Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Kevin Blog dengan Desain Baru, Vio Magz by Mas Sugeng

ide kevin blog

Akhirnya setelah sekian lama bergonta-ganti template, Ide Kevin Blog sudah berhasil memutuskan untuk menggunakan template Vio Magz karya dari mas Sugeng.

Saat pertama kali ngeblog, desain yang digunakan Ide Kevin Blog memang masih menggunakan desain bawaan blogger alias desain defaultnya.

Saya ingat pertama kali membuat blog ini, saya menggunakan template PT. Keren Sekali yang 100% bawaan blogger. Alasan saya langsung memilih template tersebut adalah karena dari namanya saja sudah keren hehe tapi menurut saya pribadi tampilannya pun tidak jauh keren dari namanya.

Tidak berhenti di template PT. Keren Sekali, namun saya juga sempat mencoba template default lainnya, akan tetapi alih-alih juga kembali ke template semula.

Setelah benar-benar fix untuk memilih template PT. Keren Sekali pada Ide Kevin blog, saya mencoba untuk mendesain tampilan blog saya, emm lebih tepatnya mempercantik sih karena saat itu juga masih belum kenal yang namanya koding, belum kenal yang namanya HTML apalagi CSS.

Walaupun belum mengenal HTML dan CSS, tetap saja saat mempercantik blog saya menggunakan bahasa pemrograman tersebut, dan sepertinya juga menggunakan Java Script.

Saya mempercantik blog diawali dengan mengenal widget blog, kemudian menambahkan widget yang tidak tersedia dari widget bawaan blogger, oh iya lupa mau jelasin, di sini saya menggunakan blogger bukan wordpress.

Widget-widget yang saya pasang dulu seperti pemutar musik, fanspage Facebook, CCTV ya walaupun bukan cctv beneran sih cuman gambar aja..  dan seinget saya waktu itu ada 2 model widget cctv yang bisa dipasang di pojok kanan atas viewport, jadi seolah-olah pengunjung blog diawasi oleh cctv yang ada wkkw

Selain widget tersebut, yang saya ingat adalah saya menambahkan widget jam garuda untuk blog. Sebaga blogger Indonesia tentu bangga dong bisa menulis ilmunya dan berbagi bersama dengan semua pembaca. Oh iya, barangkali kamu pengen tau wujud jam garudanya bisa baca artikel tentang Script Jam Garuda untuk Blog ya..

Kembali lagi ke topik utama yuk, mengenai template Ide Kevin Blog.

Setelah beberapa waktu berkecimpung di dunia blogging, saya mulai mengenal template yang sebelumnya saya hanya mengenal widget saja.

Awalnya saya takut untuk merubah template, takutnya nanti jika terdapat error dan blog saya ga bisa dibuka.

Mungkin jika sekarang saya gonta ganti template, yang saya takutkan bukan takut karena blog gabisa dibuka, tapi takut jika akan berpengaruh pada SEO blog.

Tapi berhubung di Google banyak sekali tutorial untuk mengganti template blog bagi pemula, alhasil saya memberanikan diri dan mencoba untuk mengganti template Ide Kevin Blog untuk yang pertama kalinya menggunakan template bukan bawaan blogger.

Jujus saya sendiri sebagai pemilik blog juga lupa, template apa yang pertama kali saya gunakan selain bawaan blogger. Akan tetapi yang jelas bukan dari Arlina Design dan juga mas Sugeng.

Singkat cerita, setelah beberapa waktu saya mengganti template berulang kali karena dulu saya masih fokus desain bukan SEO.

Saya juga sempat menggunakan template karya Arlina Design, kala itu saya menggunakan template Vienna Lite 2, di situlah awal saya mendaftarkan akun AdSense dan Alhamdulillah diterima dengan kondisi menggunakan template tersebut.

Bukannya promosi template, tapi saya hanya bercerita saja hehe

Selain Vienna Lite, saya juga pernah menggunakan template Simplify yang simple dan fast loading, oleh karena itu saya memilih menggunakannya.

Setelah sekian lama ngeblog, sudah mengenal Lalu Lintas Organik, Template, Serp, Seo (ya walaupun belum mengenal lebih dalam), akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan template karya mas Sugeng, yakni Vio Magz.

Akan tetapi setelah beberapa waktu saya menggunakannya, ternyata ada beberapa hal yang membuat saya sadar bahwa saya tidak bisa mengedit template Vio Magz ini. Yaa mungkin karena gratisan ya sehingga susah untuk di edit, apalagi dasarannya saya juga belum punya cukup ilmu mengenai edit template blog atau web.

