Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Akun Google Lengkap Beserta Gambar

Sudah Tau Tentang Google?

Google, siapa yang tidak mengenal yang satu ini? Tentu semua orang sudah mengenal apa itu Google, apa kegunaannya, dan apa saja layanannya.

Perusahaan multinasional yang didirikan di California pada 1998, yang beroperasi di seluruh dunia ini, terkenal sebagai mesin pencari nomor satu di dunia.

Hampir semua orang mencari informasi apapun dari mesin pencari Google, entah itu tutorial, resep makanan, bacaan, karya ilmiah, komik, majalah, berita, atau apapun itu.

Cara Buat Akun Google Beserta Gambar

Belum tau apa saja layanan Google?
Baca di sini : Macam-macam layanan Google yang Wajib Kaliah Tau!
Tidak hanya sebagai mesin pencari, banyak sekali produk atau layanan google yang ditawarkan, mulai dari yang paling kita kenal seperti YouTube, G-Mail, Google Play Store dan lain-lain.

Jika kalian ingin tau lebih banyak tentang apa saja layanan Google yang sering dipakai, coba kamu baca artikel tentang Macam-macam Layanan yang Sering Dipakai. Nomor 8 yang bisa kasih kamu penghasilan!

Sedikit mengingatkan temen-temen, bahwa tidak semua layanan Google dapat kita gunakan, karena layanan Google sangat beragam, mulai dari layanan yang bener-bener kita butuhkan setiap hari sampai layanan yang ga mungkin semua orang membutuhkannya.

Nah, di Google juga ada layanan yang memerlukan proses pendaftaran, dan tidak semua orang bisa lolos dalam pendaftaran tersebut.

Selain itu, tidak semua layanan Google dapat kita nikmati dengan mudah, ada banyak layanan yang mengharuskan pengguna untuk membuat akun Google terlebih dahulu.

Layanan Apa yang Mewajibkan User untuk Login?

Banyak sekali layanan menarik dari Google yang mengharuskan usernya untuk login terlebih dahulu, beberapa diantaranya adalah :
  • G-Drive
  • G-Mail
  • G-ClassRoom
  • G-PlayStore
  • Blogger
  • G-Webmaster Tools
  • G-AdSense
Beberapa layanan yang saya sebutkan di atas hanyalah sebagian dari macam-macam layanan Google yang mengharuskan user untuk login, ada juga layanan yang dapat digunakan user dalam kondisi sudah login maupun belum, seperti YouTube, G-Maps, G-Search, dan lain-lain.

Adakah Solusi Agar Bisa Leluasa Menikmati Layanan Google?

Jawabannya adalah tentu ada, dengan membuat akun Google, kita akan dengan mudah untuk mengakses dan menggunakan seluruh layanan Google yang disediakan.
Catatan :
Namun perlu diinget temen-temen, ada layanan yang mengharuskan untuk mendaftar dan melakukan proses seleksi. Seperti yang saya ketahui adalah Google AdSense.

Bagaimana Cara Membuat Akun Google?

Cara membuat akun Google sangat mudah temen-temen, kalian ga perlu pergi ke polres dan ga perlu latihan dan tes seperti halnya membuat SIM hehe (jadi inget saya sampe sekarang belum ngurus SIM😂).

Buat temen-temen yang cari-cari tutorial untuk membuat SIM, oh maaf maksud saya Akun Google, pas banget kalian sudah berada ditengah-tengah artikel ini.

Karena akan saya berikan langkah-langkah membuat Akun Google, Insya Allah mudah buat kalian pahami, karena akan saya sertakan gambar dan juga catatan untuk mempermudah kalian memahami maksud dari langkah ke langkah.

