Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Layanan Google yang Sering Dipakai

Mengenal Google

Google, siapa yang tidak mengenal yang satu ini. Tentu semua orang mengenalnya dan sering menggunakannya, apalagi temen-temen yang masih berusia produktif, pasti hampir setiap hari menggunakan layanan Google, entah untuk searching, mengirim email, ataupun yang lainnya.

Gambar Beberapa Layanan dari Google

Google yang merupakan mesin pencari nomor satu di dunia ini, selain dapat digunakan untuk mencari sesuatu, kalian juga bisa menggunakan layanan-layanan Google yang lain. Tidak mungkin saya sebutkan dan jelaskan tentang semua layanan Google, karena begitu banyaknya jenis layanan Google yang tentu saya sendiri tidak menggunakan semua hehe.

Produk / Layanan apa saja yang ada pada Google?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa layanan Google sangatlah banyak, dan tidak memungkinkan jika satu orang membutuhkan semua layanan tersebut. Meskipun produk Google sangat banyak sekali, dengan senang hati akan saya jelaskan beberapa produk Google yang mungkin akan menambah pengetahuan temen-temen mengenai Google, dan mungkin saja kalian tertarik dengan salah satu layanan Google yang belum kalian ketahui sebelumnya.

Berikut beberapa layanan Google yang perlu kita ketahui :

  1. Google Search

    Siapa yang tidak mengenal Google Search. Mesin pencari terbesar milih Google Inc ini, paling banyak digunakan di dunia maya ini, tercatat sudah sekian ratus juta kueri dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam layanan yang disediakan. Karena banyaknya kueri yang ada, hampir semua yang ingin kita temukan, akan ada di mesin pencari ini daripada mesin pencari yang lain.
  2. Google Mail (G-Mail)

    Google Mail atau G-Mail merupakan produk Google yang melayani untuk pengiriman pesan elektronik. Kalian juga bisa mengirim email dari sini ke email dari produk lan, misalnya Yahoo Mail. Salah satu kelebihan dari mengirim pesan menggunakan email adalah pesan akan tersimpan pada server (cloud computing), sehingga pengguna tidak memerlukan perangkat yang berfungsi untuk menyimpan pesan-pesan yang dikirim/diterima. Dengan demikian tentu akan memudahkan pengguna untuk mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.
  3. Google Maps

    Google Maps merupakan peta sangat lengkap sekali, di sana pengguna dapat mengetahui informasi mengenai jalan mana yang dapat ditempuh dari tempat tertentu ke tempat tujuan, apakah jalan yang akan ditempuh sedang macet atau tidak, berpa kilo jarak yang akan ditempuh pengguna, dan berapa menit waktu yang ditempuh menggunakan kendaraan tertentu, dan masih banyak lagi tentunya. Hampir banyak sekali produk startuo yang membutuhkan bantuan Google Maps, salah satunya adalah ojek online. Dengan bantuan Google Maps, pak supir akan lebih terbantu pekerjaannya karena mendapatkan data dan informasi yang sangat rinci dari lalu lintas yang akan ditempuh.
  4. Google Kelas

    Google Kelas atau yang sering disebut Classroom adalah salah satu produk Google yang sangat bermanfaat, terutama dalam dunia Pendidikan. Saya sendiri, juga menggunakan Google Classroom guna mendapatkan tugas dan juga mengumpulkan tugas. Dengan adanya Google Classroom, dapat digunakan untuk guru mengirimkan materi dan tugas-tugas kepada muridnya tanpa perlu bertatap muka, selain untuk mengirimkan materi dan tugas, pengajar juga dapat berdiskusi dengan murid di dalam Classroom.
    Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mencoba Classroom?
  5. Google Drive

    Selain Google Classroom, satu lagi produk Google yang terkenal di dunia Pendidikan, yakni Google Drive. Dengan Google Drive, pelajar dapat menyimpan materi-materi yang didapat ke dalam G-Drive. Selain itu, didunia kepanitiaan, seringkali memanfaatkan G-Drive sebagai layanan untuk berbagi file organisasi seperti berbagi foto dokumentasi suatu acara. Tentu akan tidak efisien jika mengirim gambar dokumentasi acara satu demi satu, akan sangat efektif jika diupload ke dalam G-Drive, lalu membagikan link dokumen kepada orang-orang yang memerlukan.
  6. YouTube