Saya menyadari itu saat saya mencoba untuk mengatur agar iklan AdSense hanya tampil di tampilan Desktop saja dan tidak akan terlihat di tampilan versi seluler atau mobile.

Akan tetapi sudah beberapa cara saya lakukan, tetap saja tidak berhasil.. :"

Dan sebenarnya tidak hanya template Vio Magz versi gratis ini, akan tetapi template versi gratis lainnya juga pasti memiliki kekurangan. Seperti terdapat kredit link di bagian bawahnya dan sebagainya.

Di situlah saya menyadari, ternyata sebenarnya ada alasan kenapa orang-orang yang bisa membuat template berlomba-lomba untuk menyebarkan karya mereka secara cuma-cuma.

Bisa jadi dengan tersebarnya template gratisan mereka serta jika banyak yang menggunakan, maka :

  1. Backlink yang mengarah ke website mereka akan semakin banyak, hal ini dapat kita temukan pada kredit link di bagian bawah template.
  2. Dengan banyaknya pengunjung, maka pemilik template dapat memonitize blog mereka.
  3. Dan yang terakhir, tentunya template yang dibagikan secara gratis akan mengundang calon pembeli untuk membeli template yang versi premium.

Oleh karen itu, pasti ada batasan fitur pada template gratisan yang kita gunakan selama ini.

Akan tetapi tentu kita juga harus berterima kasih kepada pemilik template yang sudah mau membagikan templatenya secara cuma-cuma. Karena yang saya tau untuk membuat template blog tidak cukup membutuhkan waktu hanya sehari saja.

Dengan adanya template gratisan ini, setidaknya desain blog kita akan lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya.

Seperti halnya desain Ide Kevin Blog yang saat ini menggunakan template Vio Magz karya mas Sugeng, tentu menurut saya desain ini sangat menarik, fast loading, dan user friendly tentunya.

Apalagi di bagian atas terdapat menu sticky, sticy maksudnya jika di halaman di scroll ke bawah maka menu tidak akan hilang dan melayang di atas.

Tidak hanya menu yang sticy, namun juga disediakan fitur sticy widget di mana sangat bermanfaat sekali untuk pemasangan iklan, jadi ketika halaman di scroll ke bawah maka iklan yang terpasang di sticy widget tidak akan ikut ke scroll, melainkan akan tetap stay di tempat dan seperti melayang.

Untuk keamanannya, setelah saya audit Ide Kevin Blog dengan situs seoptimer.com, ternyata tingkat keamanan adalah sangat baik dengan nilai 100. Akan tetapi untuk SEO masih C, maklum karena template gratisan. Akan tetapi dengan adanya usaha dari kita untuk meningkatkan seo blog, percayalah dari nilai C itu bisa ditingkatkan menjadi B bahkan A, tergantung kita sendiri sebenarnya.

Yang saya ketahui, memang faktor nilai Seo dari suatu blog tidak hanya dilihat dari segi tampilan webnya saha, namun juga dari beberapa faktor seperti tag dalam templatenya, kata kunci artikelnya, panjang artikelnya, pageranknya, dan masih banyak lagi tentunya. Jika ingin lebih mengenal Seo lebih dalam, kamu bisa membaca artikel seputar seo di internet, banyak sekali orang-orang yang menuliskan artikel mengenai seo ini.

Maaf jadi bahas kemana-mana hehe.. tapi ndakpapa lah sambil berbagi ilmu kan ya? hehe

Alasan saya menggunakan template ini adalah desainnya yang sangat menarik, banyak orang yang menggunakan, namun saya rasa orang lan menggunakan yang versi premium, hanya saja saya yang masih setia menggunakan template ini yang versi gratisan hehe

Tidak hanya yang saya sebutkan di atas, ada lagi yang membuat saya betah adalah tampilan menu tata letak yang didesain rapi sekali dan memudahkan saya untuk menempatkan iklan di tengah artikel blog dan memaang iklan sticky.

Template Vio Magz yang digunakan Ide Kevin Blog ini juga merupakan template yang responsive, sehingga tentunya mobile-friendly banget, jadi enak dibaca saat diakses menggunakan ponsel atau smartphone

Saya tidak berhenti di sini saja, tidak akan hanya menggunakan template vio magz karya mas sugeng saja, tapi saya akan memaksimalkan penggunaannya untuk meningkatkan seo yang ada pada blog saya ini..

Baiklah, mungkin itu aja yang bisa saya tulis, sedikit cerita tentang tema baru Ide Kevin Blog. Semoga kamu semakin nyaman dan kerasan untuk membaca artikel di blog ini..

Ingin ganti template juga? Segera tentukan pilihanmu dan maksimalkan template yang kamu miliki untuk menarik banyak pengunjung ke blogmu..