Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Tanpa Arsip dengan WA MOD

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Tanpa Arsip dengan WA MOD - Sampai saat ini, WhatsApp tetap menjadi aplikasi chatting yang memiliki banyak pengguna jika dibandingkan dengan Telegram.

Meskipun demikian, privasi aplikasi WhatsApp jika dibandingkan dengan Telegram tentu masih belum bisa dikatakan sebanding.

Secara default, ketika kamu ingin menyembunyikan chat WhatsApp, yang bisa dilakukan adalah dengan mengarsipkan chat tersebut.

Untuk menyembunyikan chat WhatsApp tanpa arsip, maka kamu perlu menggunakan aplikasi WhatsApp yang sudah dimodifikasi, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan WA GB.

Padahal menurut saya WhatsApp modifikasi lebih afdol jika disebut sebagai WA MOD.

Mengapa demikian?

Karena WA Modifikasi memiliki banyak sekali jenisnya, tidak hanya WA GB saja.

Sebenarnya WA Modifikasi itu seperti apa sih? Dan apa saja macam-macam WA MOD jika memang banyak sekali jenisnya?

Apa itu WA MOD?

WA MOD atau WhatsApp MOD adalah aplikasi chatting WhatsApp yang sudah dimodifikasi oleh orang lain atau developer lain dengan menambahkan beragam fitur yang unik, dimana fitur-fitur tersebut tidak bisa didapatkan dari WhatsApp versi asli yang kita unduh di PlayStor.

Dengan menggunakan WhatsApp MOD, kamu bisa menggunakan banyak sekali fitur-fitur yang bersifat menjaga privasi.

Berikut fitur-fitur WA MOD yang tidak dimiliki WhatsApp ori:
  1. Menyembunyikan Chat WhatsApp
  2. Pesan anti hapus
  3. Lihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui
  4. Menghilangkan Tanda Centang Biru di WhatsApp
  5. dan masih banyak lagi..

Jika kamu ingin mendapatkan fitur-fitur tersebut, kamu perlu menginstal salah satu dari sekian banyak WhatsApp MOD yang beredar di internet.

Macam-macam WA MOD

WhatsApp MOD sebenarnya ada banyak sekali jenisnya, masing-masing tentu terdapat ciri khas yang dimemiliki.

Semisal di WA MOD yang satu memiliki fitur X dengan ketentuan yang berlaku, namun WA MOD yang lain memiliki fitur X tanpa ketentuan apapun.
Seperti itulah ciri khas dari WA MOD yang saya maksudkan.


Berikut WhatsApp MOD yang sudah banyak beredar di internet:
  • GB WhatsApp
  • YO WhatsApp
  • FOUOD WhatsApp
  • FM WhatsApp

Yang saya sebutkan di atas merupakan 4 dari sekian banyak WA MOD yang sudah bertaburan di internet, tidak akan saya kupas satu-satu di sini, dan mungkin akan saya tulis pada artikel yang lain.

Tapi setidaknya dari apa yang saya sebutkan di atas, sudah bisa mewakili WA MOD yang bisa kita gunakan, dan saya rasa 4 macam itulah yang lebih dikenal oleh pengguna WhatsApp MOD pada saat ini.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp tanpa Arsip

Lalu bagaimana cara menyembunyikan chat WhatsApp tanpa arsip dengan menggunakan WA MOD?

Akan saya jelaskan secara rinci di bawah ini mulai dari bagaimana menginstallnya hingga cara menyembunyikan chat tanpa arsip.

Tahap #1: Persiapan Sebelum Menginstall WA MOD

Yang perlu diperhatikan adalah ketika akan menginstal WA MOD, adalah dengan memastikan hal-hal berikut:
  1. Cadangkan Pesan
  2. Yaa, memang wajib hukumnya untuk mencadangkan pesan karena kita akan meng-uninstall WA Asli dan bermigrasi ke WA MOD.
  3. Pindahkan File Penting ke Penyimpanan Lain
  4. Jika kamu adalah pelajar dan apalagi saat ini sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), maka silahkan pindahkan semua file penting yang kamu dapatkan dari grup WhatsApp, seperti file tugas, file materi atau apapun itu.
  5. Chat berupa info penting silahkan di catat
  6. Kenapa harus dicatat? Karena ketika kita ingin beralih menggunakan WA MOD, tidak semua chat yang sudah kita cadangkan bisa benar-benar di-backup dengan sempurna. Bahkan kadang juga tidak bisa di-backup sama sekali.
  7. Jangan Terlalu Berharap Chat yang tadi Dicadangkan bisa Di-backup dengan sempurna.