    Temen-temen ada yang tidak mengenal YouTube? Tentu itu adalah hal yang mustahil, karena dari sinilah temen-temen mendapatkan berbagai berita viral. Selain itu, anak-anak di bawah umur pun ketika diberikan sebuah Gadged, kemungkinan besar pertama kali mereka menggunakan internet adalah hanya untuk mengakses YouTube. Tidak heran, jika ada beberapa operator seluler yang memberikan penawaran paket unlimited YouTube. Karena begitu banyak manusia yang mencari sesuatu melalui YouTube, selain melalui mesin pencari Google.
  7. Blogger

    Mungkin tidak semua dari kalian yang membaca artikel ini, mengenal Blogger. Perlu kalian ketahui bahwa Blogger adalah layanan gratis dari Google untuk memberikan ruang bagi umat manusia untuk membagikan pengetahuannya, pengalamannya, dan masih banyak lagi. Seperti halnya tulisan yang kalian baca ini, saya menulisnya menggunakan layanan Blogger. Disamping orang-orang yang berbagi ilmu melalui Blogger, terkadang ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan Blogger untuk melakukan penipuan, dengan mengatasnamakan brand-brand ternama mereka dengan senangnya melakukan hal itu tanpa rasa bersalah. Mungkin seringkali kita menerima SMS dari orang yang tidak dikenal, kemudian mengirimkan pesan sebagai berikut :
    Selamat! Anda mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 200jt rupiah. Silahkan masukkan PIN Anda melalui situs resmi PT. Telkompal di https://telkompal404.blogspot.com. Hati-hati terhadap penipuan, jangan bagikan PIN Anda kepada siapapun. CS : 123.

    Baca juga : Cara Mengetahui Undian Asli atau Tidak
    Note :
    Di atas adalah hanya contoh pesan penipuan.
    Jika kita seorang blogger, tentu tanpa dikasih tau kita akan mengerti jika itu adalah penipuan. Sebab dari URL situsnya saja sudah terlihat menggunakan domain gratisan berupa .blogspot.com. Oleh karena itu, kita memang harus berhati-hati dengan hal seperti ini.
  8. Google AdSense

    Mungkin masih banyak orang-orang yang belum mengenal Google AdSense, barangkali termasuk temen-temen yang sedang membaca artikel ini hehe.
    Hal ini dikarenakan tidak semua orang membutuhkan Google AdSense dan juga tidak semua orang dapat menggunakan layanan ini. Biasanya, dalam penggunaan Google AdSense akan diintegrasikan dengan Blogger atau YouTube, mungkin sampai sini sudah ada hal yang terlintas di dalam benak kalian. Iya memang betul, Google AdSense ini akan memberikan penghasilan kepada Blogger dan YouTuber yang aktif membuat konten, dan tidak sembarang Blogger dan YouTuber yang bisa menggunakan layanan ini, sebab mereka harus mendaftar terlebih dahulu sebelumnya, dan ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi agar mereka dapat diterima oleh Google AdSense.
    Lalu, jika kita sudah diterima AdSense, apa yang perlu kita lakukan agar mendapatkan penghasilan?
    Yang perlu dilakukan adalah membuat konten yang cukup baik dan benar, dan meletakkan iklan di dalam konten yang telah dibuat.
    Yaaa, intinya Google AdSense ini merupakan salah satu alat untuk seseorang bisa mendapatkan penghasilan dari dunia maya.
  9. Google AdMob

    Tidak jauh berbeda dengan AdSense, Google AdMob ini juga berguna untuk seseorang mendapatkan penghasilan, dengan cara memasangakn iklan pada Aplikasi yang mereka miliki.
  10. Google AdWords

    Google AdWords atau yang seringkali disebut sebagai Google Ads ini, merupakan tempat dimana para publisher AdSense dapat mempublikasikan iklan di konten mereka. Sederhananya, orang lain yang memasang iklan mereka ke Google Ads, maka akan dipublis oleh publisher Google AdSense.
  11. Google Webmaster Tools

