Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Notifikasi Gmail di HP Android 100% Work

Cara Mengaktifkan Notifikasi Gmail di HP Android 100% Work
Cara Mengaktifkan Notifikasi di HP Android 100% Work - "Vin, HP ku kalau ada email masuk kok ngga muncul notif ya?", begitu kira-kira pesan yang dikirimkan seorang teman kepada saya. Sempat mengalami hal yang sama, tapi apa yang saya alami tidak saya hiraukan, mengingat jarang sekali saya menggunakan email waktu itu.

Tapi saat teman saya bertanya mengenai hal ini, saya menjadi penasaran, kira-kira apa yang menyebabkan notifikasi email pada Android tidak bisa muncul saat menerima email baru. Setelah membaca-baca artikel di internet dan melihat-lihat pengaturan email milik teman saya, akhirnya ditemukan apa yang menyebabkan notifikasi email tidak muncul di Android. Hal ini dikarenakan pengaturan yang belum disetting dengan pas pada aplikasinya.

Berikut saya rangkum bagaimana cara mengaktifkan notifikasi di HP Android yang 100% benar-benar terbukti keberhasilannya..

Elektonik Mail atau yang biasa kita sebut E-Mail merupakan salah satu alat untuk mengirim surat secara online malalui jaringan komputer.

Di zaman dulu, sebelum mengenail Email, manusia berkomunikasi menggunakan surat yang dikirim melalui pos. Tentu jika Anda mengetahui, untuk mengirim surat melalui POS diperlukan perangko. Sedangkan pada kehidupan kita saat ini, saya rasa sudah jarang sekali orang-orang yang bertukar surat melalui pos, karena kita sudah hidup di zaman yang serba canggih ini.

Dulu masih banyak ditemukan para penjual perangko. Sekarang sepertinya sudah jarang ditemukan. Perangko itu digunakan sebagai bukti telah melakukan pembayaran untuk jasa layanan pos. Sepertinya saat ini dan seterusnya perangko sudah menjadi suatu barang yang antik ya? Bagaimana menurutmu?

Berbicara mengenai komunikasi, tentu hal ini tidak akan hilang di makan waktu. Yang namanya komunikasi akan selalu digunakan di dunia ini dan tidak akan pernah hilang. Oleh karena itu, dengan mengikuti zaman, yang awalnya manusia berkomunikasi melalui surat yang diantar via pos, sekarang sudah beralih dengan memanfaatkan adanya teknologi yang ada.

Dengan ditemukannya sarana pengiriman surat berupa E-mail, manusia seakan-akan sudah lebih dibebaskan untuk mengirim surat kepada sanak familinya atau hanya sekedar mengirim surat ke teman-temannya.

Tentu dengan Email, manusia lebih mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal untuk pengiriman surat serta lebih hemat waktu sehingga bisa berkomunikasi lebih banyak lagi.

Hampir semua orang memiliki akun email, bahkan Google Mail (Gmail) pun tercatat bahwa memiliki sebanyak 1,5 Miliar pengguna pada tahun 2018, tidak menutup kemungkinan di tahun 2020 ini sudah lebih dari angkat tersebut.

Banyangkan, itu baru satu penyedia layanan email, belum kita jumlahkan dengan pengguna layanan email yang lain, selain Gmail.

Nah, sebelumnya perlu Anda ketahui apa saja jenis-jenis email yang bisa digunakan. Berikut saya tuliskan untuk Anda sebagai tambahan wawasan mengenai email.

Jenis-jenis Layanan Email yang Biasa Digunakan

Perlu kita ketahui bahwasannya email memiliki tiga jenis, berikut apa saja jenis email serta kelebihan dan kekurangannya yang saya rangkum dari berbagai sumber:

1. POP mail (e-mail berbasis POP)
E-mail berbasis POP (Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya.
Kelebihan dan Kekurangan
  • Kelebihan e-mail berbasis POP ialah dapat dibaca pada kondisi offline (tidak terhubung ke internet).
  • Kekurangan dari POP mail, yaitu kita tidak bisa membuka e-mail dari sembarang tempat.

2. Web based mail (e-mail berbasis web)
Web based mail adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (hotmail.com), dan lain-lain.
Kelebihan dan Kekurangan
  • Kelebihan web based mail adalah biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan.
  • Kekurangan dari jenis e-mail jenis ini adalah pembacaan e-mail hanya dapat dilakukan pada kondisi online, sehingga butuh biaya koneksi ke internet.

3. E-mail forwarding
E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat untuk orang-orang yang suka berganti-ganti alamta e-mail.
Kelebihan dan Kekurangan
  • Kelebihan e-mail forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya.
  • E-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.

