribadi
  2. Berisi konten-konten yang bersifat pribadi seperti catatan keseharian (diary), curahan hati, menceritakan pengalaman, dan lain-lain. Biasanya blog seperti ini tidak ditujukan untuk mencari uang, walaupun tidak menghasilkan uang tetapi pemilik akan selalu enjoy ngeblog.
  3. Blog Download
  4. Dari namanya saja sudah sangat jelas, bahwa pasti terlintas di fikiran kalian bahwa blog Downlad adalah tempat untuk mendownlad sesuatu, entah itu aplikasi, lagu, film, dan lain-lain. Untuk contoh blog download sendiri, sudah saya sebutkan sebelumnya.
  5. Blog Otoritas (Authority Blogs)
  6. Blog Otoritas dibuat oleh blogger yang memang menyeriusi profesinya sebagai seorang Blogger. Tujuan dari blog seperti ini adalah menjadi tempat untuk mendapatkan informasi yang akurat terkait apa yang dibahasnya, seperti halnya pada blog yang saya kelola ini. Biasanya topik pembahasan yang mengisi blog otoritas sangatlah beragam.
  7. Blog Niche
  8. Berbeda dengan Blog Otoritas, Blog Niche berfokus pada kata kunci tertentu. Misalnya blog yang hanya membahas seputar Blogging, atau hanya membahas seputar AdSense. Biasanya blog seperti ini memprioritaskan pengunjung organik, artinya mereka berusaha agar mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari.
  9. Blog Bisnis (Content Marketing)
  10. Tidak hanya untuk perorangan, blog juga bisa digunakan sebagai bisnis kelompok untuk memperkenalkan produknya ke semua calon konsumen melalui dunia maya, dengan membuat konten yang berisi informasi tentang produk yang mereka jual.

Apakah Bisa Membuat Blog secara Gratis?

Ada blog yang dapat dibuat secara gratis, dan berlaku untuk selamanya, kecuali ada peruabahan kebijakan dari platfrom blog tersebut di masa yang akan datang. Penyedia blog secara gratis ada banyak sekali, namun yang mendominasi adalah Blogger dan Juga WordPress. Dalam tutorial kali ini, saya akan memandu temen-temen untuk membuat blog melalui Blogger.

Bagaimana Langkah-langkah Membuat Blog Di Blogger?

Untuk membuat blog di Blogger, bahan yang kalian butuhkan hanyalah satu, yakni akun Google. Jika kalian masih bingung apa itu akun Google, anggap saja akun G-Mail. Biar lebih jelas, silahkan temen-temen ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai membuat Blog gratis dari Blogger :
  1. Pertama, silahkan kalian masuk ke Halaman Blogger
  2. Kemudian, silahkan kalian masukkan email dan password Akun Google atau G-Mail
  3. Jika kalian belum punya akun Google, silahkan kalian buat akun Google terlebih dahulu.
    Gambar Langkah pertama dan kedua
    Klik untuk memperbesar
  4. Kalian akan diarahkan ke halaman pemilihan profil Blogger, silahkan kalian memberi nama pada Profil Blogger
  5. Catatan :
    Jika masih ada tulisan Alihkan ke Profil Google+, jangan kalian buka, karena Google+ sudah dihapus oleh Google, sehingga kalian sudah tidak bisa menggunakannya lagi
    Baca juga : Alasan kenapa Google+ Dihapus dari Google
  6. Lalu, kalian akan masuk ke dalam Blog baru kalian, silahkan klik tombol Buat Blog Baru
  7. Gambar langkah ketiga dan keempat
  8. Selanjutnya, silahkan kalian memberi nama, url (alamat) blog, serta tema (template) blog kalian
  9. Catatan :
    -Kalian bisa memilih nama dengan sesuka hati, karena tidak ada batasan untuk memberi nama pada blog kalian
    -Alamat blog hanya ditulis awalannya saja, sebagai contoh tulis blogbaru untuk mendapatkan alamat blog blogbaru.blogspot.com
    -Alamat blog bersifat kaku, artinya kalian tidak dapat seeneknya menentukan alamat blog, kalian bisa menentukannya jika alamat blog masih tersedia, jika tidak silahkan cari alamat lain atau menyesuaikan dari saran. (Sama persis saat kalian membuat/memilih alamat email)
    -Jangan lupa untuk memilih tema blog yang sudah disediakan, suatu waktu kalian masih bisa mengganti tema blog
  10. Jika terdpat PopUp dari Google Domains, silahkan pilih Lain Kali!
  11. Gambar langkah kelima dan keenam
  12. Selesai, blog gratis kalian sudah dibuat!

Bagaiman, cukup mudah bukan? Sekarang sudah saatnya kalian untuk memulai menulis artikel pertama kalian. Semakin sering kalian menulis artikel, maka akan semakin tajam kemampuan kalian dalam menulis dan mengolah kata, apalagi kalau temen-temen sudah pandai dalam hal public speaking, saya rasa akan lebih mudah dalam menulis artikel. Selain itu, perlu juga kalian ketahui bahwa ketika kalian sudah mulai serius untuk ngeblog, tidak menutup kemungkinan jika kalian bisa mendapatkan penghasilan dari tulisan-tulisan kalian.
Perlu diinget temen-temen!

Jangan sekali-kali mengcopy paste artikel/karya orang lain, karena sebagai seorang blogger, kita juga harus menumbuhkan budaya untuk menghargai kreativitas orang lain, jika memang kalian sangat membutuhkan karya orang lain, silahkan kalian beri sumber atau referensi dari artikel yang kalian buat dari referensi itu.

Selain itu, mesin pencari seperti Google lebih menyukai situs dengan konten original daripada situs yang berisi konten-konten duplikasi (plagiarism)

Sekian pembahasan mengenai Cara Membuat Blog Gratis dari Blogger, silahkan berkomentar jika dirasa belum jelas

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa
Artikel ini telah diperbaharui pada Rabu, 03 Juni 2020