Setelah kamu memahami yang saya sebutkan di atas, silahkan kamu unduh WA MOD, apapun jenisnya. Saya sendiri akan menggunakan FOUOD WhatsApp dalam tutorial di artikel ini.

Akan tetapi tidak masalah jika kamu menggunakan WA MOD versi yang lain, karena kemungkinan langkah-langkahnya tidak akan jauh berbeda.

Tahap #2: Menginstall WA MOD

Tahap selanjutnya adalah silahkan untuk menginstall WA MOD yang sudah kamu unduh. Sebelum menginstal, pastikan chat pada WhatsApp ori sudah dicadangkan, lalu silahkan diuninstall agar bisa menginstall aplikasi WA MOD.

Tahap #3: Cadangkan Chat

Jika sebelumnya kamu sudah mencadangkan chat, maka kamu perlu mem-backup chat dari WhatsApp asli. Tapi jika menurutmu chat-chat sebelumnya tidaklah penting, kamu bisa melewati langkah ini.

Jika kamu ingin mencadangkan chat, kamu bisa melakukannya ketika awal proses instalasi. Cukup mudah caranya jadi saya asumsikan kamu sudah bisa mem-backup chat yang sudah dicadangkan.

Tahap #4: Menyembunyikan Chat WhatsApp tanpa Arsip

Setelah kamu menyelesaikan tahap-tahap di atas, silahkan ikuti langkah berikut untuk menyembunyikan chat WhatsApp tanpa Arsip dengan fitur Hide Chat pada WA MOD:

1. Silahkan buka WhatsApp MOD yang sudah diinstall.
2. Pilih chat yang ingin disembunyikan, tahan hingga muncul opsi di bagian atas.
3. Setelah itu, klik icon titik tiga lalu pilih Sembunyikan Obrolan.
Sembunyikan Obrolan
4. Masukkan sidik jari atau password sesuai yang tampil pada WA MOD yang kamu install.
5. Selesai sekarang chat yang kamu pilih berhasil untuk disembunyikan tanpa arsip.
Berhasil menyembunyikan obrolan WA tanpa arsip

Untuk melihat kembali chat yang sudah kamu sembunyikan, silahkan klik tulisan WhatsApp di pojok kiri atas, lalu masukkan password atau sidik jari sesuai ketika kamu menyembunyikannya.

Bila kamu ingin mengembalikan chat WhatsApp yang sudah disembunyikan, caranya tidak jauh berbeda dengan cara di atas, seperti berikut ini:

1. Pilih chat yang ingin ditampilkan lagi, tahan hingga muncul opsi.
2. Klik icon titik tiga di atas dan pilih Tampilkan Obrolan.
Menampilkan Obrolan
3. Selesai, chat berhasil ditampilkan kembali.

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa menyembunyikan chat WhatsApp tanpa arsip, serta tidak akan ada orang yang bisa membukanya kecuali mereke mengetahui password yang kamu gunakan untuk menyembunyikan chat tersebut.

Perlu juga diketahui bahwa kamu bisa mengubah password atau sandi dengan mengetuk icon kunci lalu memilih metode penguncian sesuai yang diberikan, jika Smartphone kamu mendukung fingerprint, maka kamu bisa menggunakan metode tersebut untuk mengunci pesan yang tersembunyi.

Kesimpulan

Dari yang saya jelaskan di atas, bisa kita simpulkan sebagai berikut:
  1. Untuk menyembunyikan chat WhatsApp tanpa arsip tidak bisa dilakukan pada WhatsApp original, karena sejauh ini fitur tersebut tidak ada pada aplikasi WhatsApp official.
  2. Diperlukan WhatsApp MOD jika ingin menyembunyikan chat, menghilangkan centang biru, dan fitur-fitur privasi lain yang tidak dimiliki WhatsApp Official.
  3. Dengan menggunakan WA MOD, kamu bisa menyembunyikan lebih dari satu chat jika diperlukan.
  4. Saat menginstall WA MOD, pastikan sudah memperhatikan hal-hal yang sudah disebutkan dan dijelaskan di atas.

Kurang lebih itulah yang bisa saya simpulkan dari artikel sederhana yang sudah saya tulis ini.

Terima kasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.