Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Verifikasi Alamat AdSense Setelah Mendapatkan PIN dari AdSense

Cara Verifikasi Alamat AdSense Setelah Mendapatkan PIN dari AdSense - Ketika kita sudah memverifikasi identitas dan memverifikasi metode pembayaran di Google AdSense, biasanya Google akan secara otomatis mengirimkan PIN AdSense untuk memverifikasi alamat yang sudah kita daftarkan.

Pada umumnya, kita perlu menunggu selama sekitar satu bulan untuk mendapatkan PIN AdSense yang dikirimkan melalui kantor pos.

Namun, ada juga publisher AdSense yang bisa menerima PIN hanya dalam waktu kurang dari satu bulan.

Seperti informasi yang diberikan AdSense, bahwa untuk pengiriman PIN biasanya membutuhkan waktu mulai 2 hingga 4 minggu.

Jadi tidak heran jika ada yang belum sebulan sudah mendapatkan PIN, dan ada yang lebih dari satu bulan.

Jika dalam satu bulan PIN AdSense juga tidak kunjung datang, alangkah baiknya jika kamu mengeceknya di kantor pos kecamatan, untuk mengetahui apakah PIN mu sudah sampai di sana atau belum.

Jika sudah, maka kamu tinggal mengambilnya lalu melakukan verifikasi alamat pada akun AdSense.

Baca juga : Cara Mencari PIN AdSense di Kantor POS

Untuk melakukan verifikasi Alamat di Google AdSense, kamu tinggal memasukkan PIN AdSense yang sudah dikirimkan melalui kantor pos tadi, lebih lengkapnya akan saya jelaskan prosedur proses verifikasinya di bawah ini.

Cara Verifikasi Alamat dengan PIN AdSense

Untuk melakukan verifikasi alamat di AdSense, pastikan kamu sudah mendapatkan PIN yang dikirim oleh Google melalui kantor pos, karena tanpa PIN ini kamu tidak akan bisa memverifikasi alamat, kecuali jika 3 kali gagal mendapatkan PIN AdSense, maka kamu bisa memverifikasi alamat menggunakan scan KTP.

Baiklah, berikut langkah-langkah untuk memverifikasi alamat di Google AdSense menggunakan PIN AdSense:

1. Pertama silahkan buka dashboard AdSense terlebih dahulu.

2. Pada Beranda AdSense, silahkan scroll dan cari kartu dengan nama Verifikasi alamat penagihan Anda.
Verifikasi alamat penagihan Anda

3. Setelah itu, klik tombol Verifikasikan.

4. Lalu masukkan PIN yang sudah kamu dapatkan.
Masukkan PIN AdSense

5. Pastikan PIN yang dimasukkan sudah benar, lalu klik tombol kirim.

6. Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi Terima kasih telah memberikan PIN.
Notifikasi PIN Berhasil di Verifikasi

7. Kartu verifikasi akan berubah nama menjadi PIN benar serta berisi notifikasi Alamat penagihan Anda telah diverifikasi.

8. Lihat di bagian pembayaran, maka notifikasi tentang pembayaran ditangguhkan karena belum melakukan verifikasi PIN akan hilang.
Notifikasi penangguhan pembayaran hilang

Nah, jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah di atas hingga selesai berarti kamu sudah berhasil untuk memverifikasi alamat dengan PIN AdSense.

Apa Selanjutnya?

Yang perlu kamu lakukan ketika sudah memverifikasi PIN adalah sebagai berikut:

Tetap menulis konten

Ketika kamu sudah berhasil untuk sampai pada tahap verifikasi PIN, artinya kamu hanya tinggal menunggi saat-saat untuk menerima pembayaran dari Google AdSense.

Walaupun demikian, kamu tetap harus menulis konten sebagai investasi, karena tidak mudah untuk bisa mendapatkan penghasilan tiap bulan dari Google AdSense.

Meningkatkan visitor atau pengunjung

Untuk dapat meningkatkan visitor dan pengunjung, biasanya dengan cara mencari topik yang banyak dicari orang untuk dijadikan artikel.

Akan tetapi, perlu juga diketahui bahwasannya artikel yang kamu posting jangan sampai terdeteksi plagiarism.

Untuk mendapatkan artikel yang unik, kamu harus menulis artikel sendiri, jangan sekali-kali membuat artikel dari hasil copy paste.

Mengapa saya katakan demikian? Karena pada dasaranya artikel copy paste akan susah untuk masuk di halaman pertama hasil pencarian Google. Sehingga otomatis akan susah untuk mendapatkan pengunjung.

Tentu akan sia-sia jika kita membuat artikel banyak dari hasi copy paste akan tetapi tidak ada hasil sama sekali.

Terlebih dengan membuat konten yang orisinil dengan tidak melakukan copy paste, artinya kita sebagai blogger juga menghargai tulisan-tulisan blogger lain.

Meningkatkan penghasilan dengan mengoptimalkan iklan

Pada dasarnya penghasilan AdSense berasal dari harga CPC atau BPK (Biaya Per Klik) dari iklan yang tayang, namun untuk memaksimalkan penghasilan bisa ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, kurang lebih sebagai berikut:
  • Memblokir Iklan dengan CPC Rendah / Kecil
  • Untuk memblokir iklan dengan CPC rendah, bisa kita lakukan pada fitur pemblokiran iklan. Iklan yang sensitif biasanya perlu kita blokir karena memiliki harga CPC yang rendah, seperti halnya iklan yang mengandung kata kunci Gaib, Kontr*sepsi, Su*miku, dan masih banyak lagi yang bisa kalian uji dengan melakukan eksperimen.
  • Membuat Channel Khusus
  • Dari beberapa artikel yang pernah saya baca, membuat channel khusus juga bisa menjadikan iklan yang ditayangkan lebih tertarget sehingga memaksimalkan nilai BPK.
  • Memperhatikan Posisi Iklan
  • Posisi iklan yang tepat akan meningkatkan rasio klik pada iklan, carilah tempat yang cocok untuk peletakkan iklan yang memungkinkan pengunjung untuk mengeklik iklan yang kamu pasang. Seperti halnya di tengah artikel misalnya.
  • Memilih unit iklan
  • Sejauh yang saya alami, unit iklan juga memiliki nilai CPC yang berbeda. Seperti halnya iklan matched konten, yang saya rasakan iklan ini memiliki harga CPC yang sangat murah jika dibandingkan dengan iklan link.

    Sedangkan iklan link memiliki CPC yang lebih rendah jika dibandingkan dengan iklan display.

    Akan tetapi, iklan link memiliki rasio klik yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang lain, ini berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan.
  • Mengatur Jumlah Iklan yang Ditampilkan
  • Sebagai seorang yang baru pertama kali terjun di dunia AdSense yang mereka pikirkan adalah semakin banyak jumlah iklan maka akan semakin banyak pula penghasilan yang akan didapatkan.

    Namun, pada kenyataannya tidak demikian.

    Semakin banyak iklan yang ditampilkan, maka semakin kecil harga CPC yang akan didapatkan.

    Untuk itu, idealnya maksimal 3-5 iklan yang bagus untuk ditampilkan.

Mencairkan Pembayaran

Jika saldo AdSense sudah mencapai batas ambang pembayaran, yakni Rp. 1.300.000, maka saldo bisa dicairkan.

Jika kamu memilih metode pembayaran melalui transfer ke rekening, biasanya akan secara otomatis dibayarkan ke rekening yang sudah kamu daftarkan, biasanya pembayaran akan dicairkan pada tanggal 22.

Kesimpulan

Untuk bisa memverifikasi alamat pembayaran, maka di perlukan PIN yang dikirim oleh Google AdSense melalui kantor pos, dengan waktu tunggu sekitar dua hingga emapat minggu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan lebih dari satu bulan.

Jika sudah terlalu lama menunggu dan belum sampai juga, silahkan cek di kantor pos.

Saat PIN sudah ditangan, segeralah lakukan verifikasi dan jangan sampai salah saat memasukkan kode PIN di input verifikasi.

Setelah verifikasi berhasil maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan penghasilan hingga mencapai ambang batas pembayaran, sehingga saldo AdSense bisa untuk dicairkan.

Itulah artikel mengenai proses verifikasi alamat AdSense menggunakan PIN serta sedikit menyinggung tentang pencairan pembayaran.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.