Jenis-jenis Layanan Email yang JARANG Digunakan

Perlu kita ketahui bahwasannya email memiliki tiga jenis, berikut apa saja jenis email serta kelebihan dan kekurangannya yang saya rangkum dari berbagai sumber:

1. Temporary Mail
Temporary Mail atau biasa disebut dengan Temp Mail merupakan layanan email yang bersifat anonim, mengapa dikatakan anonim? Karena pemilik email tidak perlu membuat sebuah akun untuk bisa menggunakan layanan Temp Mail.

Sepertiinya tidak banyak orang yang mengetahui tentang Temp Mail, padahal temp mail juga memiliki banyak manfaat salah satunya adalah menghindari email sampah yang terkirim ke email utama kita.

Ingin tau lebih tentang Temp Mail dan bagaimana cara membuatnya? Berikut artikel mengenai Cara Membuat Temp Mail 100% Work! Harus Nyoba!
Kelebihan dan Kekurangan
  • Kelebihan Temp Mail adalah tidak diperlukan registrasi untuk memiliki temp mail.
  • Kekurangan Temp Mail adalah hanya bersifat sementara da.

Itulah tiga jenis email yang perlu Anda ketahui, mungkin yang selama ini kita ketahui adalah poin nomor 2, yaitu Web based mail. Karena pada umumnya yang digunakan adalah email jenis ini.

Nah, karena pada umumnya menggunakan email berbasis web, mari kita ulas bersama layanan mana saja yang menyediakan email berbasis web yang bisa kita dapatkan secara gratis.

7 Penyedia Layanan Email Berbasis Web Gratis

Sebagai pengguna internet, sudah sebaiknya kita mengetahui berbagai penyedia layanan email berbasis web yang bisa diperoleh secara gratis, berikut saya rangkum beberapa penyedia layanan email berbasis web yang bisa menambah pengetahuan Anda tentang ini.

1. Google Mail (G-Mail)
Seperti yang kita bahas di artikel ini, Gmail merupakan email gratis yang sangat populer, walaupun ia lahir setelah Yahoo Mail. Gmail memiliki banyak sekali kelebihan, salah satunya adalah Anda akan mendapatkan penyimpanan secara online sebesar 15 GB.

Jika Anda memiliki Gmail, maka Anda akan mudah untuk menggunakan semua layanan yang dimiliki Google seperti YouTube, Blogger, Google Drive, dan lain lain. Hal ini dikarenakan Gmail terhubung ke semua layanan Google, maka jika Anda berhasil login ke Gmail, Anda akan bebas mengakses seluruh layanannya tanpa perlu login kembali, kecuali beberapa layanan yang memang membutuhkan login kembali untuk keamanan, salah satunya adalah layanan Google AdSense.

2. Yahoo Mail
Yahoo Mail merupakan layanan penyedia email terpopuler pada masanya, saya ingat waktu pertama kali saya membuat email, saya membuatnya melalui Yahoo Mail. Proses pembuatannya cukup mudah, dan layanan email ini merupakan salah satu layanan email yang berkualitas yang wajib Anda coba.

Yahoo Mail memiliki banyak kelebihan, tidak kalah juga dengan Google Mail. Dilansir dari NiagahosterBlog, pengguna akan mendapatkan penyimpanan online secara gratis sebesar 1TB. Keren bukan? Silahkan kunjungi Yahoo Mail jika Anda tertarik untuk membuatnya.

3. Mail.com
Mail.com menyediakan banyak sekali domain untuk email yang Anda buat di sana, mulai dari @mail.com, @email.com dan masih banyak lagi. Sayangnya setiap user hanya diberikan kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB saja.

4. Outlook
Apakah Anda pengguna sistem operasi Windows pada komputer Anda? Jika iya, pernahkah Anda menemukan aplikasi Outlook yang sudah terinstall di sana?

Ya, Outlook merupakan salah satu layanan email gratis yang disediakan oleh Microsoft. Jadi tidak heran jika aplikasi Outlook tersedia pada sistem operasi Windows.
Jika Anda pengguna Outlook, maka Anda akan mudah untuk terhubung dengan Skype serta produk Microsoft lainnya.

5. Yandex Mail
Perlu kita ketahui bahwasannya Yandex merupakan mesin pencari layaknya Google dan juga Yahoo. Yandex juga memiliki produk berupa email yang bernama Yandex Mail.

Yandex menguasai pangsa pasar mesin pencari di Rusia, negara di mana ia didirikan. Layaknya akun Google, Anda bisa login ke email Yandex untuk bisa mengakses semua produk yang dimilikinya.

