Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Proteksi File PDF Agar Bisa Di Copy Paste/Di Print

Cara Mengcopy Isi PDF yang Di Kunci
Cara Mengcopy Isi PDF yang Di Kunci - Secara sederhana, PDF adalah sebuah format berkas yang dibentuk untuk mempermudah berbagi dokumen digital. Seperti layaknya Microsoft Word (file berformat .docx), isi dari file .pdf biasanya berupa naskah, gambar, grafik, tabel, dan lain-lainnya. Perbedaan dari keduanya hanya terletak pada format dan juga cara mengedit isinya. File dengan format .pdf tidak bisa di edit dengan satu langkah saja, karena ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk mengeditnya, dengan mengconvertnya menjadi file .docx terlebih dahulu, barulah kamu bisa mengedit file pdf tersebut.

Untuk mengubah file .pdf menjadi file .docx tentu tidak semudah mengubah file .docx menjadi .pdf. Kamu membutuhkan tools seperti software atau web tools untuk melakukan hal tersebut. Sedangkan untuk mengubah file .docx ke .pdf, tinggal save as saja menjadi PDF melalui aplikasi Microsoft Word.

File PDF ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai file alternatif ketika Smartphone kamu tidak mendukung file Microsoft Word (.docx). Pada umumnya Smartphone akan support dengan file PDF. Bahkan tidak hanya smartphone, di komputer pun, file PDF juga pasti akan support. Walaupun komputermu tidak memiliki aplikasi untuk membuka PDF, kamu masih bisa membuka file ini dengan menggunakan Web Browes (seperti Google Chrome, Mozila, Safari, dsb). Berbeda dengan file Mc. Word, yang tidak bisa dibuka melalui Web Browser.

Dengan alasan untuk melindungi hak cipta, kadangkala pembuat dokumen sengaja memproteksi isi dokumennya Dampaknya adalah pengguna hanya bisa membaca isi dokumen tersebut, tanpa bisa melakukan copy paste, dan kadang juga tidak bisa melakukan pencetakan terhadap file yang diproteksi tersebut. Tentu hal ini akan membatasi pengguna untuk melakukan sesuatu terhadap isi file tersebut, mungkin untuk mengutip, ataupun mencetak sebagian isi file demi keperluan tugas kuliah misalnya.

Selain tidak bisa dicopy paste, tanda-tanda yang bisa dilihat dengan jelas yang menunjukkan file pdf diproteksi adalah dengan adanya tulisan (SECURED) pada file PDF ketika kamu membukanya. Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri.

Memang hal ini akan menyulitkan pengguna, akan tetapi bersyukurlah kita sekarang masih diberi kesempatan untuk hidup di zaman yang serba canggih dan serba mudah. Walaupun pembuat mengamankan file PDF nya dan menonakttifkan fitur copy paste serta print out, bukan berarti hal ini akan membuat kamu tidak bisa melakukan copy dan print.

Ada beberapa cara yang bisa kita ikuti untuk membuka pengaman pada file pdf yang diproteksi, walaupun kita tidak mengetahui kata kunci/sandi pengaman tersebut. Sebagai informasi, sebenarnya pembuat memberikan pengaman dengan memasukkan kata sandi, dan ketika kita mengetahui kata sandi itu, maka kita bisa mengaktifkan kembali fitur copas dan print outnya. Akan tetapi tentu tidak mungkin jika pembuat file pdf membagikan kata sandinya. Namun tidak perlu khawatir, kamu beruntung sudah membaca artikel ini, karena akan saya bagikan bagaimana cara membuka proteksi pada file PDF yang telah diamankan.

Sebelum memasuki pembahasn inti, perlu saya sampaikan bahwasannya untuk melindungi hak cipta, silahkan kamu menghargai karya orang lain, jangan asal copy paste tanpa menyertakan sumbernya. Dengan diproteksinya file pdf oleh si pembuat, itu merupakan pesan yang tersirat yang berbunyi bahwa "Jangan Menduplikat dan/atau Menyebar Luaskan Isi dari Dokumen ini tanpa izin dari pemilik!". Oleh karena itu, bagaimanapun caramu untuk mengcopy paste karya orang lain, tetaplah untuk selalu mencantumkan sumber dari apa yang kamu jiplak.

Cara Membuka Enskripsi File PDF Agar Bisa Di Copy Paste/Di Print

Walaupun pembuat file dokumen telah membatasi pengguna dengan menutup fitur copy paste dan juga print out dengan alasan hak cipta, kamu masih bisa mengaktifkan kembali fitur-fitur tersebut, asalkan dengan satu syarat, tetaplah mencantumkan sumbernya setiap menulis cuplikan dari karya orang lain.

Untuk membuka pengaman file pdf, cukup mudah. Di tutorial ini kita ga akan menggunakan software, jadi kamu tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi, karena kita akan membuka pengaman file pdf melalui situs layanan online yang menyediakan fasilitas untuk membuka pengaman atau proteksi dari file pdf.

Ada beberapa situs yang bisa kita gunakan, mari kita simak langkah-langkahnya berdasarkan situs-situs di bawah ini :

#Cara ke-01: Menggunakan Situs www.unlock-pdf.com

Cara pertama yang bisa kita pakai adalah dengan memanfaatkan situs www.unlock-pdf.com, di situs ini kamu bisa menggunakan layanannya secara gratis. Situs ini memang dibentuk secara khusus untuk membantu usernya dalam membuka proteksi file PDF. Tampilan situs ini sangat sederhana, fast lading dan tentunya user friendly, jadi sebenarnya tanpa saya jelaskanpun, kamu pasti bisa menggunakan situs ini dengan mudah. Akan tetapi kurang afdol jika tidak saya jelaskan sekalian langkah-langkahnya, ibarat peribahasa "Kalo sudah basah kenapa ga mandi sekalian". Betul?

Lanjut, berikut langkah-langkah membuka enkripsi file PDF dengan situs https://www.unlock-pdf.com.

1.Pertama, buka situs https://www.unlock-pdf.com/, kalian akan masuk ke web dengan tampilan kurang lebih seperti gambar berikut.
Cara Mengcopy Isi PDF yang Di Kunci

2. Silahkan upload file PDF yang diproteksi, bisa dengan cara Drag and Drop seperti contoh di atas, atau secara manual dengan klik tombol Pilih File

3. Kemudian silahkan klik tombol Unlock File

4. Secara otomatis file akan terdownload dalam keadaan sudah di unlock.

Perlu kamu ketahui bahwa ketika file hasil unlock kamu buka, tetap akan muncul kata (SECURED) di belakang nama filenya. Akan tetapi hal ini tidak menjadi masalah lagi, karena kamu sekarang sudah bisa melakukan salin teks dan juga print out dokumen.


#Cara ke-02: Menggunakan Situs Smallpdf

Cara yang kedua adalah menggunakan bantuan dari layanan yang dimiliki situs Smallpdf. Tidak jauh berbeda dengan cara nomor satu, kamu tinggal melakukan Drag and Drop file, bisa langsung membuka pengaman file PDF mu tanpa ribet. Sebenanya situs ini juga memiliki banyak fasilitas, tidak hanya membuka file PDF, namun bisa juga mengunci File PDF secara online juga.

Berikut langkah-langkah membuka proteksi file pdf dengan situs Soda PDF On-Line.

1. Silahkan kamu buka alamat berikut https://smallpdf.com/id/buka-kunci-pdf

2. Upload file PDF yang terproteksi dengan Drag and Drop atau klik Pilih File

Cara Mengcopy Isi PDF yang Di Kunci

3. Tunggu Proses Upload

4. Centang tulisan "Saya bersumpah bahwa saya memiliki hak untuk mengedit file dan menghapus proteksinya."
Karena pentingnya hak cipta membuat situs Smallpdf meminta user untuk mencentang kalimat tersebut, sebagai pengingat sekali lagi karena pentingnya hak cipta, silahkan tidak menyalahgunakan karya orang lain dan tetap mencantumkan sumbernya saat mengambil cuplikan dari karya orang lain.

5. Lalu klik Buka Kunci PDF

6. Setelah itu akan ada pemberitahuan bahwa proteksi berhasil di hapus, dan klik Unduh File

Cara Mengcopy Isi PDF yang Di Kunci

7. Selesai, file siap digunakan.


Kesimpulan

Untuk membuka proteksi dari file pdf, kita bisa menggunakan layanan online seperti situs-situs yang telah di sebutkan di atas. Hal ini akan berfungsi untuk mengaktifkan kembali fitur copy paste dan print out. Setelah file pdf sudah terbuka ptoteksinya, file langsung siap digunakan. Akan tetapi, jadilah pengguna yang bijak. Gunakan file dokumen karya orang lain dengan sebijak mungkin, jangan menyebar luaskan ataupun menggunakannya secara sembarangan. Mengingat yang melatar belakangi pemroktesian file PDF adalah karena perlindungan hak cipta.

Jika kamu adalah penulis dan sering membagikan hasil karyamu dalam bantuk PDF, jangan lupa untuk mengunci/memproteksinya sebagai tanda untuk perlindungan hak cipta, tidak banyak juga orang-orang di luar sana yang mengetahui cara membuka file PDF yang terproteksi. Lebih lengkapnya silahkan baca Cara Mengunci File Pdf Paling Ampuh Agar Tidak Bisa Di Copy dan Print.

Sedangkan jika kamu seorang penulis artikel blog, silahkan kamu proteksi artikelmu dengan mengaktifkan fitur anti copy paste, agar artikel mu tidak dicuri oleh orang lain. Dengan demikian tentu juga untuk menghindari terjadinya duplikat konten. Berikut lebih lengkapnya, bisa kamu baca di artikel yang satu ini Cara Agar Blog Tidak Bisa di Copy Paste.

Sampai sini penjelasan mengenai Cara Membuka ProteksiFile PDF Agar Bisa Di Copy Paste/Di Print, semoga bisa bermanfaat.