    Sekali lagi, ada layanan Google yang tidak semua orang membutuhkannya, seperti halnya Google Webmaster Tools ini. Google Webmaster Tools sering disebut sebagai GWT memiliki nama lan yakni Google Search Console atau GSC. Siapakah yang menggunakan layanan ini? Orang-orang yang menggunakan layanan Search Console adalah para webmaster seperti Blogger contohnya. Search Console ini memiliki fungsi utama yaitu mengoptimalkan website dalam hasil penelusuran mesin pencari, ilmu ini bisa dipelajari lebih dalam yang disebut sebagai SEO (Search Engine Optimization). Mengapa webmaster memerlukan SEO? SEO sangat berpengaruh terhadap ranking dari suatu website, sederhananya ketika website sudah memiliki peringkat yang baik, maka website itu akan memiliki banyak pengunjung karena mudah ditemukan di dalam mesin pencari Google.

Lalu, Layanan Google yang sering digunakan kebanyakan orang?

Tentu temen-temen bisa menebak layanan apa saja yang sering kali di gunakan oleh manusia.
Layanan yang sering digunakan antara lain :
  • Google Search

    Kalian sendiri juga pasti selalu menggunakan layanan ini ketika ingin mencari sesuatu. Yap, layanan ini biasanya dijadikan sebagai mesin telusur default pada beberapa Browser sepeti Google Chrome ataupun Mozile Firefox
  • YouTube

    YouTube, tanpa saya deskripsikan kalian sudah mengeti, dan layanan ini yang menyediakan berbagai video yang bisa kalian cari.
  • G-Maps

    Layanan untuk menelusuri lalu lintas. Mungkin tidak perlu saya jelaskan lagi karena sudah saya jelaskan di atas.
  • G-Mail

    Layanan untuk mengirimkan pesan elektronik.
  • G-Drive

    Layanan yang digunakan untuk menyimpan data secara online menggunakan teknologi Cloud Computing atau Komputasi Awan. Di mana pengguna tidak memerlukan disk untuk menyimpan beberapa file.
  • Google Play Store

    Google Play Store sering disebut sebagai Google Play. Ga salah lagi kalau kalian sudah mengenal yang satu ini. Kalian yang sehari-hari suka ngegame ataupun chattingan dengan menggunakan Smartphone berbasis Android, tentu kalian mendapatkan itu semua dengan mengunduh file-file dari Google Play Store. Selain berguna untuk mendownload aplikasi Android, di sana juga bisa membeli buku, majalah, film dan lain lain. Tidak semua produk di dalam Google Play bisa didapatkan secara gratis, ada sebagian yang membutuhkan uang untuk membelinya, kalian bisa membeli voucher Google Play sebelumnya.

Apakah ada layanan Google yang dihapus?

Jawabanya adalah ada, seperti salah satunya adalah Google Plus versi konsumen (Google+ atau G+).
Siapa sangka jika Jejaring Sosial Google ini dihapuskan dan penghapusan Google Plus sendiri sudah secara resmi diumumkan oleh Google sejak bulan Desember tahun 2018. Hal ini dilakukan oleh Google karena beberapa alasan, diantaranya yang saya baca adalah karena bug yang menyebabkan Google+ API tidak berfungsi dengan semestinya. Dan pernah saya baca bahwa pengguna Google+ juga tidak banyak.
Menurut saya sendiri, ini adalah cara yang tepat untuk Google menyikapi kondisi yang terjadi, dan cara Google untuk menghapus G+ versi konsumen juga sangat halus, dengan memulai pengumuman di bulan Desember hingga menindaklanjutinya sampai April 2019.
Bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? Tulis dikomentar ya!


Itu tadi beberapa layanan Google yang mungkin belum kalian ketahui dan beberapa layanan Google yang sudah sangat banyak dipakai oleh orang-orang di dunia maya.
Jangan dibaca sampai sini aja, jika kalian masih belum mempunya akun Google, tunggu apa lagi? Silahkan kalian membuat akun Google sekarang, dan nikmati berbagai layanan Google yang dapat membantu berbagai permasalahnmu.

Belum tau cara membuat akun google?
Silahkan baca di artikel berikut : Hanya Dengan Beberapa Langkah, Kamu Langsung Bisa Memiliki Akun Google!

Sampai sini artikel mengenai Macam-macam Akun Google, jangan ragu-ragu untuk menuliskan komentar kalian

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa..