Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Verifikasi Identitas Google AdSense dengan KTP

Pengalaman Memverifikasi Identitas Google AdSense dengan KTP
Pengalaman Verifikasi Identitas Google AdSense dengan KTP - Pada artikel ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saat memverifikasi identitas Google AdSense dengan KTP.

Temen-temen blogger yang membaca artikel ini mungkin akan atau bahkan sedang mengalami hal yang sama yakni diminta Google AdSense untuk memverifikasi identitas.

Saya sendiri mengalami hal ini ketika pendapatan AdSense saya sudah bertambah setiap hari, yang awalnya pasif hanya mendapatkan pendapatan kurang dari sepuluh ribu rupiah, sekarang sudah bisa lebih. Nah sejak saat itulah muncul notifikasi untuk memverifikasi identitas.

Saya tidak ingat pasti tanggal berapa notifikasi ini muncul di beranda AdSense saya, seingat saya notifikasi ini muncul ketika ambang pembayaran AdSense saya sudah mencapai 10% dan bahkan sepertinya sudah lebih dari itu.

Setelah beberapa hari dan saya ceritakan kepada ibu saya, beliau meminta agar saya segera melakukan verifikasi tersebut, intinya jangan di remehkan pemberitahuan yang diberikan oleh Google AdSense ini.

Keesokan harinya saya berniat untuk memverifikasi identitas google AdSense, alhasil saya melakukan verifikasi identitas Google AdSense pada tanggal 18 April 2020 sekitar pukul 12:00 siang.

Dalam notifikasi yang ada di beranda AdSense saya, AdSense meminta agar saya segera memverifikasi identitas. Kurang lebih seperti ini notifikasinya :

Pembayaran Anda saat ini sedang ditangguhkan. Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran. AKSI

Notifikasi ini akan muncul setiap kali membuka akun AdSense, hampir tiga hari saya biarkan saja karena saya anggap remeh dalam proses penyelesaiannya.

Dan ternyata untuk memverifikasi identitas diperlukan waktu beberapa hari..

Saya kira hanya beberapa menit sudah beres.. ternyata membutuhkan beberapa hari untuk ditinjau oleh Tim Google AdSense..

"Wah ternyata ribet juga ya mas?"

"Situs yang mau daftar AdSense perlu ditinjau, udah diterima masih ada peninjauan lagi.. huft.."

Eits.. tapi jangan salah, tidak hanya memverifikasi identitas saja, nanti juga masih ada penambahakn metode pembayaran, di mana jika kamu ingin mencairkan pembayaran melalui Bank, maka kamu juga diminta untuk memverifikasi rekening bank yang kamu daftarkan.

"Kok ribet banget sih mas?"

Tentu hal ini didasari oleh keamanan, Tim Google AdSense ingin menjaga keamanan semua penggunanya, apalagi keamanan akun AdSense yang jelas-jelas isinya cuan (uang).

Siapa coba yang gamau cuan di dunia ini?..

Kamu daftar AdSense karena uang kan?..

Nah, oleh karena itu, kemungkinan Tim Google AdSense tidak ingin jika ada orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan AdSense mu, atau orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat akun AdSense sebanyak-banyaknya tanpa identitas yang jelas..

Karena yang saya tau dari pengalaman teman-teman saya, ada juga pemain AdSense yang nakal, mereka bisa mengambil pendapatan dari iklan milik website lain..

Bayangkan jika ada banyak orang yang melakukan hal ini, dan masing-masing dari mereka memiliki akun lebih dari satu, bisa-bisa AdSense mengalami kerugian bukan?

Oleh karena itu, verifikasi seperti ini sangatlah penting untuk dilakukan..

Dan janganlah sobat mengeluh jika mengalami hambatan untuk mendapatkan pundi-pundi dolar dari internet seperti AdSense ini..

Saya sendiri bisa sampai sini juga membutuhkan waktu bertahun-tahun..

Jadi sudah patut disyukuri sobat sudah bisa sampai tahap diterima Google AdSense walaupun pada saat mencari pundi-pundi dolar AdSense masih banyak hambatan..

Proses Verifikasi Identitas Google AdSense dengan KTP

Dan pada siang hari ini (18 April 2020), saya mencoba untuk memverifikasi identitas Google AdSense menggunakan KTP.

Sebenarnya tidak harus menggunakan KTP, Google AdSense memberikan beberapa pilihan antara lain verifikasi identitas dengan menggunakan KTP, SIM ataupun Paspor.

Alasan saya menggunakan KTP karena menurut saya identitas dalam KTP lebih kuat daripada SIM, saya tidak bilang paspor karena saya sendiri belum memilikinya.

KTP lebih menunjukkan identitas pemiliknya, seperti nama pemilik, alamat pemilik, dan kewarganegaraan si pemilik.

Di sini saya tidak mengatakan bahwa SIM dan Paspor bukan merupakan identitas..

Akan tetapi jika kamu ingin menggunakan SIM ataupun Paspor juga tidak masalah.

Banyak juga artikel-artikel yang menuliskan pengalaman blogger lain saat melakukan verifikasi identitas Google AdSense dengan menggunakan SIM dan juga Paspor. Dan mereka juga lolos verifikasi.