Oke, biar ga semakin penasaran, silahkan kalian simak tutorialnya sebagai berikut :
  1. Pertama, silahkan temen-temen masuk ke https://account.google.com (Setelah masuk, jangan lupa kalian ubah bahasa ke dalam Bahasa Indonesia)
  2. Setelah itu, klik buat Akun dan pilih Untuk diri sendiri (karena dalam tutorial kali ini saya akan mencontohkan hal itu)
  3. Klik buat akun
  4. Lalu, silahkan temen-temen isi Formulir Pendaftaran yang sudah di sediakan oleh Google
  5. Catatan :
    -Saat mengisi email, kalian tidak bisa mengisi sesuka hati, karena belum tentu alamat email yang kalian inginkan masih tersedia. Sebagai solusinya, kalian bisa menambahkan huruf, angka atau titik. Atau solusi yang paling gampang adalah dengan mengikuti saran alamat email dari Google.
    -Begitupun dengan password, kalian bisa mengikuti aturan pemilihan password yang telah tersedia di sana.
  6. Setelah mengisi nomor telepon, selanjutnya temen-temen akan memferifikasi dengan menggunakan nomor telepon.
  7. Mengapa hal ini terjadi?
    Hal ini terjadi karena Google ingin memastikan bahwa kalianlah yang melakukan proses pendaftaran, bukan robot.
    Verifikasi nomor telepon
  8. Lalu, silahkan kalian masukkan kode Verifikasi dari Google yang dikirim melalui SMS dari nomor telephone yang kalian masukkan sebelumnya.
  9. Catatan :
    Biasanya, SMS yang dikirim atas nama Google dengan isi sebagai berikut :
    "G-979xxx adalah kode verifikasi Google Anda."
  10. Silahkan kalian mengisi alamat email pemulihan dan info pribadi.
  11. Catatan :
    Alamat info pemulihan tidak wajib diisi (opsional), sebenarnya hal ini ditujukan agar ketika suatu saat kalian lupa password dan kondisi nomor telp yang terdaftar sudah mati, maka kalian bisa menggunakan alamat email pemulihan untuk mendapatan password baru. Intinya, alamat email pemulihan memberikan keamanan bagi akan yang akan kalian buat.
    Mengisi alamat email pemulihan dan info pribadi
  12. Kemudian, kalian akan diarahkan untuk mengoptimalkan penggunaan nomor telepon.
  13. Catatan :
    Di sini kalian bisa melewatinya, atau memilih opsi yang tersedia, tergantung dari kebutuhan temen-temen. Di sini saya akan memilih opsi Tambahkan nomor telepon saya untuk pengamanan akun saja, karena memang keamanan adalah hal yang terpenting.
  14. Sampai sini, kalian akan disuguhkan Privasi dan Persyaratan dari Google, silahkan temen-temen baca dulu, lalu di bagian paling bawah, jangan lupa temen-temen untuk mencentang Sesekali kirim pengingat tentang setelan ini, hal ini ditujukan barangkali suatu saat temen-temen berkeinginan untuk mengubah setelah default ini.
  15. Catatan :
    Dibagian bawah akan ada sedikit pengaturan privasi akun Google, antara lain :
    a. Aktivitas Web & Aplikasi : Kalian pilih "Simpan Aktivitas Web & Aplikasi saya di Akun Google saya". Hal ini bertujuan agar kalian masih bisa melihat histori penjelajahan kalian walaupun histori di dalam Web Browser sudah dihapus, dengan syarat kalian sedang login Akun Googke saat berjelajah.

    b. Personalisasi Iklan : Kalian pilih "Tampilkan iklan yang dipersonalisasi" agar Google hanya menampilkan iklan berdasarkan aktivitas kalian di layanan Google.

    c. Histori Penelusuran YouTube : Kalian pilih "Simpan Histori Penelusuran YouTube saya di Akun Google saya", agar kalian bisa melihat aktivitas kalian di YouTube.

    d. Histori Tontonan YouTube : Kalian pilih "Simpan Histori Penelusuran YouTube saya di Akun Google saya", agar kalian bisa melihat aktivitas kalian di YouTube.

    e. Histori Lokasi : Kalian pilih "Simpan Histori Lokasi saya di Akun Google saya"

    f. Aktivitas Suara & Audio : Kalian pilih "Simpan Aktivitas Suara & Audio saya di Akun Google"
    Privasi dan Persyaratan Google
  16. Selesai, sekarang kalian sudah masuk ke Halaman Akun Google, artinya Akun Google kalian sudah berhasil di buat!
  17. Halaman akun Google yang berhasil dibuat
    Ingat!
    Pada bagian 8 a-f bersifat opsional, kalian bisa mengaturnya berdasarkan kebutuhan kalian masing-masing.

Selamat, akun Google kalian sudah berhasil dibuat, sekarang sudah saatnya kalian menikmati berbagi layanan Google yang mungkin akan membantu beberapa masalah kalian, entah permasalahan yang ada saat ini ataupun di masa yang akan datang. Akan tetapi apakah sampai sini saja yang harus saya lakukan?

Apa yang Saya Lakukan Selanjutnya?

Setelah kalian sudah memiliki akun Google, kalian dapat mengeksplor produk-produk Google untuk kalian gunakan.

Sebagai contoh, misalnya kalian hobi menulis, maka silahkan kalian menggunakan layanan Google yang bernama Blogger.

Blogger sendiri merupakan layanan hosting web secara gratis, dan untuk kalian yang belum mengerti soal web, gausah khawatir.

Di Blogger kalian dapat mengelola satu atau lebih dari beberapa situs tanpa perlu repot mengkoding dan segala macem.

Selain itu, kalian juga bisa mendalami ilmu ngeblog agar dapat mendapatkan manfaat dari blogging, manfaatnya antara lain adalah :
  • Sebagai media untuk mencatat ilmu, agar tidak lupa dikemudian hari
  • Sebagai media untuk berbagi ilmu kepada orang lain
  • Jika kalian mau serius maka tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog
  • Dan masih banyak lagi tentunya

Tertarik untuk membuat blog dari blogger, tidak perlu lama-lama berfikir, karena dengan blog kalian bisa menuliskan berbagai ilmu yang kalian miliki.

Selain itu, dengan blogger kalian bisa memiliki situs pribadi untuk menuliskan apa saja pengalaman-pengalaman seru yang ingin kalian bagikan kepada orang lain.

Cara membuatnya juga sangat mudah Hanya dengan beberpa langkah Kalian bisa Memiliki Situs Pribadi, hanya dengan bermodalkan akun Google dan sambungan internet tentunya hehe

Sampai sini pembahasan saya mengenai Cara Buat Akun Google Lengkap Beserta Gambar, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan kalian berkomentar

Terimakasih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa...