Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri HP dengan Mudah

Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri HP dengan Mudah - Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang kaya akan grup dan channel yang menjadi fitur andalannya.

Dari sekian banyak grup dan channel yang bisa ditemukan di Telegram, yang paling banyak dicari adalah grup dan channel Drakor, serta grup dan channel cari jodoh di Telegram.

Telegram juga tidak jauh berbeda dengan WhatsApp, selain untuk bertukar pesan teks, Telegram juga mampu untuk bertukar pesan yang berisi media seperti gambar dan video.

Terkadang ketika kita sudah mendapatkan video dari Telegram, kita ingin menyimpan video tersebut ke dalam galeri.

Ketika kita sudah menyimpan video dari Telegram ke galeri maka akan lebih mudah untuk berbagi video tersebut ke orang lain, atau hanya sekedar di backup ke penyimpanan lain.

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana cara menyimpan video tersebut agar bisa muncul di galeri HP?

Cukup mudah sekali, akan saya jelaskan bagaimana caranya di bawah ini.

Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri

Berikut saya tuliskan langkah-langkah untuk menyimpan video dari Telegram ke galeri HP, dijamin mudah dan berhasil.

1. Pertama silahkan kamu buka aplikasi Telegram.
2. Setelah itu kamu cari video yang ingin kamu simpan di galeri.
3. Setelah ketemu, klik titik tiga pada kanan atas, lalu pilih Simpan ke galeri.
3 Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri HP dengan Mudah
4. Selesai, sekarang cek di galerimu.

Nah setelah video dari Telegram berhasil tersimpan di galeri, maka akan lebih mudah untuk kamu gunakan video tersebut. Entah dipindah ke laptop, atau untuk direpost di media sosial yang lain.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas sebenarnya ada resiko buruk yang akan didapatkan, yaitu pemborosan penyimpanan telepon. Hal ini dikarenakan adanya duplikat file.

Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya tanpa melakukan prosedur yang sudah saya jelaskan di atas, kamu bisa mendapatkan video Telegram yang sudah secara otomatis tersimpan di file manager, hanya dengan mengunjungi folder default penyimpanan media dari Telegram.

Dengan mengunjungi folder ini, kamu bisa melihat semua video yang kamu unduh dari Telegram dengan lebih mudah.

Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Cara Mengambil Video dari Folder Penyimpanan Telegram

Untuk mendapatkan video dari folder penyimpanan Telegram, kita tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Yang kita gunakan hanyalah aplikasi file manager bawaan smartphone masing-masing.

Lebih detailnya, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Buka File Manager.
2. Cari folder Telegram.
3. Buka folder Telegram Video.
Cara Mengambil Video dari Folder Penyimpanan Telegram
4. Selesai, akan tampil semua video yang pernah kamu unduh di Telegram.

Dengan cara di atas, kamu bisa mendapatkan video Telegram tanpa perlu memindahkannya ke dalam Galeri.

Nah, ternyata selain kedua cara di atas, ada juga cara lain agar video, foto, dan GIF dari Telegram bisa langsung otomatis masuk dan ditampilkan pada galeri. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengatur agar Video, Gambar, dan GIF Telegram muncul di Galeri

Karena kita akan merubah sedikit settingan di Telegram, maka pastikan ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan tepat agar video bisa langsung muncul di galeri ketika di unduh dari chat Telegram.

1. Buka aplikasi Telegram.
2. Pilih menu Pengaturan.
3. Cari sub menu Pengaturan Obrolan.
4. Scroll ke bawah dan aktifkan mode Simpan ke Galeri. Selesai.
Cara Mengatur agar Video, Gambar, dan GIF Telegram muncul di Galeri

Dengan cara ini maka semua file media seperti gambar, video, dan animasi bergerak atau GIF yang sudah kamu unduh dari chat Telegram akan secara otomatis masuk ke galeri tanpa perlu repot-repot melakukannya secara manual.

Kesimpulan

Untuk menyimpan video dari Telegram ke Galeri HP, bisa dilakukan dengan 3 cara, masing-masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

  • Pada cara pertama kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur Simpan ke Galeri langsung dari chat room, akan tetapi akan beresiko memakan kapasitas penyimpanan karena akan ada duplikat file
  • Sedangkan pada cara kedua akan lebih bagus karena kita langsung mengelola video dari folder sumbernya, yaitu folder penyimpanan yang dibuat secara otomatis ketika aplikasi Telegram diinstal.
  • Untuk cara yang ketiga tidak saya sarankan jika kamu tidak ingin tampilan galerimu terlalu penuh dengan gambar yang tidak dibutuhkan, tapi tidak masalah juga jika kamu menggunakan cara ketiga ini, karena setiap orang memiliki seleranya masing-masing.

Itulah artikel sederhana terkait cara menyimpan video dari Telegram ke galeri, semoga artikel ini bermanfaat.