Tapi perlu temen-temen ketahui bahwasannya ketika temen-temen melakukan verifikasi identias, usahakan file KTP, SIM atau Paspor terlihat dengan jelas.

Dari beberapa referensi yang saya baca terkait pengalaman memverifikasi identitas pada Google AdSense, usahakn file identitas yang diunggah dalam kondisi seperti berikut ini:
File yang diunggah haruslah:
  1. Masih berlaku
  2. Usahakan Identitas masih berlaku, jika identitas sudah kadaluarsa, kamu harus siap Tim Google AdSense akan menolak permintaan verifikasi identitas yang kamu ajukan.
  3. Tidak terpotong
  4. Maksudnya adalah, file foto dokumen identitas yang sobat unggah benar-benar full, tidak terpotong sedikit pun walaupun bagian pojoknya saja.
  5. Foto dokumen terlihat jelas
  6. Dari beberapa referensi yang saya baca, salah satu penyebab ditolaknya verifikasi identitas AdSense adalah foto dokumen yang kurang jelas, seperti terkena flash kamera misal.
  7. Dokumen tidak rusak
  8. Jangan sekali-kali kamu mengunggah file dokumen yang sudah rusak atau terlihat kurang jelas. Misalnya pada KTP yang akan kamu unggah ternyata di bagian namanya sudah tidak terbaca sebagian, hal ini memungkinkan kamu untuk ditolak oleh Tim AdSense untuk permintaan verifikasi identitas AdSense.
  9. Gunakan foto dokumen yang jelas
  10. Dengan mengunggah foto dokumen identitas diri yang terlihat jelas, besar kemungkinan akan diterima oleh Tim Google AdSense.

Jika dokumen sudah siap, sekarang kamu bisa memverifikasi identitas Google AdSense yang kamu miliki.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang diarahkan oleh AdSense, jangan lupa untuk memahami setiap pesan yang diberikan oleh Google AdSense entah melalui notifikasi, email ataupun pada saat proses verifikasi identitas berlangsung.

Di bawah ini saya dokumentasikan bagaimana proses saat mengajukan verifikasi identitas AdSense, silahkan dibaca barangkali bisa menjadi referensi saat ingin melakukan verifikasi identitas AdSense.

Cara Verifikasi Identitas di Google AdSense

Berikut merupakan langkah-langkah yang bisa diikuti untuk proses verifikasi identitas Google AdSense:

1. Berawal dari notifikasi yang selalu muncul di halaman akun AdSense, saya klik tombol AKSI dan mengarah ke halaman pembayaran. Berikut tampilannya:
Saat di klik tombol Aksi

2. Setelah itu, fokus pada tombol Verifikasi Sekarang, klik tombol tersebut nanti akan muncul tampilan seperti berikut ini:
Isi Identitas Diri dengan Benar, sesuai dengan kartu identitas seperti ktp, sim atau paspor

3. Isi Identitas diri dengan benar, sesuai dengan kartu identitas seperti KTP, SIM atau Paspor. Untuk mengedit identitas, klik tombol sunting yang saya tandai pada langkah kedua. Nanti akan muncul tampilan berikut:
Pastikan semua data terisi dengan lengkap dan benar
Pastikan semua data terisi dengan lengkap dan benar

4. Jika dirasa identitas sudah sesuai dengan dokumen identitas, silahkan unggah file dokumen identitas, bisa KTP, SIM atau Paspor. Dalam hal ini saya menggunakan KTP. Berikut tampilan setelah proses unggah file selesai:
Unggah dokumen KTP dalam bentuk file gambar

5. Jika sudah berhasil mengunggah file dokumen identitas diri. Tim peninjau akan memberikan notifikasi bahwa proses verifikasi sedang berlangsung, artinya kamu perlu menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan balasan dari Tim AdSense, apakah identitas yang kamu kirim diterima atau tidak. Berikut tampilannya:
Setelah Klik Kirim

Saya harap dalam sekali proses verifikasi bisa langsung diterima. Saya sendiri sekarang saat menulis artikel ini, juga baru memverifikasi tadi siang. Hanya bisa berdoa untuk bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.

Semoga verifikasi identitas yang kita lakukan bisa langsung mendapat persetujuan dari Tim Google AdSense.. aamiin..

Setelah melakukan verifikasi identitas, langsung muncul notifikasi di beranda AdSense yang mengarahkan untuk melakukan verifikasi metode pembayaran, mengingat penghasilan saya saat itu sudah lebih dari 10% batas ambang pembayaran. Cerita lengkapnya silahkan baca di artikel berikut.

6. Setelah menunggu selama dua hari, tepatnya pada tanggal 20 April 2020, saya mendapatkan email dari Google AdSense yang menyatakan bahwa verifikasi identitas yang telah saya lakukan berhasil. Berikut screenshot email yang dikirim oleh GA:
Berhasil verifikasi, dapat email dari GA

Penutup

Seperti itulah pengalaman saya ketika mencoba untuk memverifikasi identitas Google AdSense, saya sendiri juga masih dalam proses belajar tentang Google AdSense, semoga pengalaman yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk teman-teman blogger sekalian.

Salam blogger.
Artikel yang Anda baca telah diperbarui pada tanggal 28 April 2020