6. Proton Mail
Layaknya Telgram, Proton Mail memberikan keamanan privasi yang baik bagi semua penggunnanya. Jika Anda menginginkan layanan email yang terenkripsi dan aman, Anda bisa mencoba layanan email gratis dari Proton Mail ini.

7. Zoho
Zoho Mail sebenarnya ditujukan untuk para pebisnis yang memerlukan email profesional. Karena, dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa membuat email dengan domain sendiri, jadi benar-benar cocok untuk Anda yang memiliki bisnis dan ingin terlihat profesional. Ingin mencobanya?

Nah, itulah 7 penyedia layanan email gratis yang bisa kita gunakan

Email yang digunakan pada umumnya adalah Google Mail, bahkan biasanya secara bawaan aplikasi GMail akan terinstall pada smartphone yang kita miliki. Akan tetapi, terkadang ditemukan kendala-kendala yang tidak kita ketahui penyebabnya, sehingga membuat banyak orang tidak mengetahui bagaimana cara mengatasi kendala pada email yang dimilikinya.

Salah satu kendala yang sering ditemukan pada pengguna aplikasi Gmail adalah notifikasi yang tidak muncul ketika menerima email baru, padahal ketika di cek melalui Manager Aplikasi pada pengaturan, Notifikasi sudah dihidupkan dan tidak diblokir, akan tetapi mengapa GMail masih saja tidak memunculkan notifikasi ketika mendapatkan emali baru?

Berikut yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi notifikasi Gmail yang tidak muncul ketika menerima email baru di smartphone Anda..

Cara Mengatasi Notifikasi GMail yang Tidak Muncul

Akan saya bagi menjadi dua cara di sini, karena ada dua kemungkinan penyebab notifikasi Gmail pada smartphone Anda tidak muncul ketika menerima pesan baru.

#Cara 1: Mengaktifkan Notifikasi melalui Pengaturan Gmail

1. Buka aplikasi Gmail Anda
2. Pada kiri atas, pilih icon Menu
3. Tap setelan
4. Pilih akun Anda jika lebih dari satu akun dalam aplikasi Gmail
5. Pada bagian pengaturan Notifikasi, silahkan Anda buka satu persatu dan isi seperti berikut:
  • Notifikasi: pilih Semua
  • Notifikasi kotak masuk: pilih 30 hari terakhir pada Sinkronkan pesan, lalu "centang" Beri label pemberitahuan
  • Kelola label: pilih Label Utama dan setting sesuai seperti Notifikasi kotak masuk, sedangkan label yang lain bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Kelola notifikasi: silahkan Anda atur sendiri, sesuaikan dengan smartphone karena pada dasarnya pengaturan ini akan berbeda dengan tiap-tiap smartphone

Setelah mengikuti #Cara 1 di atas, saya pastikan jika Gmail sudah tersinkron dengan benar maka notifikasi akan berhasil muncul saat ada email baru yang masuk.

Silahkan Anda coba dengan mengirim email percobaan untuk menguji apakah notifikasi sudah bisa muncul atau belum, Anda bisa menggunakan email kedua atau Temp Mail yang bisa Anda buat, karena Temp Mail sifatnya hanya sementara saja.

Atau.. Anda bisa meminta teman Anda untuk mengirimkan email sebagai percobaan perbaikan notifikasi yang telah Anda lakukan..

Jika ternyata notiikasi Gmail Anda masih belum muncul, silahkan aktifkan sinkronisasi pada pengaturan Gmail, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, saya rangkum pada #Cara 2.

#Cara 2: Menyinkronkan Gmail melalui Pengaturan Gmail

1. Buka aplikasi Gmail Anda
2. Pada kiri atas, pilih icon Menu
3. Tap setelan
4. Pilih akun Anda jika lebih dari satu akun dalam aplikasi Gmail
5. Pada bagian Penggunaan kuota, silahkan Anda centang Sinkronkan Gmail, setalah itu ubah Jumlah hari untuk menyinkronkan Gmail menjadi 30 hari

Sekarang, silahkan Anda coba cek kembali dengan mengirimkan email ke Gmail yang Anda perbaiki notifikasinya, dan lihat sekarang notifikasi sudah bisa muncul saat menerima email baru..

Jika ingin memahami lebih lanjut, silahkan Anda mengunjungi halaman Pusat Bantuan Gmail untuk menemukan solusi mengenai bagaimana cara emunculkan notifikasi gmail pada berbagai platform, tidak hanya smartphone saja.

Semoga artikel ini membantu..